Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Brownies

Thursday, November 24, 2005

Setibanya di airport Cengkareng siang itu, Amelia langsung meluncur ke apartemen tunangannya. Dia kangen sekali Joe. Apalagi hari itu hari ulangtahun Joe. Amelia memutuskan datang diam-diam. Dia hendak memberi kejutan. Tapi malah Amelia yang terkejut.

Didapatinya Joe berada dalam bak mandi bersama wanita lain, telanjang bulat. They were in the middle of something. Joe rupanya punya caranya sendiri merayakan ulangtahun...

Amelia pun terguncang. Didi, sahabat kental Amelia, tak tahan melihatnya berlama-lama galau. Dikenalkannya Amelia pada Are, pemilik sebuah toko buku yang juga seorang pembuat kue brownies yang handal. Cinta pun tumbuh antara Amelia dan Are -- tentu dengan bumbu-bumbu konflik yang menambah ramai cerita.

***

Saya membaca novel "Brownies" lebih dulu daripada menonton filmnya. Kebanyakan kan film diterjemahkan dari novel, tapi "Brownies" mengalami sebaliknya. Ia hadir dalam bentuk film lebih dulu, baru kemudian ditulis ulang oleh Fira Basuki menjadi novel. Untuk pekerjaan ini, Fira memang handal.

Saya merasa membaca novelnya lebih mengasyikkan ketimbang menonton filmnya.

Alasannya menyangkut pemilihan pemain buat beberapa karakter: Are, Joe, dan suaminya Didi. Melihat mereka dan penampilan mereka, imajinasi saya tentang cerita jadi rusak.

Are diceritakan sebagai seorang pembaca buku. Pintar, berwawasan luas. Saat bersama Amelia, dia berceloteh tentang falsafah perempuan Jawa ("dari luar saja terlihat pasrah, tapi dibalik itu semua...") dan laki-laki Jawa ("...yang paling bisanya main judi"). Are juga merepet panjang saat diajak ke mal ("kamu tahu nggak, orang miskin sengaja digusur buat memenuhi hasrat berbelanja orang kaya"). Are tak doyan Mc Donald ("maaf, aku nggak makan makanan kapitalis"). Dan terakhir, Are juga menyuruh Amelia membaca Das Kapital supaya tahu perbedaan antara kapital dan kapitalisme ("kamu baca dulu, baru abis itu kita ngobrol lagi").

Tapi ya ampun, karakter se-sempurna ini malah dipercayakan kepada Bucek Depp.

Joe diceritakan sebagai seorang eksekutif muda. Tampan, putih, bersih. Hasil didikan luar negeri. Bicaranya campur-campur antara Indonesia dan Inggris. Tapi dalam film, pemerannya malah seperti yang mengalami kesulitan berbicara. Jarak antara gigi atas dan gigi bawahnya terlalu dekat.

Suaminya Didi diceritakan sebagai teman SMA Are sewaktu di Jogja. Dia wartawan. Pembaca buku juga, malah dia yang mengilhami Are sehingga membuka toko buku. Sempat bersitegang dengan keluarga Are gara-gara terlalu ikut campur dalam pernikahan mereka.

Tapi ya ampun, karakter se-hebat ini malah diperankan oleh Arie Untung.

Scott McCloud dalam "Understanding Comics" menulis, salah satu hal yang memikat dari komik adalah adanya ruang berimajinasi bagi pembaca. Kalau imajinasi sudah dibatasi, kan jadi tidak asyik lagi. Lebih tidak asyik lagi kalau imajinasi jadi pupus. Bayangan tak sesuai kenyataan. Dan itulah yang saya rasakan saat menonton filmnya.

Oh ngomong-ngomong, Yasmin menulis soal serupa dengan bagus sekali disini.

Terakhir. Ada yang ingat nama suaminya Didi siapa?

34 Komentar:

Blogger Principia »
25 November, 2005 09:45  

eh, yang diperankan Arie Untung tuh Joe apa suaminya DIdi?

Blogger ANDRE »
25 November, 2005 17:31  

gak ngerti....

Jelek ah.

Mendingan lo coba membandingkan novel dari luar yang dibikin versi filmnya, vica versa.
Misalnya kayak novel2nya John Grisham, Tom Clancy, dll
Oh iya, yang paling dekat sih novel Narnia yang bentar lagi dirilis versi filmnya (Narnia: The Lion, The Witch, And the wardrobe)

Eh, tapi kalo film luar yang dibikin versi novelnya apa ya?
Gak tau nih gue

Kalo menyangkut film indonesia, gue no comment deh.

*Kena AFIsm nih*

Blogger ANDRE »
25 November, 2005 17:38  

kram, lo kan masih umur 20 tahun.

masih bersikukuh mempertahankan apa yang tertulis di akte ya??

Blogger ikram »
25 November, 2005 22:03  

Arie Untung jadi suaminya Didi.

Wah Ndre, gua kan mana ngerti perkembangan dunia luar. Elo lah, yang nulis biar gua jadi tau.

Blogger LiLy »
26 November, 2005 10:32  

hai
liat ini dari di demonz adikku
kebetulan saya juga baru kecewa setelah nonton harry potter 4
^o^

Blogger sigit »
26 November, 2005 22:23  

pantesan, nama lo disebut-sebut...

Blogger batari saraswati »
26 November, 2005 22:34  

cie, baru lagi (nada sirik) :p

Anonymous Anonymous »
27 November, 2005 10:12  

Astagfirullah.

Emang sih gw menyinggung-nyinggung soal warna Kram. Tapi gw nggak nyangka bakal begini.

Yah, salut untuk keberaniannya! Semangat! (semangat bikin lagi maksudnya) Hahaha..

-upi

Blogger Yuanita Christayanie »
27 November, 2005 10:29  

Namanya Lilo.

Blogger Yasmin »
28 November, 2005 00:09  

hah, gue baru mau bilang namanya Lilo. udah keduluan kety.
gue belum baca novelnya. dan menurut gue filmnya cukup bagus kok.
mungkin ada untungnya juga yah ga membiarkan imajinasi gue berkembang duluan.

Blogger great ani »
28 November, 2005 14:28  

hm...g ada background yang lebih norak lagi kram?
hehehe

Blogger Principia »
28 November, 2005 16:04  

Ani! Terimakasih sudah mewakili apa yang ada di pikiran gw juga.. Hohohoo..

Anonymous Anonymous »
28 November, 2005 16:35  

ah gak jugta lagi kram..filmnya lumayan juga sih....
cuma emang sih kadang FILM not good as the book..... kaya apa ya??? yah lo gak bisa daept semuanya kan...
NORAK banget sih Backgroundnya

Blogger apriliya »
28 November, 2005 18:00  

ehm...
emang siapa dong yg pantas memerankan tokoh yg kamu bilang "hebat" itu...

seandainya lebih banyak lagi orang didunia nyata yg pola pikirnya seperti Are dan temannya, pasti keren!!!

seperti DIVA di Supernova!!
pola pikirnya nyentrik, berbeda dengan pola pikir orang kebanyakan -pola pikir penjilat-

ada ga ya orang seperti DIVA, ARE dan... ????
ehm...????

Blogger ikram »
28 November, 2005 23:21  

Udah belajar photoshop susah-susah... Dibilang jelek. Nasib.

Eh halo April. Nggak tahu siapa yg mestinya memerankan, tapi intinya, Bucek Depp dan Arie Untung nggak deh.

Pola pikir Are? Nggak bagus-bagus amat ah.

Blogger sangpemerkosa »
01 December, 2005 14:05  

Sedikit berkomentar ya!

Aku tidak setuju saat kau bilang Fira handal dalam me-novel-kan sebuah film. Dia seperti mengedit skenario saja. Mungkin akan sama tingkahnya saat Puthut menyulap sinetron Bunda menjadi sebuah novel. Atau novel lainnya yang berangkat dari sebuah media visual yang populer. Entah! Mungkin aku terlalu cepat menyimpulkan, karena diriku belum sempat (ada kemungkinan untuk tidak) melumat semua buku semacam itu. Hanya satu buku yang berhasil menarik perhatianku: Biola Tak Berdawai. Kagum pada Seno yang menjadikan film itu jauh lebih manis lewat kata-kata indah dan penggantian sudut pandang yang tak terbayangkan sebelumnya olehku. Sekar Ayu juga seh yang membuat skenario filmnya! Tapi akhir-akhir ini aku cukup kecewa pada Sekar, perihal kerjasamanya dengan Multivision-nya Punjabi membuat film Belahan Jiwa yang hanya menjual artis dengan cerita yang purba.

Sebenarnya ini cuma masalah suka atau tidak suka, jadi tidak perlu diperdebatkan. Hehehe

Oiya, aku mengenal blogmu dari kawan yang juga Boulevard. Sungguh bersyukur aku dapat membaca tulisanmu, menelusuri kata-kata dalam ciptamu serasa menghirup aroma keresahan yang sama. Terus menulis!

Anonymous Anonymous »
03 December, 2005 15:41  

...Nggak tahu siapa yg mestinya memerankan, tapi intinya, Bucek Depp dan Arie Untung nggak deh...

Ikram ga solutif deh.

Atau komentator emang gitu Kram?

=D

Anonymous risa »
03 December, 2005 15:42  

eh yg di atas barusan gwa Kram.

x)

Blogger ikram »
06 December, 2005 14:37  

Iya kali ya. Nanti kalo saya kasih solusi, ganti nama jadi solusitator? Hehe.

Halo Sang! Wah, panjang sekali komentarnya.

Kenapa Fira dibilang handal? Sebab, saya merasa membaca novelnya lebih enak dibanding nonton filmnya.

Blogger sangpemerkosa »
07 December, 2005 22:30  

Melihat kata Norwegia di catatan sampingmu mengingatkanku pada novel Norwegian Wood.

Novel yang sadis menurutku!

Pasti kau sudah membacanya.

Oiya, film Brownies terlebih dulu diproduksi kan, sebelum ceritanya dibukukan oleh Fira, jadi wajar kalau kau lebih menyukai novel dibanding filmnya.

Novel Brownies dibuat dengan menyelidiki berbagai hal, salah satu adalah filmnya. Fira tentu melihat (atau mungkin mencari malah) berbagai kelemahan pada filmnya, memahami ceritanya lebih dalam pada beberapa titik-titik adegan, atau semacamnyalah, yang dijadikan bahan penting bagi tulisannya. Menjadikan guratannya akan lebih baik dibandingkan visualisasinya.

Sama halnya jika orang bilang: anak kedua jauh lebih tampan atau cantik dibanding anak pertama, maklumlah anak sulung kala itu masih dalam uji coba.

Blogger ikram »
08 December, 2005 11:45  

"Sama halnya jika orang bilang: anak kedua jauh lebih tampan atau cantik dibanding anak pertama, maklumlah anak sulung kala itu masih dalam uji coba."

Hahaha. Sepakaaat.

Anonymous risa »
09 December, 2005 08:37  

"..anak kedua jauh lebih tampan atau cantik dibanding anak pertama, maklumlah anak sulung kala itu masih dalam uji coba.."

Siapa bilaaannngg??!!!!

Buktinya gwa. Anak sulung hasil uji coba yang sangat berhasil. Hohohohoho... =D

Blogger sangpemerkosa »
09 December, 2005 09:24  

This comment has been removed by a blog administrator.

Blogger sangpemerkosa »
09 December, 2005 09:29  

Aku yang bilang, Risa!

(maaf! terlalu lancang, seolah telah lama mengenalmu)

Dari studi lapangan yang telah dilakukan oleh berbagai peneliti psikologi dan ahli ketubuhan (apa coba!), anak bungsu jauh lebih baik dari segala sisi dibandingkan kakak-kakaknya, apalagi jika mencoba menyetarakannya dengan anak sulung. Ya begitulah, dunia telah lama berbicara, dan kita tak bisa membantahnya. Termasuk kau, Risa. Hehehe

Tapi tenang, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Dengan kata lain, anak sulung bisa lebih cantik atau tampan dibandingkan adik-adiknya, walau menurutku peluang untuk itu sangat kecil. Bisa saja peluang itu menyentuhmu, dan kemudian kau berani berkata bahwa dirimu sangat menarik dibandingkan saudaramu yang lain, yang umurnya lebih muda. Dan yakin bahwa kau adalah hasil dari uji coba yang berhasil. Bisa saja! Toh banyak pula yang bilang bahwa novel Harry Potter jauh lebih baik dibandingkan filmnya, produk yang terencana setelah novelnya ada (Dikarenakan dalam karya J.K Rowling itu memiliki ruang imaji yang sulit dibuka lalu ditunjukkan lewat layar visual)

Sulit sebenarnya, membicarakan sesuatu hal yang unsur relativitasnya sangat tinggi! Tapi tak masalah, sekadar wacana untuk dirundingkan lewat hina, cemooh, serumpat, narsisme, ketidaktoleransian, dan setelahnya tertawa melihat kemenangan diri.

Salam kenal!

Anonymous Anonymous »
11 December, 2005 17:54  

Baik buruk cantik jelek ganteng biasa bagus cupu kan tergantung siapa yang menilai...

Ya kaaaan?

Dan untuk kasus Risa, gua setuju kok kalo Risa adalah "anak sulung hasil uji coba yang sangat berhasil".

:)

Ikram

Anonymous risa »
12 December, 2005 18:53  

tuhh kann benerr!!!!

wakakakakakkk...

*narsis mode:on*

xD

Blogger ranee dkv '04 hahaha »
17 December, 2005 11:49  

GW NULIS KAPITAL BIAR KETAUAN GW BR NGEPOST COMMENT

ARIE KEREN AH DIA BS BERPERAN JD COWOK KEREN GITUUU..... GW SI NONTON FILMNYA, TP GK REPOT NGEBANDINGIN MA BUKUNYA (NGAPAIN BACA BUKU KALO UDAH LIAT FILM)

filmnya bagus tau, apalagi pas adegan cafe mw launching, kamera panning gt, kecuali gw gk suka marcella

ya, dulu2an aja yg keluar, tp gw masih pro ari untung, lucu ah.... eh terus dia married beneran (terrrus..????)

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:59  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:50  

canada goose jackets
air jordan 4
swarovski jewelry
nike free
tiffany outlet
mont blanc pens
chicago blackhawks
links of london jewellery
true religion outlet
michael kors uk
tiffany outlet
beats by dre
adidas wings shoes
nike trainers
christian louboutin outlet
michael kors outlet online
celine outlet online
ugg boots clearance,ugg australia,uggs on sale,ugg slippers,uggs boots,uggs outlet,ugg boots,ugg,uggs
tiffany and co

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:54  

nike outlet store
true religion canada
michael kors outlet online
louis vuitton handbags outlet
timberland shoes
michael kors handbags outlet
chanel outlet store
ray-ban sunglasses
michael kors outlet
belstaff outlet
michael kors factory store
barbour jackets
ghd uk
nfl jerseys
tory burch outlet online
oakley sunglasses
polo ralph lauren
nobis jacket
new balance shoes
the north face outlet

Blogger Wenhao Guo »
12 December, 2015 14:10  

ugg outlet
ugg boots
moncler outlet
canada goose jackets
belstaff jackets
woolrich outlet
barbour coats
parajumpers coats
wellensteyn jackets
canada goose jackets
nobis outlet
barbour coats
moncler jackets
black friday deals
black friday 2015
cyber monday deals
cyber monday 2015
winter coats
winter jackets
snow boots
ugg boots
ugg outlet
ugg outlet
ugg sale
ugg australia
discount ugg boots
cheap ugg boots
michael kors factory outlet
canada goose outlet
canada goose jackets
canada goose jackets
canada goose outlet
ray ban sunglasses
cheap ray ban sunglasses
coach outlet store
swarovski outlet
achang1212

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by