Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Dilema Pramuniaga

Saturday, December 17, 2005

Meski sering sebal dengan tingkah laku mereka (terutama tatapan curigation-nya), saya menyadari betapa sesungguhnya bekerja sebagai pramuniaga itu susah. Pramuniaga, sebagai yang bersentuhan langsung dengan konsumen, mestilah ramah dan membantu. Ini kan supaya konsumen merasa puas dan semoga kembali datang berbelanja, bukan malah lari ke pesaing.

Di sisi lain, pramuniaga juga mesti punya kesetiaan tinggi kepada perusahaannya. Tapi sejak tidak ada batasan yang jelas antara seberapa membantu dan seberapa setia, seorang pramuniaga akibatnya harus pintar-pintar menjelaskan. Dan mungkin saja itu dilematis. Contohnya yang bekerja di Disc Tarra Dago ini.

"Mas, ada Tompi?" tanya saya.

"Waduh, lagi kosong Mas,"

"Adanya kira-kira di mana lagi dong?"

"Coba ke BSM deh Mas. Mungkin masih ada."

"Oh, BSM ya. Makasih."

Bayangkan. Dia begitu ramah dan membantu (dia menjawab pertanyaan saya tentang tempat lain mendapatkan Tompi). Dia juga menunjukkan kesetiaan tinggi kepada perusahaan (dia menyarankan saya mencari ke Disc Tarra Bandung Supermal yang jaraknya sekitar 10 kilometer).

Saya keluar Disc Tarra, kemudian berjalan kaki ke arah selatan. Melewati Bank Niaga. KFC dan Superindo. Fuji Film. Dan akhirnya sampai di Aquarius. Tidak sampai 100 meter.

"Ada Tompi?"

"Tompi ... ini," kata pramuniaga menunjuk ke CD bersampul putih.

Rencana terlaksana dengan beres. Hahah. Ternyata menjadi pramuniaga Disc Tarra bisa bikin nggak gaul ya. BSM, eh?

8 Komentar:

Blogger great ani »
18 December, 2005 07:43  

mau komentar..tapi engga tahu apa...
ya udah den...kram...nice to know u! ;P

Blogger ikram »
18 December, 2005 12:50  

"Nggak tau mau komentar apa" sesungguhnya adalah sebuah komentar, Ani.

Hehehehe.

Blogger batari saraswati »
18 December, 2005 18:34  

mm... ini toh alasan kenapa tiba2 di dalam tas gw ada kotak putih itu :)

terima kasih.

Blogger Yasmin »
18 December, 2005 18:40  

bat, tar cd nya gue pinjem buat dibajak yap... sory, mxdnya gue copy ke kompu kalo kompu gue udah beres lagi...

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:50  

canada goose jackets
air jordan 4
swarovski jewelry
nike free
tiffany outlet
mont blanc pens
chicago blackhawks
links of london jewellery
true religion outlet
michael kors uk
tiffany outlet
beats by dre
adidas wings shoes
nike trainers
christian louboutin outlet
michael kors outlet online
celine outlet online
ugg boots clearance,ugg australia,uggs on sale,ugg slippers,uggs boots,uggs outlet,ugg boots,ugg,uggs
tiffany and co

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:55  

nike outlet store
true religion canada
michael kors outlet online
louis vuitton handbags outlet
timberland shoes
michael kors handbags outlet
chanel outlet store
ray-ban sunglasses
michael kors outlet
belstaff outlet
michael kors factory store
barbour jackets
ghd uk
nfl jerseys
tory burch outlet online
oakley sunglasses
polo ralph lauren
nobis jacket
new balance shoes
the north face outlet

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:17  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 08:54  

2016-06-25keyun
michael kors outlet online
kate spade
nike roshe run
michael kors handbags
michael kors outlet clearance
kobe 8
louis vuitton outlet
michael kors outlet
longchamp outlet
montblanc pens
ray ban outlet
abercrombie and fitch
cheap oakley sunglasses
louis vuitton outlet
giuseppe zanotti sneakers
toms outlet
kids lebron shoes
cheap toms shoes
michael kors outlet online
retro jordans 13
michael kors handbags
louis vuitton handbags
kate spade outlet
coach outlet store online clearances
gucci outlet online
michael kors outlet clearance
coach outlet online
louis vuitton handbags
nike air max 90
coach outlet
louboutin shoes
coach factory outlet
asics running shoes
michael kors purses
adidas originals store
michael kors outlet
jordan shoes
toms wedges
air max 95

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by