Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Mitigasi Nabi Yusuf

Saturday, March 31, 2007

Di dalam penjara itu pemuda Yusuf ditanyai apa arti mimpi aneh Sang Raja. Tujuh ekor sapi betina gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi lain yang kurus. Juga nampak tujuh bulir gandum hijau dan tujuh bulir gandum kering. Apa jawab Yusuf?

"Akan datang masa subur selama tujuh tahun. Tapi setelah itu datang pula masa paceklik selama tujuh tahun."

Yusuf pun menyarankan Raja untuk bersiap-siap. Hasil panen raya saat masa subur, hendaknya disimpan untuk persediaan di masa paceklik. Kita tahu, saran ini terbukti manjur. Meski dilanda kekeringan, rakyat Mesir toh bebas dari kelaparan. Kebutuhan pangan tercukupi, malah mereka masih bisa menjualnya ke negara tetangga.

***

Ilmu manajemen bencana modern menguraikan tiga hal yang menjadi komponen kerugian akibat bencana. Kalau hendak menghitung-hitung seberapa besar kerugian yang akan timbul oleh suatu bencana, kita perlu terlebih dahulu mengenali tiga komponen ini.

Yang pertama adalah peluang sebuah kejadian mengundang bencana. Atau dalam bahasa Inggris, hazard.

Namanya juga peluang, tentu tidak/belum terlihat. Ambil contoh, Anda mengendarai motor tanpa pakai helm. Pada dasarnya itu sih tidak masalah. Bukan bencana. Tapi dalam sekejap akan berubah, ketika misalnya Anda terserempet mobil yang melaju kencang hingga Anda tersungkur di jalan. Itu baru bencana.

Anda boleh saja berdalih "saya berhati-hati kok kalau bawa motor". Tapi siapa yang bisa menjamin Anda nggak akan kepergok polisi yang sedang kejar setoran? Diperas polisi. Aduh, itu lebih bencana lagi bukan?

Kita memang bukan Nabi Yusuf yang bisa melihat hazard tujuh tahun mendatang. Tapi kita bisa kok mengenali berbagai potensi bencana yang mengancam.

Tidak pakai helm sewaktu naik motor. Tak pasang sabuk pengaman sewaktu di mobil. Merokok di pom bensin. Menebangi hutan-hutan (dengan membakarinya pula). Itu semua kegiatan yang mengundang bencana. Hazard.

Yang kedua adalah kerentanan (vulnerability). Seberapa rentan kita jika terkena bencana?

Hujan superderas selama tiga hari bisa langsung merendam Jakarta dan mengubahnya jadi Venesia. Tapi jumlah air yang sama juga turun di Bogor atau Depok -- dan dua kota ini tidak kena banjir separah Jakarta. Dengan kata lain, Jakarta lebih rentan banjir ketimbang Bogor dan Depok. Jakarta lebih berpotensi dan lebih tidak siap kena banjir.

Karena, bukan gempa bumi yang membuat korban berjatuhan. Bukan pula gunung meletus. Melainkan tertimpa rumah sendiri atau terkena lahar lah yang bikin orang meregang nyawa.

Membangun rumah tembok tanpa tulang besi. Kalau dihubungkan dengan gerakan berhemat barang material, ini bagus. Tapi kalau dihubungkan dengan kesiapan menghadapi gempa, ini sumpah jelek. Gempa sedikit, ya hancur semua. Atau berusaha memecahkan rekor MURI dengan membangun gunung sampah tertinggi di Indonesia. Itu sama juga menaikkan kerentanan sendiri. Sewaktu-waktu gunung sampah itu bisa longsor.

Yang terakhir, kemampuan/kesiapan menghadapi bencana (capacity). Ini kebalikan dari kerentanan tadi. Semakin tinggi capacity, semakin rendah vulnerability.

Anda yang bawa duit cukup untuk berdamai dengan polisi jahanam pasti akan lebih siap menghadapi bencana ketimbang mereka yang pas banget lagi bokek. Anda yang punya tabungan seketip-dua akan lebih siap menghadapi tagihan rumah sakit ketimbang mereka yang tidak. (Asuransi, terlepas halal-haramnya, bisa digolongkan ke dalam usaha meningkatkan capacity ini).

Gubernur yang lebih menitikberatkan pembangunan kanal banjir ketimbang kanal bus, akan membuat wilayahnya lebih mampu menghadapi banjir!

Menyimpan persediaan bahan pangan untuk masa paceklik, seperti yang disarankan Nabi Yusuf, sesungguhnya adalah ini. Meningkatkan capacity dan mengurangi vulnerability.

Selain menjadi orang paling ganteng sedunia, Nabi Yusuf rupanya berabad-abad lalu sudah menjadi pelopor "mitigasi bencana".

20 Komentar:

Blogger zenrs88@gmail.com »
01 April, 2007 08:54  

Bro, tulisanmu kali ini oke tenan. aku blm pernah menemukan tulisan ihwal mitigasi bencan dengan merujuk yusuf. mantaf. aku jadi kepikiran nulis ttg orang2 dg menggunakan metafora nabi khidir.

serius bro: tulisanmu ini keren, meski pun aku lom ngerasain sense tulisannya berbeda dg tulisan sebelumnya. masih sangat ikram.

Anonymous Brahmasta »
01 April, 2007 11:26  

Hoho nice..
Jadi kepikiran. Kayaknya semua orang perlu membaca ini. Biar pake helm pas bawa motor di jalan.

Blogger ikram »
01 April, 2007 17:59  

Terimakasih Zen. Terimakasih Bram.

Blogger turabul-aqdam »
01 April, 2007 20:31  

U're welcome, Kram. hahah!! emang bagus, aseli!

Anonymous Anonymous »
01 April, 2007 22:25  

Ikram,

Aku baru buka blogmu juga alumni Pantau. And, aku suka tulisanmu ini hehehe...soalnya soal Nabi Yusuf.

Daeng Yus

Blogger ikram »
02 April, 2007 09:13  

Daeng Yus! Apakabar?

*pura-pura nggak baca komentarnya Arif.

Anonymous andre »
02 April, 2007 16:23  

nah, gue jadi bingung nih
si Ikram sebenarnya ahli apaan sih?

Eh, kalo masalah halal-haram asuransi, gue gak ngerti. Jelasin donk

Blogger ikram »
02 April, 2007 17:07  

Bagi sebagian orang, asuransi adalah haram karena memperdagangkan sesuatu yg belum jelas. Mirip-mirip membeli buah yang masih hijau (ijon).

Ini melanggar ketentuan jual-beli.

Alasan lain yang saya dengar, bersiap-siap atas hal buruk yang datang juga haram. Ini seperti berburuk sangka kepada Tuhan.

Tapi ya, kembali ke orangnya masing-masing Ndre.

Anonymous Anonymous »
02 April, 2007 22:48  

Buset dah,,tulisan lo sama persis dengan kuliahnya dosen gw "Disaster Medicine". Dosen gw ngebahas about banjir di kota tercinta ini(jakarta,red),gempa yogya,tsunami aceh. Ya kurang lebih sama,malah sama bgt. Lo yang niru dy ato dy yg niru lo atw dua2nya independen slg tdk meniru?
Anyway,bagus kok ^.^

Blogger ikram »
03 April, 2007 01:25  

Anonymous, disaster medicine? Kamu kuliah di kedokteran kah?

Soal kesamaan, saya pikir contoh-contoh itulah yang sedang relevan saat ini. Makanya mungkin jadi sama.

Terima kasih :)

Blogger ariani »
03 April, 2007 16:48  

Tulisannya masih Ikram banget, meski secara pendekatan kayanya gw baru pertama kali baca tulisan lo yang merujuk ke nabi.

Anonymous Anonymous »
03 April, 2007 23:05  

Iya.
Yg benar2 sama mengenai istilah2 yang kamu angkat untuk terjadinya bencana.Persis!

Blogger ikram »
03 April, 2007 23:42  

Yuti, terimakasih. Pengamatan yang teliti. Bahkan mungkin ini pertama kalinya aku menulis "nabi" ya :)

Anonymous, soal risk, hazard, vulnerability, dan capacity? Ya kalau itu sih jelas sama. Memang begitu dari sananya. Masak saya ngarang hehehe.

Salam untuk Pak Dosen.

Blogger sherlanova »
23 April, 2007 13:00  

Tumben Kram, ngomongin nabi. Yusuf lagi. Jangan-jangan, ngefans berat ya dari dulu? Bhuahahah! Atauuuuuu, jangan-jangan... emang ada apa-apanya nih?


Sori Kram, geli aja kok. Tapi, di luar itu, emang bener banget sih Kram, nabi Yusuf tuh pelopor mitigasi bencana. Dan, Ikram kepikiran tentang itu! Salut deh. Waktu baca, Ales senyum-senyum aja. Apalgi pas baca komentar orang. Ketawa, hahaha...

Keep the good work, Kram!

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:28  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:34  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:40  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:45  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:34  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 08:56  

2016-06-25keyun
oakley sunglasses
kate spade handbags
adidas running shoes
tods outlet store
coach outlet
cheap toms
michael kors
cheap ray ban sunglasses
nike air force 1 shoes
michael kors handbags
nike store
louis vuitton handbags
coach factory outlet
oakley sunglasses wholesale
polo ralph lauren
louis vuitton purses
ray ban sunglasses outlet
fitflop sandals
polo ralph lauren outlet
michael kors outlet
coach factory outlet
louis vuitton purses
cheap louis vuitton handbags
michael kors handbags
longchamp le pliage
cheap air jordans
louis vuitton outlet
beats by dr dre
hollister shirts
michael kors outlet
nike store uk
true religion jeans
air jordan shoes
louis vuitton outlet
coach outlet store
toms shoes outlet online
nike air huarache
michael kors outlet online
nike roshe shoes

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by