Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Saya Terlambat Sampai di Awiligar Sore Itu

Wednesday, October 11, 2006

Saya terlambat sampai di Awiligar sore itu. Berulangkali berkunjung ke daerah itu rupanya tidak menjamin kalau dari Tubagus Ismail saya bakal mahir membedakan ke arah mana yang Awiligar dan mana yang Cigadung. Untung saja Dicky penyabar. Kalau saya jadi dia, saya pasti sudah cepat kesal bilamana memboncengkan seorang yang sok tahu jalan padahal tidak. Yang setiap kali bilang mesti belok sini belok situ, sedetik kemudian meralatnya dengan ucapan "eh... kalo nggak salah lo ya, gua juga lupa-lupa inget."

Untunglah akhirnya rumah Nindita ketemu (hah, memangnya pernah hilang?). Begitu masuk saya langsung menuju meja makan tempat segala keripik pedas seperti jajanan anak SD terhidang. Rata-rata merah dan pedas — seperti yang saya bilang tadi. Ada keripik dari singkong, kentang, dan tepung entah tepung apa tapi enak. Lalu saya sikat kurma. Dengan begini resmilah sudah bulan Ramadhan kali ini. Saya makan kurma di hari yang kesepuluh.

Saya putuskan untuk sholat sekarang sebelum ketagihan makan keripik yang enak dan, seperti saya bilang tadi, pedas ini. Saya sholat di dalam kamar depan berjamaah dengan Andi. Selesai sholat, Joe yang sedang duduk di kursi ruang tamu tersenyum-senyum ke arah saya. "Ciee, Ikram sholat!" katanya. Saya nyengir saja. Setelah itu acara pun dimulai.

Ratna, anggota kami yang paling tua itu, tampil menjadi pembawa acara. Dia berterimakasih karena kami sudah bersedia datang. Semua orang diam. Beberapa cengar-cengir, terutama mereka yang mengidap sindrom "tak-bisa-serius-di-forum-pasti-ada-saja-yang-lucu". Lalu Andi berbicara sebagai ketua angkatan dan disusul Nindita atas nama tuan rumah. Pidato mereka berdua sungguh bertolak-belakang. Andi panjang lebar soal betapa ini mungkin adalah kumpul-kumpul kami terakhir. Sedangkan Nindita, dia cuma bilang tiga kata: makasih udah dateng!

Yeah, ini mungkin jadi kumpul-kumpul Omega 2002 yang terakhir. Saya sedih juga.

Tapi tak banyak waktu bersedih-sedih malam itu. Pertama, selesai pembukaan kami langsung makan nasi + ayam bakar. Dan kalau sedang makan umumnya anak-anak pada diam. Kecuali mereka yang tadi saya ceritakan punya penyakit tak bisa diam. Ada saja yang mereka tertawakan, dan apa saja mereka tertawakan.

Kedua, siap makan acaranya berlanjut ke permainan. Semua orang disuruh menulis satu pertanyaan dan satu hukuman. Nantinya satu korban akan diberi satu pertanyaan. Jika dia tidak bisa jawab maka dia kena hukuman. Entah siapa yang punya ide ini, tapi yang jelas pemimpin permainannya Titiani dan Natalina, duo serangkai yang bersama-sama sejak di TPB dulu. Mereka masih saja deh kompak bila disandingkan. Titi mengurusi pertanyaan, Lina hukuman. Saya ikut arus saja. Tulis asal-asalan dan serahkan. Beres.

Bosan diam, saya pinjam kamera Danar buat jadi tukang foto-foto barang sebentar. Permainannya ternyata lumayan seru kami semua tertawa keras sekali. Permainan cacat memang cocok buat orang cacat? Entahlah jangan tanya saya. Cuma memang ada beberapa pertanyaan yang sangat basi ("dimanakah pusat massa bumi?" -- di mana kek udah gede ini!). Tapi ada juga yang cerdas...

"Siapa yang lo kecengin pertama kali di angkatan?"

Hoho, teman saya itu mukanya langsung merah begitu kena pertanyaan ini. Apalagi di depannya, duduk sang pacar. Persis saat saya pikir dia akan dengan enteng menunjuk batang hidung si pacar, teman saya ini menengok ke samping kanan dan menjawab pelan, "Ableh". Semua orang ketawa makin keras seperti yang belum pernah lihat Srimulat.

Pas Titi kena giliran, itu yang paling seru. Sungguh kebetulan yang mengerikan kalau dipikir-pikir betapa pertanyaannya berbunyi "Kalau lo jadi Joe, lo bakal naksir Titi nggak?" Titi awalnya menolak menjawab, dia bilang mestinya si Joe dong yang jawab. Tapi kami nggak ada yang kasih ampun. Kami kan tak mau menghalang-halangi takdir yang mungkin memang bermaksud menyatukan keduanya suatu hari kelak. Kalau lo jadi Joe, Ti, kalau lo jadi Joe...

"Kalau gua jadi Joe, pastilah gua suka sama Titi," katanya lantang. Woaa, kami makin memekik berteriak tertawa lebih kencang lagi. Saya bersyukur tetangga kanan-kiri rumah rupanya tergolong kaum penyabar semua. Soalnya sampai permainan berakhir nggak ada tuh hansip atau Pak RT datang komplain. Enak juga warga sini.

Selesai permainan, satu-dua orang mulai berpulangan. Danang dan istrinya, Iva, malah sudah duluan dari tadi. Mereka sama-sama pakai baju warna jingga. Wawan sempat bilang dia iri melihat pengantin baru kami mesra sekali. Hihihi, namanya juga pengantin baru, ya kan. Rumah langsung jadi sepi dan tetangga bisa bernafas lega.

Ucil bilang dia pengen ngopi. Pergilah dia sebentar ke dapur dan muncul kembali dengan secangkir kopi di tangan. Lalu kami berdua duduk di teras samping sambil menghirup kopi nikmat itu (iyalah, gratis serta dibikinkan). Merokok satu dua batang juga deh sambil membahas rencana Ucil bikin media komunitas di lingkungan RW-nya. Saya bantu-bantu kasih ide, tulisan apa yang kira-kira bisa masuk ke media itu. Sedang enak-enak begitu, Ucil sepertinya dipanggil ke dalam. Kami melongok masuk.

Eh eh eh, kok di dalam sudah ada forum baru. Hebat memang mahasiswa-mahasiswa ini, pantas saja Soekarno dulu melarang lebih dari tiga orang berkumpul. Forum ini ternyata forum curahan hati pula. Ucil malam itu mendapat kehormatan menjadi pasien pertama. Pasien atau terdakwa ya? Soalnya dorongan untuk curhat lebih besar datang dari pihak pendengar daripada pihak pembicara nih.

Ucil pun curhat, yang kalau menurut saya sih beda-beda tipis dengan klarifikasi. Setelah itu Dicky. Lalu saya. Tri pendek. Karena Nindita dilongkap, jadi ke Tri panjang. Gadang nggak. Abi dilongkap. Lanjut ke Yusi. Terus Awan deh. Topiknya sama semua tentang cinta. Tapi lain orang lain masalah. Soalnya meski sama-sama cinta, peliknya kan beda-beda. Selama mendengarkan pasien kami cekakak-cekikik sebab ada saja yang melawak (paling sering si Fahmi tuh).

Tiba-tiba pada malam itu saya menyadari, bahwa ukuran kedekatan seseorang dengan orang lain, agaknya bisa diukur dari banyaknya rahasia yang dipertukarkan. Sebab berbagi rahasia adalah soal berbagi kepercayaan. Dan mungkin juga karena penuh dengan kepercayaan, saya sangat menikmati seluruh obrolan malam itu.

Gadang bilang, selama empat tahun bersama-sama, ini forum yang paling dia suka. Saya sedih juga.

Saya terlambat sampai di Awiligar sore itu. Tapi saya bersyukur saya belum terlambat menyadari bahwa saya punya banyak teman di sini.

43 Komentar:

Anonymous fahdi »
11 October, 2006 08:22  

terakhir ngumpul? iya kah?

iya,,, sekarang aja anak 2001, udah susah kalo mau bikin acara bareng ...

congrats buat 2002

Anonymous Anonymous »
11 October, 2006 22:36  

duh.. ngiri banget, Kram! I once feltf that way.... pertemuan itu, kelak akan kamu rindukan. Sumpeh.. I knew it, and facing it now.

debukaki

Blogger ikram »
12 October, 2006 00:24  

Mungkin, Fahdi, mungkin. Siapa tahu baru berkumpul lagi pas pernikahan siapaaa gitu. Hoho.

Iya nih Rif, sepertinya akan saya rindukan. Udah ah cukup melankolis-nya.

Blogger ireng »
12 October, 2006 09:38  

wah, teman-teman seangkatan memang teman-teman senasib seperjuangan.
haha...

Blogger ikram »
13 October, 2006 02:00  

Yoi Mot. Mungkin angkatan sekarang, yang udah nggak kena ospek lagi, nggak ngerasain ya...

Anonymous sawung »
13 October, 2006 03:19  

Kram, kok layoutnya sama kayak blog tetangga. Hmmm siapa meniru siapa nih. Atau kalian lagi kompakan.

Anonymous amellie »
13 October, 2006 03:56  

wow.. interesting post!! gw kok cekikikan sendiri bacanya?? hahahaha... menghibur :)

Blogger ikram »
13 October, 2006 07:29  

Mungkin karena layouternya orang yang sama, Wung - nggak kreatif ya dia? :)

Eh ada Amellie. Makasih Mel!

Anonymous Anonymous »
13 October, 2006 22:23  

Kram! cuma nanya nih,... kamu udah jadian ya?

hihihi... ^_^


debukaki

Blogger agn »
13 October, 2006 22:31  

Kalau sudah berpisah, baru deh kerasa semuanya. . . . .
ahh, saya jadi rindu dengan teman-teman saya. . . .

Blogger ikram »
13 October, 2006 22:37  

Arif, next question please! :)
Bisa dibilang begitu deh Rif.. Kok tau?

Maaf bikin anda rindu, Bung Anggun.

Anonymous Anonymous »
13 October, 2006 22:38  

eh, ternyata iya!!! udah setaon!

huahahahaha... aseek ikram udah pacaran! si udin gimana? masih luka mulu? XD


debukaki

Blogger ikram »
13 October, 2006 22:42  

Ah, hebat memang wartawan Bisnis.
Tak bisa mengelak kita dibikinnya. Hehehe. Eh eh gmn rasanya ditinggal ke Australie? Hahaha.

Anonymous Anonymous »
13 October, 2006 22:50  

dasar lu! ditinggal kekasih ke negeri seberang rasanya merana! eh gak merana, cuma meranahhhhhhh... :)

ah udah ah.. entar comment ini panjang jadi chat box. aku lagi di kantor, lembur bikin 4 artikel!

sialnya lagi, ga bisa chat gara-gara YM dilarang. fyuh...

satu pertanyaan lagi, kapan lulus?

debukaki

Anonymous Anonymous »
16 October, 2006 19:16  

blog yg menarik kram..
sy ad yah..:D
(yang dtg buka puasa 2001 minggu kemaren)

Anonymous ahung »
16 October, 2006 19:17  

oiye lupa pake nama bos

Blogger benx »
16 October, 2006 20:53  

ciciciut..ikram nie..
=)

Anonymous rime »
17 October, 2006 11:49  

eh, rumah gua di awiligar loh, hehehehehe (maap ga penting)

Anonymous rime »
17 October, 2006 12:01  

eh, lu teh orang yang waktu itu cerewet bgt ya pas ada kuliah umum tentang lesbian? bener ga?? hehe maaf kalo gua sotoy...

Blogger ikram »
17 October, 2006 12:10  

Hai Rime,

Betul. Selain itu, saya jugalah yang dilabeli "seksis" oleh si pembicara waktu itu.

Mereka yang menuntut persamaan hak dan penghilangan stereotyping itu, rupanya memulainya dengan datang ke kampus orang, bikin kuliah umum, dan melabeli orang-orang normal.

Awiligarnya sebelah mana? (Haha, kaya gua tau aja)

Blogger Principia »
17 October, 2006 14:51  

Aaww.. (ucapkan dengan intonasi penonton sitkom saat ada adegan yang mengharukan)

Gw nggak tau nih, gw yang sibuk apa elo yang sibuk, apa kita berdua sok sibuk? Long time no see, both you and your 'girlfriend'

heheheeh

Anonymous risa »
18 October, 2006 15:14  

senangnya masih bisa dateng ke acara kumpul-kumpul.

lah gwa,
temen sma nikah lewat.
temen kuliah nikah lewat.
buka puasa temen-temen smp lewat.
buka puasa temen-temen sma lewat juga.

apa pindah ke jakarta aja ya?

=)

Anonymous rime »
18 October, 2006 19:57  

sebenernya gua juga ga begitu ngedukung apa yang orang gembar-gemborkan tentang persamaan hak dan sebangsanya. karena kebanyakan dari mereka ga ngerti artinya, alias 'omdo'. dan gua pikir di kampus gajah lieur ini lebih banyak yang sotoy daripada yang mikir ttg masalah itu.

tapi gua cerewet dan sevokal lu, hehehehe... gua kan pendiam (huekkk) :p

Anonymous rime »
18 October, 2006 20:00  

ralat.... maksudnya gua ga secerewet dan sevokal lu....

Blogger sigit »
18 October, 2006 23:38  

Kram, bingung nih game apa yang seru kalo ngumpul2 tapi tetep bermakna dan mendidik?

Blogger benx »
20 October, 2006 07:40  

sapa yang omdo Rim?
kalo gw sih benxdo aliask benx_doank
+ni ID gw di YM, ga penting yak?hehehe+

btw, lu mudik kaga kram? oleh2nya dunk =)

Anonymous rime »
20 October, 2006 09:15  

bang ikram... (halah bang beng bong)

bikin shout box dong di blognye... biar bisa dibikin diskusi walopun ntar yang rajin ngisi cuman si benx doang, hehehe,,,, ga ketang becanda, minimal bisa buat nulis uneg2 orang yang mampir di blog ini.

btw gua link blognya ya. trus ntar2 di labtek biru kalo ada yang nyapa, jangan kaget ya,, hehehehe... gua kan senang menyapa orang2 yang belum gua kenal sekalipun (freak, huh?)

Blogger benx »
20 October, 2006 17:15  

kaga, kaga gw doank kok kram, ntar gw ajak pasukan gw yang laen, hobinya sama ma gw..teriak teriak di shoutbox orang, hehehe

+Rime, gw yakin ikram malah tambah ga niat bikin shoutbox, hahahahha+

Anonymous udin »
27 October, 2006 00:13  

Met Lebaran, Kram. Maaf Lahir&Bathin.

Blogger ishtar »
28 October, 2006 22:27  

was here ajah...

Blogger Yasmin »
30 October, 2006 15:42  

uu... so swiiiiiiiit.... hihihihihi....

hm hm... udah jadian niiiiiih??
wakakakakak... akhirnya akhirnya...

Blogger zakiakhmad »
31 October, 2006 11:52  

Teman, terlalu berharga untuk disia-siakan.

Anonymous ubrit »
01 November, 2006 07:35  

treasure the moment lah y....

nanti mungkin susah banget cari temen kek yang skarang ada...uhuhu...

-ubz-

Blogger andiw! »
03 November, 2006 19:05  

anjiw ada dua kali nama gw disebut!

ya, gw melewati acara obrolan dan games itu euy. gw harus menjemput dan merapat di tempat lain. tapi malam menuju pagi, gw bareng anak-anak lagi, eh bareng lu ga si? di dwi lingga.

sori kalo pidato gw kelamaan, tapi emang gitu kan?

_adw

Blogger ikram »
03 November, 2006 20:20  

Halo Ishtar!
Halo Ubrit!

Halo semuanya!

Anonymous Anonymous »
05 November, 2006 15:49  

[Eleanor Rigby - The Beatles]

Paul McCartney melihat orang-orang kesepian di gereja. Di mall. Di kantor. Di sisi-sisi jalan. Di setiap sudut bumi. Sebab sebenarnya sepi adalah atmosfer.

Ya, begitulah!

Bagi beberapa orang, sepi dapat direduksi dengan ikatan personal. Menjadi kawan baik bagi orang lain. Tidak sebagai pendengar, tapi justru menjadi pencerita. Tapi sebagian orang justru percaya kesepian adalah dunia. Menelannya dengan nafas perjuangan!

:)

Kau berbagi sepi di tulisanmu ya, Kram?

Blogger ikram »
05 November, 2006 20:25  

Hai Anonymous. Wah, kamu membuat tulisan saya jadi "dalam" begini. Hehehe.

Andi, ya memang kalau dikau pidato, pasti panjang.

Blogger batari saraswati »
05 November, 2006 20:29  

Ikram kesepian? Kayaknya gak mungkin..

.. selama ada internet di kosannya. Hoho.

Anonymous Anonymous »
11 November, 2006 23:13  

...atau selama ada seseorang seperti luw, Bat!

ge-er luw, Kram. dikomentarin gitu doank juga...hehehe

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:01  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:05  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:09  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:13  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by