Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Kenapa Jadi Departemen Kehakiman?

Friday, January 26, 2007

Senang rasanya membaca Kompas hari ini. Lokasi kotak hitam pesawat AdamAir ditemukan. Benar kan, kalau mencari sesuatu itu memang mesti pelan-pelan. Jangan terburu-buru. Nanti malah nggak ketemu. Percaya deh, ini pendapat dari seseorang yang hampir setiap pagi kehilangan kacamatanya.

Hatta Radjasa juga menyenangkan. Sepertinya dia belajar juga supaya tidak terburu-buru mengeluarkan pernyataan. Dia baru berani bilang "ketemu" setelah berbicara langsung dengan Duta Besar Lynn Pascoe. Padahal informasi itu sudah didapatnya dari anggota kita yang ikut di kapal Amerika itu. Sip deh.

Tapi kesenangan saya agak berkurang nih setelah membaca paragraf ini:
Presiden kemudian memberikan contoh, jika sebuah kapal motor (KM)--tanpa menyebut KM Senopati Nusantara, yang mengalami kecelakaan akhir tahun lalu-- tidak laik untuk mengarungi samudra yang luas dengan jarak tempuh yang panjang, tetapi kemudian diberikan izin--katakalan oleh Departemen Perhubungan, maka dalam hal ini Departemen Kehakiman jelas salah. Siapa yang memberikan izin, pemerintah akan memberikan sanksi.
Kalau memang SBY tidak menyebut merek, kenapa si wartawan mesti menambahinya? SBY pasti punya alasan kenapa dia tidak menyebut merek: karena masalah keselamatan angkutan semestinya jadi perhatian semua pengusaha angkutan -- bukan mereka yang kebetulan mengalami kecelakaan saja.Kemudian, "katakalan" itu apa? Slaah kteik?

Kemudian lagi, kalau izin berlayar diberikan oleh Departemen Perhubungan (untuk kapal yang tidak layak) kenapa jadi Departemen Kehakiman yang jelas salah? Sekarang budaya cari kambing hitam jadi di awal dan terang-terangan begini?

Hhhhh, Nokia Sony-Ericsson Samsung Motorola.......

21 Komentar:

Blogger lida »
26 January, 2007 10:06  

Kemudian, "katakalan" itu apa? Slaah kteik?

Huahaha...

Blogger ANDRE »
26 January, 2007 13:04  

merk hp itu apa maksud?

Anonymous udin »
27 January, 2007 03:18  

soal penambahan wartawan, aku sepakat memang tidak perlu. dia terlalu cerdas menafsirkan perkataan narasumber. seharusnya, kalau memang mau ditulis demikian, lebih baik tanyakan langsung kepada narasumber, apa maksud dari perkataannya.

orang bijak akan bilang, semua sudah terjadi, mari kita ambil hikmahnya. Ikram bisa jadi bijak juga ya haha

Blogger ikram »
27 January, 2007 06:52  

Eh tahu tidak... Di versi cetak, berita ini jadi headline. Dan paragraf membingungkan ini sudah diedit dengan lebih bagus, ada subjudul juga. Tambahannya jadi "tanpa menyebut nama" bukan "tanpa menyebut Senopati"...

Lalu, Departemen Kehakiman juga nggak jadi kambing hitam di situ. Ternyata tetap mesti baca versi cetak nih kita Din.

Andre: Nokia Sony-Ericsson Samsung Motorola.... Hape deh.
Ih lo gak gaul yak. Hahaha.

Anonymous Brahmasta »
27 January, 2007 10:26  

Wartawannya terlalu sigap nih.. Haha..
Mungkin si wartawan pengen mencegah adanya salah tafsir di pembacanya, tapi akhirnya malah menjatuhkan dirinya sendiri.

Blogger ikram »
27 January, 2007 12:59  

Betul Bram... Mungkin dia cuma pengen memberikan konteks. Tapi sayangnya, itu malah mempersempit.

Anonymous amellie »
28 January, 2007 11:23  

berarti, versi online nya rada2 ngasal en gak di check ulang layaknya versi cetak.... hmm baru tau :D

Blogger ikram »
28 January, 2007 13:31  

Iya Mel. Mungkin beda editor. Sayang ya..

Anonymous Arfah »
28 January, 2007 13:38  

Hatta Radjasa tidak ingin dibilang terlampau bodoh untuk satu (lagi) pernyataan salah, Kram.

Pemerintah dan tim SAR juga mesti ingat, masa aktif--entah istilah tepatnya apa--kotak hitam tidak seberapa lama, setahuku hanya 40 hari setelah kecelakaan. Jadi mungkin pendapatmu sedikit meragukan, kecuali jika punya argumen tepat dibandingkan hanya berkata 'percaya deh'.

Kompas, Sabtu kemarin, di halaman depannya pun punya dua kata salah cetak. Ini pun saya temukan tidak sampai menera berita tersebut. Hanya lihat selintas, menimpalinya dengan senyuman, lalu mencari berita atau tulisan lain.

Menulis untuk online jelas berbeda jika kemudian tulisan itu ditumpahkan melalui cetak. (Wartawan) Kompas tentu ingin secepat kilat menyampaikan berita, maka online dipilih sebagai medianya. Untung jika beritanya lebih cepat dan detail dibandingkan oleh televisi. Maka menulis cepat adalah menulis tentang diri, tapi karena jenis tulisannya adalah berita tentang peristiwa dan orang lain, tentu pemaknaan pribadi tidak dapat begitu saja terlepas. Saat dicetak, baru kemudian berita tersebut kembali ditelaah. Jelas Kompas memikirkan massa yang lebih banyak membaca cetak dibanding online, yang menyebabkan interpretasi berita akan jelas lebih bersifat hetero.

Blogger ikram »
28 January, 2007 13:56  

Halo Arfah :D

Kepanikan hanya akan membuat ketergesaan dalam pencarian. Dalam kasus AdamAir, terbukti ketergesaan ini membuat semua kita (pencari dan penikmat berita) terjebak dalam pepesan kosong.

Hatta Radjasa tidak sepenuhnya salah. Kerubungan wartawan yang melulu bertanya kepadanya juga punya andil.

Makanya, lebih baik mencari itu pelan-pelan saja (dalam pengertian: tidak tergesa-gesa).

Tentang "umur" kotak hitam, saya baru dengar. Kirain tahan selamanya?

Blogger ikram »
28 January, 2007 14:01  

Oh iya, berita yang sedang kita perbincangkan ini diambil dari http://www.kompas.com/kompas-cetak/

Artinya, dia memang dimaksudkan supaya orang bisa baca Kompas versi cetak tanpa beli korannya....

Anonymous rime »
28 January, 2007 16:58  

he? budaya mencari kambing hitam bukannya emang Indonesia banget ya, selain budaya gotong royong, ingmadya mangurkarso, ingarso sungtolodo, dan lain-lainnya...

btw 'katakalan' itu mungkin maksudnya 'katakanlah'..

Anonymous rime »
28 January, 2007 17:00  

eh ralat,, maksudnya mangunkarso, bukan mangurkarso..

mau jawab pertanyaan nih..

se-charming apa? ga tau. pokonya kata pertama yang terlintas adalah 'charming', hehehe...

Blogger Me Myself And Destiny »
29 January, 2007 12:18  

hmmmmmm kayaknya ulasanya terlalu berat nih, mending diem dan mendengarkan.

Blogger Maula »
30 January, 2007 15:37  

yg bener saalh keitk kram

typo

* berbakat jadi editor gue

Anonymous Andre Linting »
31 January, 2007 13:49  

iya kram,gak gaul....

Perlukah lo memakai bahasa gaul seperti itu untuk mengakhiri tulisan lo yang bagus itu?

Bikin cacat aja...

Blogger turabul-aqdam »
02 February, 2007 10:56  

Makanya kram... jangan baca Kompas doang. skali-kali bacalah Bisnis Indonesia.. di mana smua gejala nasional dilihat dari perspektif ekonomi, trus dianalisis dampaknya ke publik.

hehe.. ngiklan, dikit. XD

BTW, email gw lg ngadat (digerpol spyware kali), ga bisa posting ke milis. untuk sementara plz dihandle yah ama udin.. tulisan ini bisa tuh dikirim.

thanks...

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:01  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:05  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:09  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:13  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by