Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Buat Soetrisno Bachir

Thursday, August 25, 2005

Bapak Soetrisno Bachir,

Saya sedang menonton konser grup musik GIGI malam tadi lewat TVRI. Mereka memang sengaja tampil eksklusif untuk perayaan hari ulang tahun TVRI ke 43. Sungguh sebuah konser yang bagus. Armand Maulana, seperti biasa, berjingkrak-jingkrak bernyanyi dengan suaranya yang dibikin parau. Dewa Budjana, meski sesekali kelihatan nyengir, tetap saja tampil kalem. Permainan gitarnya jangan ditanya, sungguh apik. Begitupun Thomas sang pemain bas. Juga si pemain drum, yang saya tak tahu siapa namanya.

Intinya, saya terhibur menonton mereka, Pak.

Tapi di saat jeda, ada sebuah tayangan ini. Dibuka dengan nasihat seorang ibu pada anaknya, dan ada orang-orang mengeluh.

"Nak, sekolah yang bener ya, bayar sekolah sekarang mahal,"

"Jaman sekarang, apa-apa mahal."

Lantas ada seorang perempuan sedang menjemur pakaian ikut menimpali.

"BBM dipikirin. Bikin pusiiing!"

Sampai disini, saya pikir ini adalah iklan layanan masyarakat biasa. Soalnya, tipenya mirip iklan layanan harga BBM, listrik, atau pilkada: norak. Anda tahu kan, isinya kebanyakan keluhan -- atau setidaknya reaksi negatif -- yang nantinya ditutup dengan datangnya seorang protagonis (biasanya Pak Lurah, atau Camat, atau mungkin malah Nabi) yang datang membawa harapan dan optimisme.

Begitu pula dengan tayangan ini, Pak. Sekarang kamera menyorot wajah bapak-bapak di warung, yang lagi pada murung. Lantas datang tokoh protagonis kita. Dia lalu berseru "Yang sudah, sudah" dengan bijaknya. Dia membawa optimisme persis seperti iklan-iklan layanan masyarakat itu.

Dia adalah anda, Pak.

Soetrisno-Bachir-Sarjana-Ekonomi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

Dan malam itu, keasyikan saya jadi hilang, Pak. Saya merasa terganggu melihat anda, entah apa maksudnya, tiba-tiba nongol menjadi tokoh protagonis kita -- membawa harapan dan optimisme -- di jeda konser GIGI. Tidak hanya sekali, namun beberapa kali.

Oh, saya hampir lupa, Pak. Saya lebih merasa terganggu lagi ketika melihat logo partai yang anda pimpin muncul di akhir iklan. Kalau tak salah ingat, jargonnya begini: PAN -- selalu yang terdepan.

Saya sadar bahwa sekarang adalah musim pilkada. Dan ini hajatan besar buat kalian partai politik yang ingin jago kalian menang dalam lomba itu.

Tapi tolonglah Pak, kalau mau curi-curi kampanye, yang elegan sedikit. Jangan terlalu ketahuan orang awam seperti saya. Jelek ah.

Saya,
Ikram Putra

------
TVRI: Televisi Republik Indonesia
Pilkada: Pemilihan Kepala Daerah
BBM: Bahan Bakar Minyak

31 Komentar:

Blogger Novasyurahati »
26 August, 2005 07:42  

ng.. bener itu hut RI ke 43?mang saat itu dah ada pilkada dan PAN?hehe.. koreksi dikit ;b
btw, really nice thoughts you have, gue banyak belajar dari lo! thanks ya :)

Anonymous Anonymous »
26 August, 2005 10:47  

ada dendam apa kram ama PAN ;)

Anonymous Anonymous »
26 August, 2005 10:47  

ada dendam apa kram ama PAN ;)

Anonymous Anonymous »
26 August, 2005 20:46  

biasa aja sih sebenarnya, namanya juga kampanye. mau pilkada atu pemilu yang high costly. lagian juga ngebantu TVRI (dengan iklan) yang sekarang sekarat. partai yang lain biar iukut rame2 bantu, kan asyik. TVRI kita jadi eksis lagi. lumayan buat rakyat di pelosok2. he..3x

Anonymous Anonymous »
26 August, 2005 23:55  

hallo kram g dateng lagi ni.... hahahaha tau kan sapa g ? biasa lah tmn andre hehehehe... hik hik hik.... tp skrng g dah ga jualan itu lagi deh wakakakakakakakak...

Blogger ikram »
27 August, 2005 00:20  

Halo Nova. Maksudnya itu ulangtahun TVRI, ke 43. Bukan HUT RI. Makasih ya dah main2 kesini :)

Adi, justru karena tadinya sempat suka sm PAN -ya, gara2 figur Amien Rais sih- makanya skrg kecewa lihat SB kok gitu.

Iya sih Trian, kalo memang masanya kampanye ya gpp. Eh emang skrg lg masa kampanye apa bukan sih? Di tiap daerah kan beda2.

Anonymous, oke deh. Gua seneng kalo lo nggak jualan itu lagi :)

Anonymous Anonymous »
27 August, 2005 00:40  

eh! blog lo dah ga sepolos kmaren2 niy.

Anonymous Anonymous »
29 August, 2005 13:14  

warnanya bagus? biasa aja ahh... syalan lo ngatain gw patkaaay!!!!!

Blogger Beni Suryadi »
30 August, 2005 10:15  

kram..lu jangan asal coment..ntar kalo lu tiba'' ilang dari peredaran..ntar pasti pak SB yang dicurigai polisi....
btw sekarang jadi komentator nie..komentator yang mahasiswa atau mahasiswa yang komentator..hehehe

Blogger 18november »
30 August, 2005 11:59  

lumayan nih warnanya skrg. tapi fotonya nggak banget.

Anonymous Anonymous »
30 August, 2005 16:50  

Semua orang juga bisa kalau kasih komentar. Bangga pula nulis pekerjaan sebagai komentator. Bisa-bisanya.....

antiikram

Blogger Novasyurahati »
30 August, 2005 18:44  

whuehue.. maap.. saya yang salah baca ;)

Anonymous Anonymous »
30 August, 2005 19:25  

kram, lucu juga tuh iklan... btw, kapan yah tepatnya? bulan ini? atao taon kemaren? oyah, copyright tuh, itu kan yang moto gue hehehe
-mas adi-

ps. adi siapa yah?

Anonymous Anonymous »
30 August, 2005 19:36  

Terima kasih, Dik.
Masukan Adik sangat berharga untuk kemajuan bangsa ini. Akan saya pertimbangkan.

Anonymous Anonymous »
30 August, 2005 20:05  

iya deh, yang layout blognya bagus..

Anonymous Anonymous »
30 August, 2005 20:50  

de ikram,pa SB itu bagus ko. percaya deh, saya udah kasih restu dia.

Blogger ANDRE »
30 August, 2005 21:02  

seperti biasa...
membaca blognya ikram merupakan hiburan tersendiri bagi gue.

Anonymous Anonymous »
31 August, 2005 12:59  

kram..tu serius yang comment pak SB ma Amien Rais beneran??? wah keren deh kram..ga salah nie gw minta lu yang ngisi materi ntar

penggemarblogikram \(*_*)/

Anonymous Anonymous »
02 September, 2005 01:21  

eh kram..

"dia" apa kabar?

Anonymous Anonymous »
02 September, 2005 01:30  

Iya, ini saya, beneran lho. Adik anonymous juga pengen tanda tangan saya? Anyway, kalo jadi penggemar blog Ikram berarti Adik harus liat blog saya dulu yach. Otreh? Ciaoo...

Blogger Beni Suryadi »
03 September, 2005 07:34  

ah...yang bener nie pak?
kalo beneran coba tebak kapan pak Amin terakhir ke kampus saya....waktu itu saya sempat kenalan dan photo bareng beliau lho pak...

jawabannya ditulis di sini aja..soalle bapak pasti ga tau nomor hp saya... ;)

Anonymous Anonymous »
06 September, 2005 18:25  

hahaha. ada ada. email lo mane?

Anonymous Anonymous »
08 September, 2005 12:03  

akhekakkakkka
males ah
sibuk.
pacaran.
kekekeke.
ngga ding.

Anonymous Anonymous »
11 September, 2005 13:10  

huwahahahahah
mana cdnya?

Anonymous Anonymous »
11 September, 2005 17:22  

kram.. eleuhhh meni rame ya.. aya pejabat sagala nu comment.. tapi gwe setuju lah!! inget gwe ga? anak bio yang menclok di kelas kimia TPB lo? kapan2 berkunjung ke blog gwe ya http://amelnyaglitter.blogspot.com

Anonymous Anonymous »
12 September, 2005 12:23  

kram, layoutnya baru lagi. fotonya bagus.

Anonymous Anonymous »
12 September, 2005 18:01  

suka deh layoutnya yang skarang. simple. bagus warnanya. fotonya juga. daripada foto yang kmaren. heuheuheu...pisss..

btw, untung ada friends kram x)

Anonymous Anonymous »
12 September, 2005 18:04  

oiah! kok posting terbarunya ga bisa dikomen? hheemm...

ngaku dosa apa siiiiiyyyy???

-yang lagi usil-

Blogger ANDRE »
12 September, 2005 21:26  

"In the beginning was the Word"
-John 1:1-

Nice quote!!!

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:51  

cheap nfl jersey
michael kors canada
tiffany outlet
moncler outlet
bottega veneta outlet
hollister clothing
ray-ban sunglasses
nba jerseys
ralph lauren outlet
uggs outlet
ugg boots
chanel handbags outlet
uggs outlet
fitflops outlet sale
north face outlet
nike free 5
mac cosmetics
hollister canada
wedding dresses uk
north face jackets

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by