Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

"Pok Ame-ame" Versi Malaysia

Wednesday, July 12, 2006

Namanya juga bangsa serumpun, antara Malaysia-Indonesia ada banyak kemiripan. Dalam hal berbahasa, misalnya, ada banyak kata yang dimaknai sama (saya, kamu, makan, minum, sekolah, pergi, cuci, sakit, sebab, nusa, bangsa, negara, dsb). Meski demikian, ada pula kata-kata yang maknanya melenceng jauh (sangat tidak disarankan mengucapkan "butuh" saat kamu di Malaysia).

Dalam hal lagu, rupanya ada juga yang mirip. Lagu kanak-kanak "Pok Ame-ame", contohnya, punya saudara kembar berjudul "Tepuk Amai-amai". Ini saya dengar dari cd konser SM Salim, seorang musisi senior Malaysia. Saya kemudian membayangkan mereka ini tadinya satu lagu yang sama, tapi entah bagaimana terpecah jadi dua versi.

Sialan, anak-anak sana beruntung dapat versi yang bagus. Ini dia lirik versi Malaysia:
Tepuk amai-amai, belalang si kupu-kupu
Sekolahlah sampai pandai, dah besar tentu tak malu

Susu lemak manis, santan kelapa muda
Sekolahlah sampai habis, mak bapak tentu gembira

Tepuk amai-amai, belalang si kupu-kupu
Belajarlah pandai-pandai, dah besar boleh jadi guru

Susu lemak manis, santan kelapa muda
Baca bukulah sampai habis, bila periksa tentu tak lupa
Sedangkan pada versi Indonesia? Bah, anak-anak sini hanya bakal didendangkan bahwa "siang makan nasi kalau malam minum susu" serta "adek jangan nangis, nanti digigit kuda".

Tidak ada pengenalan logika yang benar sejak dini. Semuanya serba tidak masuk akal.

Kalau siang makan nasi terus malam minum susu, terus pagi-pagi kita makan apa? Bisakah diterangkan bagaimana bisa sekonyong-konyong datang kuda menggigit kalau kita menangis?

Dan kenapa sih kita sampai mesti digigit nyamuk kalau tidak bobo?

Tak ada pengenalan logika yang benar sejak kecil. Jangan-jangan karena itulah bila tidak lulus Ujian Nasional, kita cenderung ingin bunuh diri atau membakar sekolah.

57 Komentar:

Blogger batari saraswati »
12 July, 2006 08:38  

kalo yang versi Indonesia cuma dipentingkan ada rima nya saja ya. asal bagian akhirnya sama-sama berbunyi 'a' atau 'u'. soal maknanya gak peduli.

emang 'butuh' di Malaysia jadi bermakna apa?

Blogger ikram »
12 July, 2006 10:47  

Belum diperiksa lagi, tapi kalau nggak salah "alat kelamin laki-laki"

"Boleh pinjam cellphone tu, tak?"
"Butuh banget ya loe?"

*Bletaaak!*

Blogger gombang »
12 July, 2006 16:33  

Dan jangan ucapkan pantat sembarangan. Kalau tak salah artinya vagina :)

Blogger Lucky »
12 July, 2006 20:49  

curiga kayknya kita yang meniru...ups, sorry.."mengadaptasi". Aslinya melayu abis, gayanya juga ya...

Blogger ANDRE »
12 July, 2006 23:21  

Nah, postingan kayak gini baru namanya blognya Ikram.

Waktu itu gue lihat potongan video bokepnya malaysia, kata si laki2:
"ini pantat bagus!"

kata si cewe:
"ini bukan pantat!"

Oi, postingan bola gue dah ada tuh

Blogger des »
13 July, 2006 03:47  

ooh gitu yah..*manggut-manggut* sambil minum susu..

Blogger benx »
13 July, 2006 22:01  

mm, mungkin itu kenapa KD kalah ma Siti ya?padahal dulu kan di Asia Bagus KA yang menang
..

kram, produktif tapi ga bermutu, ga da kemajuan gw..kayak nya perlu belajar dulu ma guru nya nie.. =)

btw da artikel nie :
http://yulian.firdaus.or.id/2006/07/12/geming/

Blogger sigit »
13 July, 2006 23:02  

Oiya klo nggak salah ada emailan tentang lucunya (dan anehnya)
lagu2 anak Indonesia, dapet gak luh? (dapet ya kayanya)

Kram, tulisanmu kan mudah dibaca dan dimengerti tuh.
Klo menurut lu, tulisan Didot gimana? (nggak, gw gak mengarahkan jawabanmu lho)

buat someone: 'puas?!'

Anonymous arfah »
14 July, 2006 00:30  

toh tidak ada korelasi yang jelas juga antara tidak sekolah dengan malu di kemudian hari, apalagi bisa menjadikan bapak kecewa nantinya.

ini hanya permasalahan diksi saja Kram.

lagipula orangtua tidak menyanyikan Ninabobo saat anaknya sedang belajar kan?

lucu juga klo kita mempelajari lebih dalam hal-hal semacam ini. mulai dari sejarah hingga berkembangnya ia selayak mitos. jadi inget: kenapa perawan ga boleh duduk deket pintu terbuka? soalnya klo ada sekumpulan pemuda lewat, bisa saja ia diperkosa ramai-ramai. :)

kenapa anak SMA bunuh diri atau membakar sekolah gara-gara ga lulus ujian nasional?

ya kecewa.

wajar kan?

hehehe

Anonymous Anonymous »
14 July, 2006 18:24  

itu lagu yg versi malaysia gimana nyanyinya??
kayaknya nggak pas kalo dinyanyikan dgn nada2 yg versi indonesia

btw...
bakar sekolah? saya juga pengen lho waktu masih sma
*maaf ya, suster*
alasannya? sebel aja
hehe

Anonymous lily »
14 July, 2006 18:25  

walah lupa nulis nama
itu anonim di atas = saya

Blogger ikram »
15 July, 2006 14:53  

Gombang dan Andre: thanks for the info ;p

Lucky: susah menebak siapa meniru siapa, Luck.
Makanya mungkin tadinya mereka ini lagu yang sama, cuma lama-kelamaan pecah jadi dua versi.

Halo Desri *lambai-lambai*

Beni: nggak ngerti gua Ben. Hubungannya sama KD dan Siti apa ya?

Sigit: kirimin gua dong Git. Ah lo nggak mengarahkan jawaban gua, jadi bingung deh mau jawab apa.

Arfah: jelas ada dong, korelasinya. Mereka sejak dini menekankan pentingnya pendidikan, antara lain lewat lagu anak-anak.
Orangtua dibikin bangga jika anaknya sekolah. Bukan ikut AFI :)

Lily: nyanyinya lebih melodius Ly. Nggak datar kaya versi sini. Aduh, gimana ya caranya biar orang jg bisa denger?

Blogger sangpemerkosa »
15 July, 2006 15:59  

ada korelasinya ya?

klo anaknya sekolah tapi ga bener gimana tuh korelasinya?

hehehe

Anonymous YanglagiseidhkarenaJermankalah »
16 July, 2006 20:11  

Krom, bikin not-notnya aja di sini. Pake not angka lah

Anonymous Anonymous »
16 July, 2006 23:08  

btw udah baca intisari?
vagina artinya "sarung pedang".
hahahaha.

-your old friend

Blogger sigit »
17 July, 2006 23:34  

Klo gw gak ngerti tulisan Didot,
dan menurut gw tulisan itu cuma untuk golongan2 tertentu saja,
tidak bisa dibaca semua orang (maap ya Dotsky)

Cukup mengarahkan?

Oiya gw cuma ngomong ama IKRAM

Anonymous Anonymous »
18 July, 2006 21:53  

wah... POK AME AME yang gue tau malah cuman
"pok ame-ame belalang kupu2, siang makan nasi kalau malam minum susuuuuu"
ga ada versi kuda gigit apalah itu.

mungkin lagu itu dibuat supaya anak indonesia doyan makan nasi dan minum susu. supaya cerdas. gituuuu krammmm...

kalo lagu NINA BOBO, yang gue heran adalah kenapa "nina"?

-yasmin-

Anonymous arfah »
19 July, 2006 22:43  

kenapa ga 'yasmin bobo' aja ya?

dijamin anaknya malah ga tidur, takut monster menyeramkan datang!

hehehe

yasmin anak2nyari loe tuh, kmrn pas rapat!

Blogger sigit »
20 July, 2006 23:24  

Setelah ga tidur karena ketakutan, selanjutnya malah nyariin?
Gw gak ngerti komen lu fah!

Arfah nggak menang lomba opini
Nye nye nye nye nye...!!!

Anonymous arfah »
22 July, 2006 21:44  

komen gw harus dimengerti,git!

apalagi ma seorang loe, yg bikin naskah opini aja ga make judul!

ya mana bisa kepilih juara...

gw msh mending ditelpon!

yeah...

Blogger sigit »
23 July, 2006 23:26  

Gw sama Ikram ga ikut lomba kok fah.
Kita disana tuk ngedukung elo.
Kita pengen liat lo menang, dapet penghargaan.
Soalnya lu anak Boulevard.

Tapi sayang lo ga menang.
Tapi kalo lo ikut lomba lagi, gw Ikram sama Batari pasti akan dateng lagi
Tuk ngedukung elo.

Gw sama Ikram berbohong ikut lomba
Biar lo merasa ada teman senasib
Biar lo merasa setidaknya lebih hebat dari kami berdua.
Maafin gw ama Ikram ya fah, udah berbohong.

Blogger Principia »
24 July, 2006 17:45  

mana perkedel setan?? ga jadi-jadi?? btw, nice new layout. lo selalu ganti setelah gw ganti juga ya? ahahaha... (PD)

Blogger ikram »
25 July, 2006 17:54  

Masih tetap lebih bagus elo kok Pi..

(sori ya gua bablas ketiduran - bangun2 jam setengah tujuh!)

Blogger ikram »
26 July, 2006 09:40  

Oya, lagipula gua nyontek layoutnya Batari kok.

Blogger ariani »
26 July, 2006 12:39  

Baru tau ada lagu itu, nadanya sama juga ngga Kram? Gw pernah dapet forward pembodohan lagu anak-anak Indon mulai dari aku seorang kapiten, balonku ada lima, dkk, huehe menarik dijadikan penelitian tuh: pengaruh lagu anak-anak terhadap pembentukan karakter. Kalau kajian terhadap dongeng kayanya dah ada.

Blogger ikram »
26 July, 2006 20:22  

Mau dong Yut, kirim ke gua... Thx.

Blogger alarif »
27 July, 2006 19:02  

Halo Kram,
Akhirnya bisa singgah juga. Keep your hunger to write..

Blogger ikram »
27 July, 2006 21:52  

Halo Rif! Tengkyu, lo juga!

Blogger adi nugroho »
29 July, 2006 16:00  

oi git.. bawa-bawa nama orang di forum orang lain.. kangen yah ama gue : )

Anonymous Anonymous »
29 July, 2006 22:42  

Wah, bener juga ya. Aku gak akan lagi "pok ame-ame" versi endonesiya untuk anak-anakku.
-yul-

Blogger sigit »
31 July, 2006 16:55  

Iya kangen.

Blogger M Irfan Zamzami »
02 August, 2006 20:10  

Maklum, namaku kan Irfan Mohammad

Blogger ariani »
03 August, 2006 17:01  

Gw ngubek-ngubek inbox gw udah ngga ada Kram, kalo kebetulan nemu, ntar gw kirim.

Blogger alarif »
04 August, 2006 16:18  

Nih petikan emailnya. Isinya ngaco juga sih:p

1. "Balonku ada 5... rupa-rupa warnanya... merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru... meletus balon hijau, dorrrr!!!" Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2 muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 !
2. "Aku seorang kapiten... mempunyai pedang panjang...kalo berjalan prok..prok..prok... aku seorang kapiten!" Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi). Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : "mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)... kalo berjalan prok..prok..prok.." nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : "mempunyai pedang panjang... kalo berjalan ndul..gondal..gandul.. atau srek.. srek.. srek.." itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!
3. "Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku.." Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
4.Waktu gw seminar kesulitan belajar pada anak dikasih contoh lagu nina bobo nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg "mengancam"
5.Ibu kita Kartini...harum namanya.(Namanya Kartini atau Harum?)
6.Pada hari minggu..naik delman istimewa kududuk di muka.(Nah,gak sopan khan..)
7.Cangkul-cangkul,cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita...(kalo mau nanam jagung,ngapain dalam-dalam emang mo bikin sumur?

Blogger benx »
04 August, 2006 16:30  

krik krik =)

Blogger sigit »
04 August, 2006 22:33  

Nah iya, kaya gitu kram!

Anonymous Anonymous »
05 August, 2006 09:47  

saya ketawa.....
eh lagu balonkunya salah tu, mustinya 'hijau muda dan biru' bukan sih??
-andrea-

Blogger adi nugroho »
05 August, 2006 11:22  

hahaha... dasar masih ga ilang aja ajaibnya, walo udah ngantor di wisma hsbc lantai 3... trus "pelangi-pelangi" ...pelukismu agung, siapa gerangan... wong udah dikasih tau yang nglukis agung, masih ditanya siapa gerangan.. : )

btw, kram, ji, git.. i have to admit.. ketikan gue emang sedikit segmented. jadi kalo merasa jauh, yah, ente bukan segmennya berarti. walo, gue terbuka aja dengan masukan untuk menjadi lebih 'dimengerti' secara populer. " )

Blogger sigit »
06 August, 2006 19:54  

I found your blog very interesting, you may find My Blog interesting too. Please visit this link http://sigitmoviemagic.blogspot.com to see mine. It’s about movie and stuff, viewed from my own perspective. Thanks.

Blogger agn »
08 August, 2006 20:46  

bener juga lo kram, emang kalo ditilik lagi itu lagu agak sedikit aneh...

kenapa harus digigit kuda ya?

Blogger agn »
08 August, 2006 20:46  

bener juga lo kram, emang kalo ditilik lagi itu lagu agak sedikit aneh...

kenapa harus digigit kuda ya?

Anonymous Andre lah, siapa lagi? »
08 August, 2006 21:43  

lagu balonku ada lima itu liriknya:
balonku ada lima, rupa rupa warnanya,
HIJAU, KUNING, KELABU, MERAH MUDA dan BIRU.
Jadi kalau yg meletus balon hijau, ya wajar.

Pada kehilangan memori masa kecil ya???

Blogger sawung »
09 August, 2006 23:45  

woi pak ikram.
hows life?

Keep kicking?

Anonymous mo ngasi tau ajah »
18 August, 2006 00:36  

ga tau ya untuk lagu2 yang lain....
tapi untuk lagu balonku yang sedang "hangat" dibicarakan, ada kok lirik aslinya, dapet dari sumber yang bisa cukup dipercaya, wikibooks gini liriknya:

Balonku
Penggubah: "anonim"

Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Meletus balon hijau DOR!
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat

Anonymous Andre mampir lagi »
24 August, 2006 11:45  

Tuh kan, bener.....

Blogger sigit »
24 August, 2006 22:46  

Kram, foto2nya dah gw upload disini http://sigitphotos.blogspot.com
Tapi kyny ga sesuai yg lo harapkan

Anonymous aji the g the p the s »
01 September, 2006 11:38  

butuh itu kemaluan wanita....

dan belajar dari pengalaman so7 jangan ngomong pejantan juga ya

Anonymous domba..!! »
04 September, 2006 18:04  

Ikramm...
Tulisan lo bagus..bermutu..padat ilmu
Gw sampe heran dan bertanya2, apa iya ini yang nulis si ikram yg gw tau? yang temennya si blo? hehehe..
Akhir2 ini jadi sering baca2 blog lo..lumayan, buat istirahat sejenak dr rutinitas minyak yang membosankan.
Kayaknya lo lebih cocok terjun di dunia media dengan bakat seperti ini kram,..walaupun oseanografi juga cukup menjanjikan.. =)
Nice to know someone talented like you, kram!

ps: gw sengaja make nama domba, karna lo kan gak pernah inget nama asli gw..hehe

Blogger ikram »
05 September, 2006 12:30  

Domba!
Makasih, gua nggak nyangka lo bisa dateng ke sini.. Hehe. Blog lo apa alamatnya?

Anonymous Domba.. »
06 September, 2006 17:41  

Gw gak nge blog kram...
Malu ah, sama orang2 kayak lo, hehehe..
Cuma gw cukup tau kok mana penulis bermutu mana yang enggak,,
Terus nulis ya kram..
Keep up d gud work!

Anonymous domba »
06 September, 2006 17:43  

Oh ya kram..kelupaan..
Kapan gw bisa baca tulisan lo ttg Lapindo?
kayaknya kemaren waktu seminar gw ngeliat lo nyatet2 sambil senyum,,
Pasti ada yang mau ditulis juga kan,,,hehehe..

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:00  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:09  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Armein Daulay »
26 July, 2016 22:25  

Kalau gak salah dengar... dari orang-orang tua di kampung saya Tanjungbalai Asahan Sumut...

POK AME AME (pok itu pukul)
BELALANG KUPU KUPU (belalang simbol laki2... kupu2 perempuan)
SIANG MAKAN NASI (kehidupan normal manusia)
KALAU MALAM MINUM SUSU(hubungan badan)

SUSU LEMAK MANIS SANTAN KELAPA MUDA (silah kan coba aja... campur antara susu, santan dan kelapa muda)
ADIK JANGAN NANGIS(jgn kwatir... atau jgn sedih.. atau bisa juga... semacam ledekan... jangan nangis ya kalau abang ... ehemmmm)
DIUPAH TANDUK KUDA (diupah itu artinya diberi atau di hadiahkan... tanduk kuda... kuda tanduknya dimana ya? Hehehe... kuda simbol kejantanan)

Jadi... ini adalah lagu untuk obat kuat pria melayu... itu pun kalau saya gak salah dengar.... 😉

Blogger Armein Daulay »
26 July, 2016 22:29  

Kalau gak salah dengar... dari orang-orang tua di kampung saya Tanjungbalai Asahan Sumut...

POK AME AME (pok itu pukul)
BELALANG KUPU KUPU (belalang simbol laki2... kupu2 perempuan)
SIANG MAKAN NASI (kehidupan normal manusia)
KALAU MALAM MINUM SUSU(hubungan badan)

SUSU LEMAK MANIS SANTAN KELAPA MUDA (silah kan coba aja... campur antara susu, santan dan kelapa muda)
ADIK JANGAN NANGIS(jgn kwatir... atau jgn sedih.. atau bisa juga... semacam ledekan... jangan nangis ya kalau abang ... ehemmmm)
DIUPAH TANDUK KUDA (diupah itu artinya diberi atau di hadiahkan... tanduk kuda... kuda tanduknya dimana ya? Hehehe... kuda simbol kejantanan)

Jadi... ini adalah lagu untuk obat kuat pria melayu... itu pun kalau saya gak salah dengar.... 😉

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by