Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Howard, Gestapo, dan Gestapu

Thursday, May 17, 2007

Untuk Zen

Perdana Menteri Australia John Howard pekan lalu melarang tim kriket negara itu pergi ke Zimbabwe pada September tahun ini. Sebab kata Howard, pemerintahan Zimbabwe adalah tirani. Ia juga menyebut Presiden Robert Mugabe sebagai seorang "diktator kotor" (grubby dictator).

(Mister Howard rupanya bukan cuma senang membikin panas kuping Indonesia, tapi juga Zimbabwe)

Serangan balasan: dari Zimbabwe, Menteri Informasi dan Publisitas Sikhanyiso Ndlovu mengatakan John Howard adalah "seorang gestapo internasional dan penjahat.. dia lebih buruk dari siapapun, kelakuannya yang melarang kriket adalah satu contoh dia seorang gestapo".

Kepada Radio ABC, Mister Ndlovu melanjutkan, "Rakyat Australia mesti benar-benar menolak John Howard yang cenderung jadi gestapo serta ikut campur urusan negara orang. Dia ingin menyebabkan ketidakamanan di negara kami dan kami takkan membiarkan itu".

Well, diktator dibalas gestapo. Silakan dilanjutkan, bapak-bapak.

***

Gestapo, atau Geheime Staats-polizei, adalah polisi rahasia negara Jerman semasa rezim Nazi dulu. Mereka terkenal akan metode dan operasinya yang kejam, brutal, dan menebar teror. Saking kejam dan brutalnya, nama mereka lambat laun digunakan orang untuk menggambarkan suatu taktik atau langkah yang mengancam/mengintimidasi. Seperti yang dilakukan terhadap Howard tadi.

Nah di Indonesia, ada sebuah operasi rahasia yang sampai-sampai sengaja dipaksakan diberi nama ngawur supaya mirip-mirip Gestapo. Apakah itu? Gestapu alias Gerakan September Tiga Puluh. Maksa banget kan?

Pertama, kita di Indonesia biasa menyebut tanggal dulu baru bulan. Jadi dari segi penulisan pun itu sebuah istilah yang aneh. Kalau mau taat asas mestinya Gerakan Tiga Puluh September, tapi jadi tidak mirip Gestapo deh.

Kedua, sudah jadi pengetahuan umum bahwa selepas jam dua belas malam, hari dan tanggal sudah berganti menjadi hari berikutnya. Operasi itu sebenarnya terjadi pada 1 Oktober. Jadi nama gerakannya pun semestinya Gerakan Satu Oktober, disingkat Gestok. Tapi makin tidak mirip Gestapo deh.

Apa boleh buat. Demi mengingatkan betapa kejamnya operasi malam itu, kita disini terpaksa menulis bulan dulu baru tanggal. Juga berpura-pura bodoh tidak mengerti perhitungan hari dan tanggal. Serta yang paling dahsyat: bertahan dalam kepura-puraan itu seraya tetap menyebutnya Gestapu atau dalam bentuk lain G/30 S/PKI.

------
Artikel dari The Sidney Morning Herald
Pengertian Gestapo dari Dictionary.com

20 Komentar:

Blogger tukrabul-aqdam »
17 May, 2007 18:43  

Kram.. kok ada kata PKI-nya? emang yang memberontak tu PKI? kan CIA sendiri dah sempat buka file bahwa ada peran AD di situ?

yang benar: G.30 S/PKI, atau G.30 S/Suharto, atau G.30 S/AD?

yang fair: G.30 S, atuuuh!

Anonymous dinda »
17 May, 2007 19:34  

*beda dari topik*

masa sih kram?
bener2 nggak nyangka... *serius*
sering diputar buat dihujat atou dinikmati??
hehehehe....

makasih2...

Blogger ikram »
18 May, 2007 13:03  

Rif, itu juga salah satu poin saya. Kita masih sibuk meributkan apakah G/30/S/blablabla untuk sebuah aksi yang berlangsung pada 1 Oktober.

Mau fair, silakan. Tapi kalau mau jujur, tulislah G/1/Ok. Disingkat Gestok atau Giok, terserah :)

Dinda, iya beneran! Anak-anak sini pada suka banget. Ada lagu lainnya? Bagi dong.

Anonymous Anonymous »
19 May, 2007 23:20  

Jadi mulai sekarang, kita harus nyebut Gestok? Hmm, asa aneh...

Anonymous ikram »
19 May, 2007 23:48  

Hai Anonymous.

Kalau mau jujur, iya, Gestok. Tapi itulah: karena sudah terbiasa (dibiasakan) menyebut Gestapu jadinya terasa aneh.

Mirip selebritis yang mestinya disebut selebritas.

Btw siapakah Anda?

Blogger Lucky »
20 May, 2007 19:06  

saya pernah baca, emang dipropagandakan gestapu, biar rada mirip2 gestapo...biasa lah propaganda gituan di jaman itu. Emang suka dibikin singkatan supaya keliatan jelek. manifesto kebudayaan jadi manikebu misalnya,,,
Gestok juga pernah digunakan kok. hebat ya kita, urusan nama aja ga sepakat, gimana dengan detil persitiwa?

Blogger ikram »
21 May, 2007 13:45  

Teman saya Zen bilang, orang Soekarno bilang Gestok. Orang Soeharto bilang Gestapu.

Well, kita nggak perlu jadi satu di antara keduanya. Kita cuma mau pintar. Bilang dulu Gestok. Baru setelah itu cari tahu siapa pelakunya.

Blogger tri »
05 June, 2007 06:49  

Wooow Ikram, CMIIW: Faktanya, Letkol Untung dan Pasukan Cakrabirawa di bawah pimpinannya bergerak sebelum jam 12, jadi masih tanggal 30 September. Gestapu adalah istilah yang di-coin (coined) oleh Soeharto dan ABRI, Gestok adalah istilahnya Soekarno. Ini kan menurut gw perang kata-kata: Gestapu artinya yg dituduh adalah dia yg bergerak pd tanggal 30 September yaitu Untung dan Cakrabirawa, dan di belakang Untung ada PKI (katanya ABRI dan Soeharto). Gestok artinya yg dituduh adalah dia yg bergerak pd tanggal 1 Oktober yaitu Soeharto yg menghajar PKI (katanya Soekarno).

Dua istilah ini akhirnya jadi menunjukkan keberpihakan. Pendukung Soekarno biasanya bilang Gestok, sementara pendukung Orde Baru bilang Gestapu.

Sekarang, IMHO kita kembali pada faktanya saja yaitu gerakan itu dimulai tgl 30 September dan gak usah pake istilah2 yang mengerikan macam Gestapu. Cukup G30S yg lebih netral saja tanpa embel2 apapun (mau PKI kek, Soeharto kek, CIA kek) karena toh sampai sekarang siapa di balik G30S masih gelap.

cheers,
-tri-

Blogger ikram »
05 June, 2007 06:53  

Terimakasih Tri. Jadi itu sebabnya ya, mengapa Soekarno bilang Gestok sementara Soeharto bilang Gestapu.

Tapi di film sepertinya sudah hampir subuh?

Blogger astronomsableng »
05 June, 2007 10:21  

Wah gw belon pernah nonton tuh filmnya :D tatuuuuttt... sumpe deh!

Mending liat Shadowplay :p

Blogger zenrs88@gmail.com »
09 June, 2007 14:03  

Buat Tri:

Gerakan itu tentu sudah direncanakan sebelumnya. Tapi gerakan itu tak akan ada artinya dan memang hanya akan berarti karena ada penculikan dan pembunuhan para jenderal itu. Persisnya, setiap kali berbicara ttg peristiwa itu, poinnya adalah penculikan dan pembunuhan para jenderal, bukan segala macam rapat, perencanaan, dsb.

Karena penculikan dan pembunuhan yang menjadi inti dari gerakan bersenjata itu dilakukan setelah lewat pukul 24.00, so....?

Hmmm, apa boleh buat, sepertinya Ikram yang benar, bung!

Blogger astronomsableng »
19 June, 2007 05:44  

Seingat gw gera'annya (penculikan dan pembunuhannya) dimulai sebelom pukul dua belas deh...(ngotot, hehehehe...)

Tapi tidak ada salahnya kita periksa buku-buku, secara gw sendiri belon periksa bukunya.

Blogger astronomsableng »
12 October, 2007 06:14  

Halo...halo...

Setelah kembali membaca-baca Cornell Paper, versi resmi yang dikeluarkan Setneg, dan pretext for mass murder-nya John Roosa...maka ternyata gue yang salah...hehehehe...

Yang benar begini:
1. Gerakan yang menculik jenderal2, di bawah pimpinan Letkol Untung, menamakan dirinya "Gerakan 30 September," padahal mereka mulai bergerak menculik jenderal2 pada tanggal 1 Oktober, jam 3 dini hari.
2. Jadi mereka sendiri yang menyebut diri mereka begitu.

2. Oleh Soeharto, yang perlu mengkambinghitamkan PKI, Gerakan 30 September kemudian dikampanyekan sebagai Gestapu alias Gerakan September Tiga Puluh. Aneh memang, tapi ini disengaja biar kedengaran kayak Gestapo-nya Jerman Nazi. Biar serem.

3. Oleh Soekarno kemudian dibalas dengan mengatakan gerakan itu Gerakan Satu Oktober, disingkat Gestok. Kayaknya bukan supaya lebih akurat, tapi semata-mata untuk melawan wacana-nya Soeharto yang dah kadung pakai Gestapu.

Kalau mau akurat memang lebih benar pakai Gerakan 1 Oktober karena secara kronologis memang mereka mulai bergerak tanggal 1 Oktober dini hari. Tapi toh mereka sendiri dah kadung menamakan dirinya ``Gerakan 30 September'' jadi ya sudah lah.

Mengenai kenapa namanya Gerakan 30 September, Ben Anderson dan Ruth McVey dalam Cornell Paper punya analisis menarik kenapa begitu...

Blogger Hendra »
21 November, 2007 17:08  

Maaf Ganggu, Boleh tanya? Kalo G30 S-PKI kan terjadi tanggal 30 September "1965". Sementara PKI yang berasal dari negara Rusia kira-kira tahun 1960-an sudah membubarkan diri. Kok ada pemberontakan yang pemimpinya sudah menyerah dan sudah tidak ada organisasi pusatnya.....?????
Masuk akal gak sih, dasar Rekayasa Suharto.

Anonymous Anonymous »
19 July, 2014 21:00  

tp CIA pernah g buka file tentang keterlibatan CIA dalam operasi itu? bukannya saudaranya aidit pernah bercerita tentang hub aidit dengan org amerika yg d duga CIA...???

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:29  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:36  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:41  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:46  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:32  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by