Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Persija Mana?

Tuesday, February 28, 2006

Saya dan Batari sedang dalam perjalanan pulang sore itu. Langit lembayung yang tengah menuju gelap berpadu dengan gerimis yang membasahkan jalan. Kalau sudah begini, jarak pandang saya jadi semakin pendek. Sinar lampu mobil ini soalnya tak segarang lampu angkot atau truk atau mobil lain yang sudah dimodifikasi sehingga terangnya hampir menyamai lampu sorot buat keperluan panggung musik. Saya pun menyetir lebih hati-hati.

Tiba-tiba dari arah berlawanan datang motor-motor bergerombol. Beberapa dari mereka mengambil jalur kami, seperti hendak menghadang saja. Saya refleks meminggirkan mobil dan menjalankannya pelan-pelan. Mereka itu berbaju biru-biru, memakai bandana, dan mengusung bendera yang warnanya senada. Butuh waktu dua detik buat saya untuk mengenali mereka sebagai pendukung Persib.

Saya berpikir jangan-jangan sore ini Persib ada jadwal bertanding. Adalah kebiasaan di kota ini, bahwa para pendukung berpawai keliling kota tiap kali Persib main. Dasar pendukung fanatik, mereka tak soal apa tim kesayangan mereka menang atau kalah. Tapi sore ini Persib lawan siapa?

"Anjing!"

"Hoy, minggir siah, anjing!"

Itu suara-suara yang terdengar dari luar. Batari menyuruh saya ke pinggir -- saya jawab kita ini sudah di pinggir. Lalu beberapa motor lewat lagi di samping kami. Pengendaranya meneriakkan sesuatu dalam bahasa Sunda, tapi tidak jelas (yang bisa dimengerti hanya "anjing" itulah).

Melihat hampir semua mereka memperlakukan kami layaknya musuh, saya jadi curiga ini semua ada kaitannya dengan kenyataan bahwa mobil ini berplat Jakarta. Tapi orang Bandung kan biasanya bersahabat dengan orang Jakarta. Buktinya, meski kerjaan Homo Jakartaensis tiap akhir pekan hanyalah ke Factory Outlet berburu baju dan brownies kukus Amanda, Homo Bandungensis kan tetap saja ramah. Jalanan macet? Ah yang penting PAD.

Jadi, alasan yang paling masuk akal untuk ketidakramahan ini pastilah gara-gara Bandung sedang melawan Jakarta di Liga Djarum. Pasti gara-gara sepakbola. Senior saya cerita, waktu ospek himpunan dulu dia pernah ditampari berulangkali hanya karena berasal dari Jakarta. Yang menamparinya? Dari Bandung. "Maneh ti Jakarta? Aing Persib yeuh.." Plak plak plak.

"Ini kayanya gara-gara mobil kamu platnya 'B' deh Bat," kata saya.

"Emangnya kenapa?"

"Yaa, emang gitu, kalo mereka lihat orang Jakarta mereka marah. Namanya juga orang-orang kaya gini,"

"Anjiiing!"

"BUK!". Itu suara kaca mobil dipukul.

Sampai sini Batari marah. Bersungut-sungut, dia ngomel-ngomel kenapa mobilnya mesti kena pukul. Nggak tau apa asuransi ngurusnya lama, katanya. Marahnya sebenarnya lucu sih, tapi saya tahan ketawa supaya dia nggak tambah marah. Pokoknya dia benar-benar nggak terima dijadikan sasaran kemarahan pendukung fanatik-barbarian semacam ini.

"Sabar Bat, sabar. Kok malah kamu sekarang yang marah-marah,"

"Ya abis apa hubungannya sama mobilku coba?"

"Karena kita orang Jakarta, makanya mereka marah sama kita..."

"Ya tapi kenapa marahnya sama kita? Orang hari ini Persib mainnya lawan Persija?!"

Orang hari ini Persib mainnya lawan Persija?

Lah, Persija kan dari Jakarta, dia juga. Kenapa dia masih nggak ngerti kenapa dijadiin sasaran?
Jangan-jangan...

"Loh Bat... Persija itu ya dari Jakarta, emang menurut kamu Ja-nya itu singkatan apa?"

"Nggak tau... Jayapura?"

. . .

(Dan kamu tahu tidak, saya sontak merasa di luar langit makin gelap)

50 Komentar:

Anonymous mantan sangpemerkosa »
28 February, 2006 08:46  

halo!

Blogger ikram »
28 February, 2006 11:41  

Halo juga..
Wah, sekarang udah mantan?
Jadi udah nggak memerkosa lagi?
:p

Anonymous Catuy »
28 February, 2006 12:06  

sesuai dengan isu Perkotaan (yang sedang gue geluti belakangan ini). gue membayangkan kalo persib vs Persija pasti sapnduknya bunyinya begini
"MEGAPOLITAN NO, PERSIB YESSSSSSS!!!!"

Blogger zakiakhmad »
28 February, 2006 18:19  

Semangat primordial yang selalu saja masih berlebihan. Kapan kita bisa bersikap adil? Kapan kita bisa mengakui kalau memang ada orang lain yang lebih hebat dari kita? Kapan kita mau kerja keras? Sampai kapan kita mau sikut-sikut-an terus?

Blogger ANDRE »
28 February, 2006 19:10  

guahahahahahaha

lucu, lucu

Eh, krom.
Kapan lulus?

Anonymous risa »
28 February, 2006 23:26  

heuheuheuheu...

batari ke mana aja?? xD

btw, serem banget sih kaca mobil sampe dipukul2 gitu...

Blogger Fardani Dzulhikam »
01 March, 2006 12:54  

sebenarnya kemaren persib seri lawan persija, tapi tetep aja. untung ga kalah bat, kalo kalah bisa jadi kaca mobillo sampe pecah.
Makanya hati kalo keluar ketika persib lagi maen sama salah satu diantara tim-tim ini : Persija, Persita, Persikota, Persita. Nah klo persija, ga peduli menang kalah seri mendingan ga usah keluar, trlebih lagi pas kandang.

Blogger ikram »
01 March, 2006 21:25  

Lo salah Tuy. Yang bener tuh: Megapolitan No! Peysib Yes! Haha.

Bener Zak. Merdeka!

Andre, pass.

Risa kok malah nanyain Batari. Dayeng juga kok malah ngomong sm Batari. Heei, ini blog gua!

:)

Anonymous risa »
02 March, 2006 11:24  

kan sebenernya yang jadi bahasan di posting ini adalah tentang ketidak-tahuan Batari kan? jadi apa salahnya kalo nanya ke Batari di sini? =D

Blogger ikram »
02 March, 2006 11:36  

Yah, nanti disampaikan ke Batari deh.

Goethe, Git.

Blogger Yasmin »
04 March, 2006 12:02  

HAHAHAHAHAHAHA.... dudul!!!!!!!
Jayapura?? Persija??
HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.....

Anonymous mantan sangpemerkosa »
04 March, 2006 15:05  

habis ga ada kata yg lebih mengenaskan lagi untuk menandakan sebuah sejarah 'profesi', selain kata: mantan. hehehe

tapi kram, loe belum mengecap aroma jiwa kepergian klo loe gak pernah ngapus blog loe...coba deh...

jangan denk, ntar para komentar blog loe kecewa berat, kecewa yg mungkin jau lebih parah dibandingkan yg dirasakan bobotoh (gini bkn seh nulisnya) atas kekalahan persib. sampai2 mereka mengirimi air bah ke kamarmu, untuk menuntut dirimu mengembalikan blog, mengembalikan tulisan2 yg lebih pantas untuk dikomentari. entah itu diujat, diserapah, dipuji, dikentuti atau sekedar berkirim kabar.(muji ni gw, loe mesti bayar ya...!)

memerkosa? itu sudah jadi tradisi. hehehe...sedang mengincar perempuan-perempuan Prancis.

Anonymous arfah (mantan) sangpemerkosa yang katanya harus menyesuaikan dulu ma kulturnya boul »
04 March, 2006 16:05  

kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeen!
tulisan lo keren!
jadi pengen belajar nulis ma lo ni..

boleh tak?

(baru baca ni gw...)

Anonymous udin »
04 March, 2006 19:00  

persija mana, hahahaha, ma tim sendiri kagak tau. coba kalau the jackmania tau, orang jakarta tak tahu Persija, mungkin mobil temenmu itu sudah digebuki, hahahaha... lucu.

Tulisan yang menarik. Endingnya buat aku tertawa, hahaha... geli.. kikikikkk

Blogger batari saraswati »
04 March, 2006 21:14  

min, ketawanya ga usah gitu banget kalee..

Blogger great ani »
05 March, 2006 10:14  

hahahahahahahahahahahaha...
bat bat....

sebenernya yang lebih dudul lagi ikram yang g tau kapan harus tutup mulut atau buka mulut....

eheheh...bener ga sih? haha...

Blogger ANDRE »
06 March, 2006 19:09  

Krom, tulisan lo keren. Mudah-mudahan skripsi lo nanti sekeren tulisan lo!

Blogger ikram »
07 March, 2006 19:07  

Mudah-mudahan ya Ndre ;p

Blogger Principia »
17 March, 2006 16:02  

siapa yang ulang taun kram?

Blogger ikram »
21 March, 2006 13:57  

Teman lama Pi.

Blogger Principia »
24 March, 2006 10:38  

oh, teman lama..

yang ini bagus layoutnya! kemaren gw blm liat ada background biru2 di sidebar..

Blogger sigit »
26 March, 2006 11:52  

Buat Arfah, klo 'Blogwalking' yang bener dong.

Yang niat gitu...

Blogger sigit »
26 March, 2006 11:55  

Kram, tulisan kanan lo yg nulis tentang 'Objektivitas yang Subjektif' itu menurut gue:

Emang penting ya? Sebutan itu, 'objektivitas yang subjektif'?

Emang kenapa kalo namanya 'Objektivitas yang Subjektif'?

Kalo gue sebut itu 'Bunga Mawar', ngga papa kan?

Anonymous Anonymous »
27 March, 2006 11:49  

Nggak papa Git. Ntar kalo ketemu penulisnya gua bilangin deh. Btw udah dihapus tuh. Hehe.

-Ikram

Blogger LiLy »
27 March, 2006 13:01  

kok birunya bisa garis2?
*bego*

Blogger benx »
27 March, 2006 19:12  

hiatus ato maksa tulisan berkualitas nie?

=)

Blogger ikram »
27 March, 2006 23:18  

Lagi nggak pengen nulis aja....
Hiks.

Anonymous Anonymous »
28 March, 2006 10:54  

yg bener tuh kayak gimana ya...git?

sy pikir sulit nentuin mn salah & mn yg bener, bahkan mungkin sudah mencapai ke tahap "tidak mungkin". sama halnya klo berbicara moral...

hehehe

tampilannya blog loe menarik kram...

serba putih...

-arfah- dan juga sangpemerkosa (yg entah).

Blogger ikram »
28 March, 2006 13:44  

Arfah,

Kalau Sigit sudah mulai mengeluarkan kritik, berarti dia pengen blognya dikunjungi.

Bukan begitu Git?

Thanks buat pujiannya :)

Anonymous Anonymous »
29 March, 2006 12:26  

hehehe...

udah dikunjungin kok! ngasi komentar lagi...

wah ada tulisan baru ni, baca ah...

-arfah-

Blogger andiw! »
01 April, 2006 02:44  

curhat di tempat publik jadi lazim yak...ck ck ck (perasaan pernah deh, geli gw)

Anonymous Anonymous »
03 April, 2006 12:07  

Wakakkakakakakakakaaaaakk..

Bagus bgt selera humornya..
Pasti bobotoh bilang, garing jing!! hehe..

-a pal-

Blogger ikram »
04 April, 2006 20:57  

Hei hei, siapa yang curhat...

Anonymous Anonymous »
13 January, 2008 15:00  

Woooooiiiiii....
kmane aje lo viking kapan u dtg kjak ape lo ga branie???



oye bukana viking brani kandang alias banci
hehehehehe....
jakmania nech. . .

Blogger jakmania »
13 January, 2008 15:01  

eEeEhhhhh....persib ma klaut aje
persib dibanggain lo ga tau ape gada sjarahna bandung mng lawan persija. . .




jakmania anti viking. . .

Anonymous Anonymous »
06 March, 2008 17:40  

Kalau di Jawa Timur, perilaku kayak begitu biasanya dilakukan suporter Malang (Aremania) terhadap mobil Plat L. Bahkan ada banyak cerita bahwa orang yang berkaos hijau dengan tulisan Persebaya atau Bonek pasti dihajar, walo gak pas pertandingan Arema lawan Persebaya.

padahal...nih ye... para pedagang bakso di Surabaya aman-aman aja tuh walau pakai kata BAKSO AREMA di bakulnya. Ada apa ya????

Jangan-jangan bandung dan Malang sama-sama kena virus inferior dibandingkan dua kota terbesar di Indonesia itu.

Blogger Brigade Orange Street Boys »
27 April, 2008 00:50  

sebenernya itu ulah sebagian bobotoh (baik viking ataupun bukan) yang mungkin masih terlalu "dungu"...
yah fanatisme kedaerahan emang masih kentel...

tapi emang aneh, kayaknya suporter persija (baik the jak maupun bukan) gak gitu2 amat, walaupun ngeliat mobil plat D di jakarta... (kecuali kalo ada stiker vikingnya, baru deh)...

tapi kalo disana, mobil plat B, pastilangsung aj dirusuhin...

tapi coba laen kali ntn persib maen di tv, pasti tu kata2 anjing sering banget kedengeran...(nanyinya itu2 aja, gak kreatif)... belon lagi spanduk2 menghina kami(ini fakta, bukan karna kita anak the jak)...

hehe...


A.C.A.B

Blogger kakaaditia »
28 April, 2008 14:45  

Yap....biasanya juga the jak begitu...slalu mrasa gak mau kalah, gak percaya? nieh aku copy kata2nya
"
sebenernya itu ulah sebagian bobotoh (baik viking ataupun bukan) yang mungkin masih terlalu "dungu"...
yah fanatisme kedaerahan emang masih kentel...

tapi emang aneh, kayaknya suporter persija (baik the jak maupun bukan) gak gitu2 amat, walaupun ngeliat mobil plat D di jakarta... (kecuali kalo ada stiker vikingnya, baru deh)...

tapi kalo disana, mobil plat B, pastilangsung aj dirusuhin...

tapi coba laen kali ntn persib maen di tv, pasti tu kata2 anjing sering banget kedengeran...(nanyinya itu2 aja, gak kreatif)... belon lagi spanduk2 menghina kami(ini fakta, bukan karna kita anak the jak)...

hehe..."

Ya begitu lah...boleh dong kita pertahanin pendapat kita, toh yang memulai berperang itu juga the jak (Kasus indosiar-siapa berani (yang menang sudah ketahuan kan viking yang lebih berani) jadi dari kasus indosiar juga dah ketahuan siapa yang bisa menerima kekalahan, siapa yang lebih berani dan juga siapa yang pengecut....
AH PERSIB emang segalanya....

Kalo the jak ingin semuanya damai, mereka harus minta maaf terlebih dahulu dan mengakui kekerdilan mereka sendiri...

Permasalah antara viking dan the jak kan di mulai saat kasus indosiar itu, yang justru menunjukkan kekerdilan the jak itu sendiri...

Kalo ada yang membantah dari the jak atas postingan dan comment dari say berarti dia mengakui dirinya sendiri adalah kerdil karena tidak mau mengakui kekalahannya itu...

Sorry....the jak sok bersikap dewasa dengan mengatakan kita kerdil, kampungan, barbar...lah buktinya kalo ada tim yang ke jakarta, mereka juga berlaku sama kan....lihat aja persib datang, kaca bis hancur, suporter lain datang ke jakarta juga sama...

Jadi sebenarnya tetep aja masalah utama ada di the jak...insyaflah kalian, apa tidak cape jadi sampah masyarakat?

Anonymous Anonymous »
20 June, 2008 15:54  

FUCK THE JACK

"Loe The Jack Gue Viking
Loe Ngejek Gue Banting"

Makan ja bantingan gue Anjing!!

Anonymous Anonymous »
01 August, 2008 23:31  

ternyata propaganda orang2 bandung g pernah berhenti untuk menutupi sifat rasisme nya ya...
bukan hanya persija az yng kena teror tapi hampir semua team yang bermain kesiliwangi kena teror. sebenarnya itu permusuhan itu antara PERSIB VS PERSIJA atau PERSIJA VS VIKING atau theJAK vs viking
atau warga bandung vs warga JAKARTA?
tolong jawab?
sebelumnya kami terlalu memusuhi PERSIB bahkan sampai tahun 2005 teman2 dari bomber masih bisa nonton kelebak bulus, tapi kami tak bisa mendampingi PERSIJA dari liga tahun 2001.
elo sakit hati kasus kuis siapa berani tapi lo pernah g ngerasain bagaimana mencekamnya ribut sama satu kota, bagaimana perasaan teman2 gue yang naek patas mayasari P 7A yang tidak boleh menyaksikan pertandingan trus dikepung satu kota..
karena kami hebat az ngelawan jadi g parah kalau kaliankan cuma para pengecut yang panik dalam keributan jadi ada yang parah karena tolol az ribut g ngelawan. dari djamannya robi darwis, ajat sudrajat az g pernah menang apalagi cuma seorang Eka Cebol...
gue g mau debat masalah supporter yang kejakarta yang pasti TIMNAS lawan manapun jauh lebih ramai dari dijalak harupat. tanya sama snex arema dll lah capek nulisnya... yang pasti orang bandung rasis mau duitnya orang jakarta tapi kalau ada apapa selalu meneror warga yg jelas2 buang uang dikota kalian,, CAMKAN ITU

Anonymous Anonymous »
01 August, 2008 23:39  

ternyata propaganda orang2 bandung g pernah berhenti untuk menutupi sifat rasisme nya ya...
bukan hanya persija az yng kena teror tapi hampir semua team yang bermain kesiliwangi pasti kena teror secara phisik. sebenarnya itu permusuhan itu antara PERSIB VS PERSIJA atau PERSIJA VS VIKING atau theJAK vs viking
atau warga bandung vs warga JAKARTA?
tolong jawab?
sebelumnya kami tidak terlalu memusuhi PERSIB atau kota bandung bahkan sampai tahun 2005 teman2 dari bomber masih bisa nonton kelebak bulus, tapi kami apa ? tak bisa mendampingi PERSIJA kebandung dari liga tahun 2001.
elo sakit hati kasus kuis siapa berani tapi lo harus ingat sebelum itu theJak juga ngerasain bagaimana mencekamnya ribut sama satu kota, bagaimana perasaan teman2 gue yang naek patas mayasari P 7A yang tidak boleh menyaksikan pertandingan trus dikepung satu kota..
karena kami hebat az ngelawan jadi g ada parah kalau kaliankan cuma para pengecut yang panik dalam keributan jadi ada yang parah karena tolol az ribut g ngelawan. dari djamannya robi darwis, ajat sudrajat az g pernah menang apalagi cuma seorang Eka Cebol...
gue g mau debat masalah supporter yang dtng kejakarta yang pasti TIMNAS lawan manapun maen dijakarta jauh lebih ramai daripada dijalak harupat. tanya sama snex,singamania, arema dll lah capek nulisnya... yang pasti orang bandung rasis mau duitnya orang jakarta tapi kalau ada apapa selalu meneror warga yg jelas2 buang uang dikota kalian,, CAMKAN ITU

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:59  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:00  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 09:01  

2016-06-25keyun
cheap jordan shoes
louis vuitton bags
nike free 5.0
coach outlet online
cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses uk
louis vuitton outlet
ray ban outlet
true religion jeans
rolex watches
louis vuitton handbags
coach outlet online
michael kors outlet
true religion jeans
insanity workout
timberland boots
jordan retro 4
coach outlet online
celine outlet
louis vuitton outlet stores
louis vuitton purses
ghd hair straighteners
michael kors outlet
louis vuitton handbags
kate spade handbags
toms wedges
ray ban sunglasses
polo ralph lauren
coach factory outlet
hollister clothing
michael kors outlet online
coach outlet clearance
gucci belts
basketball shoes
cheap jordans
nike roshe shoes
asics shoes for women
true religion outlet
mont blanc pen

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by