Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Obrolan Omprengan dan STNK Batari

Tuesday, June 14, 2005

Mengapa saya suka naik omprengan?

Pertama, saya jelas terbantu dengan adanya moda transportasi umum semi-privat ini. Soalnya, mereka menyediakan trayek langsung ke dekat tujuan saya. Misalnya Senen, Kuningan, atau Slipi. Tarifnya Rp. 6 ribu. Ketimbang mesti menyambung angkot/bus berkali-kali, mending saya naik yang 'straight forward' begini. Tak banyak basa-basi atau dan mengangkut penumpang. Ongkos pun jadi relatif murah.

Saat saya mau ke Pantau, misalnya, saya tinggal naik yang ke Slipi. Turun di bawah jalan layang (trayeknya memang habis disitu), lantas menyeberang dan naik Mikrolet 09 ke arah Kebayoran Lama. Mudah. Praktis.

Kedua, kondisi fisik mobilnya terawat. Ini mungkin tak ada kaitan langsung, tapi saya suka naik mobil yang bagus-cum-terawat. Paling tidak, ada semacam perasaan aman bahwa saya akan sampai tujuan. Transportasi umum jangan diharapkan bakal begini.

Ketiga, suasananya. Isi perut sebuah omprengan rata-rata pekerja kantoran. Mereka rapi dan wangi pagi-pagi. Semua pasti sudah mandi. Beberapa masih muda dan lumayan cantik... sampai saat mereka tertidur sepanjang perjalanan. Idih. Itu pemandangan bikin saya enek. Pernah ada yang tidur bergaya sakit gigi -- tangan menopang dagu; ada yang hampir rebah; dan ada pula yang mendongak. Mungkin ibu itu takut ngiler ya :)

Tapi dibandingkan pemandangan dalam bus? Waduh, tahu sendiri kan, segala macam manusia ada di dalam bus. Dari pekerja kantoran sampai mungkin pencopet. Dan belum tentu semua sudah mandi -- supir dan kenek kan jenis manusia yang paling jarang mandi. Dan saya itu orangnya paling tak bisa tenang jika saat saya duduk (dengan lutut ditekuk, jarak antar bangku sempit), ada orang lain berdiri terlalu dekat dengan saya hingga hembusan nafasnya terasa ke kulit saya. Adoooohh!

Keempat, nah ini yang nggak selalu terjadi. Di omprengan, dengan supir seorang pekerja kantoran juga, pembicaraan di jalan bisa menjadi hal menarik untuk didengarkan. Saya suka tertarik mendengarkan bagaimana dari sekedar basa-basi, pembicaraan berangkat ke arah serius. Politik. Ekonomi. Hukum.

"Lihat tu Pak," kata si supir suatu pagi.

Dia menunjuk Fiat Uno warna merah yang ada di depan kami. Fiat itu mungil, dan melaju centil karena merahnya itu.

"Itu mobil tahun tujuh tiga tu Pak. Masih bagus sampe sekarang," katanya lagi.

Orang di sebelah supir, yang menurut norma-norma kesopanan adalah orang pertama yang mesti melibatkan diri ke percakapan, hanya ho-oh saja.

"Itulah mobil Eropa. Dia nggak bikin buat ngejar kuantitas. Tapi kualitas yang penting. Lihat saja, tiga puluh dua tahun masih bisa jalan! Beda sama mobil sekarang,"

"Kadang saya suka heran ni Pak. Katanya kita ini modernisasi, pembangunan, globalisasi, segala macam. Tapi apa bener Pak, kehidupan jadi lebih baik?"

"Lebih baik gimana?" kata orang sebelah.

"Kalo dulu, barang-barang mahal. Tapi kalo kita punya duit, kita bisa dapet. Sekarang beda. Tetap mahal, tapi kita belum tentu dapet. Ya nggak?"

Mereka berdua rupanya memperbincangkan fenomena beli rumah yang bahkan rumah itu belum ada. Jadi si peminat bayar uang muka, bayar setoran tiap bulan, lantas hingga lunas pun, rumah belum selesai dibangun. Entah karena pemborong malas, atau duitnya keburu dimakan sendiri. Itu pun masih bagus, daripada pemborongnya kabur bersama duitnya. Soal mobil juga begitu.

"Sekarang mobil sudah dibayar, boleh dibawa pulang. Tapi STNKnya belum ada. Kan percuma. Repot kita. Kalo dulu kan kita bisa pake plat yang dasarnya putih trus tulisannya merah itu."

Saya tersenyum diam-diam. Soalnya saya jadi ingat Batari.

Jadi, Batari pergi ke BSM, dan disana kehilangan karcis parkir. Aturannya, dia mesti bayar denda kehilangan karcis sekaligus menunjukkan STNK (bukti bahwa itu mobil benar punya dia). Tapi saya baru tahu, kalau STNK buat mobil itu belum ada. Plat mobil yang ditempel di Aveo itu punya mobil lain.

"Kram, mati gw. Mobil ini gak ada STNKnya."

***

Ah, cerita lengkapnya tanya aja sendiri deh sama dia.

Soalnya, ini kan ceritanya tentang mengapa saya suka naik omprengan. Hehehe.

20 Komentar:

Blogger ANDRE »
14 June, 2005 19:33  

Omprengan apaan sih????
Gawat nih gue yang kayak gini aja gak tau...

Blogger ikram »
14 June, 2005 19:49  

Itu tuh. Mobil pribadi yang rela dibajak dengan tarif 6 ribu per kepala. Lumayan buat ganti bensin dan uang tol. Bisa buat kerjaan sampingan juga loh. Beberapa supir itu sebenarnya beneran "supir". Trayek habis, dia balik lagi ngompreng. Bisa dua-tiga rit sehari. Belum lagi pas sore, jam orang pulang kantor. Wuaah, lahan basah deh pokoknya.

Tertarik mencoba?

Blogger ANDRE »
15 June, 2005 21:34  

why don't you?

Blogger batari saraswati »
17 June, 2005 09:18  

ih... ikram. kalo polisi yang waktu itu mau nangkep gw baca ini, kan jadi ketauan mobil itu bener2 ga ada stnk nya..

truntum? hehehe. no comment ah.

kram, mandi kraaaam!

Anonymous hapsari »
17 June, 2005 10:56  

kram, nebeng ksh komentar y ^^

justru itu keasyikannya naik bus..smuanya kliatan 'hidup'..
dari mulai yg belum mandi (ah, tp kt syapa supir dan kenek itu orang yg paling jarang mandi? mahasiswa klo telat jg bisa jd ga mandi kok ;p) ampe ngeliat pencopet beraksi..

ini bisa jadi hiburan tersendiri..dan bukannya hidup jd lebih menarik dgn ngeliat yg 'aneh2' gt y?haha..

Blogger ikram »
18 June, 2005 23:44  

Andre, gua nggak tertarik. Nyupir buat diri sendiri aja udah meletihkan. Apalagi ada orang banyak di mobil. Belum lagi kalo gua kelupaan bawa STNK (gua pernah). Nggak deh, thanks.

Batari, sori deh kalo gitu. Gua soalnya kan gak tau, kalo polisi skrg pada blogger juga :)
*Hey, you stole my words!

Hapsari, halo! Silakan2 nebeng. Tapi Sar, tanpa ngeliat yang aneh2 itu, hidup gua juga udah cukup aneh ah?

Blogger gilang desti parahita »
19 June, 2005 12:12  

Kalau obrolan di bus?

Blogger ikram »
19 June, 2005 23:13  

Belum pernah memperhatikan obrolan di bus... Lebih sibuk mengawasi barang-barang pribadi soalnya Gil :)

Anonymous Irfan »
23 June, 2005 09:17  

Kram! Ga usah sok higienis deh.
Kayak loe mandi tiap hari aja!

Blogger ikram »
24 June, 2005 21:18  

Wahai Irfan... Kok buka kartu sih? Buruan bikin blog. Ntar gua tulis semua aib loe! Haha :p

Blogger sherlanova »
27 June, 2005 12:26  

Kraaaaaaaaaaaaam,

Daku mo belajar dari Ikram tentang jalur omprengan di Jakarta. Biar kate kite orang Jakarte, daku blom tau jalur-jalur omprengan di sono.

Terimalah murid ini, Guru...

Blogger ikram »
27 June, 2005 23:12  

Ales, bentar2. Jangan langsung berguru dong, ntar gua ketahuan kalo bertumpu pada omprengan!

Omprengan itu ada kan by demand. Kalo di deket rumah gua, jurusannya ada yang ke Kuningan, Slipi, Komdak, trus apalagi ya.. Aduh maaf nggak lengkap nih data-nya. Abis biasa naik yg ke Slipi doang sih :)

Emang jadi pengen naik omprengan ya?

Anonymous Anonymous »
26 May, 2010 19:29  

Salekum smuanyaa... Duhh.. Gw lg nyari omprengan dari kalibata - scbd/bej deh. Butuh immediately nih. Ada yg bs rekomen ga ?? Kalo iya, kabarin ke email gw ya aretha.krishnamurti@yahoo.com. Tengs all..

Anonymous obrolan »
30 August, 2010 07:31  

Really great post. You do a really great job. Thank you for posting.

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:58  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:03  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:11  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:53  

ferragamo outlet
christian louboutin shoes
coach outlet
wellensteyn outlet
tods outlet
nike air huarache
swarovski outlet
true religion jeans
ray-ban sunglasses
louis vuitton handbags
camisetas futbol baratas
ferragamo outlet
nfl jersey wholesale
polo shirts
michael kors outlet online
louis vuitton,borse louis vuitton,louis vuitton sito ufficiale,louis vuitton outlet
lebron shoes
michael kors outlet online
michael kors outlet
the north face outlet
1204minko

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:53  

ferragamo outlet
christian louboutin shoes
coach outlet
wellensteyn outlet
tods outlet
nike air huarache
swarovski outlet
true religion jeans
ray-ban sunglasses
louis vuitton handbags
camisetas futbol baratas
ferragamo outlet
nfl jersey wholesale
polo shirts
michael kors outlet online
louis vuitton,borse louis vuitton,louis vuitton sito ufficiale,louis vuitton outlet
lebron shoes
michael kors outlet online
michael kors outlet
the north face outlet
1204minko

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by