Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Wiyono Ngambek Sebab Tak Paham

Friday, March 11, 2005

Ikram Putra
Boulevard ITB

SAUDARA Wiyono, seorang yang sedang bertarung memperebutkan kursi presiden KM-ITB, menggugat SELASAR dalam sebuah hearing kampanye. Menurutnya, mingguan ini telah berkampanye gratis bagi kandidat yang lain, Muhammad Syaiful Anam. Ia lantas meminta kejelasan dari tiga pihak: Anam, panitia pelaksana pemilu, dan kami. Sebelum ada kejelasan, Wiyono emoh menjawab pertanyaan selama hearing.

Pembaca, penyebab Wiyono berbuat ini adalah rubrik kami "Suara Kamu" yang bertanya pada publik siapa yang mereka akan pilih pada pemilihan presiden KM tahun ini. Ada dua orang yang dengan lugas menyatakan pilihannya -mereka akan memilih Anam. "Suara Kamu" adalah rubrik yang menampung sms-sms masuk sebagai respon atas pertanyaan kami. Seperti polling pendapat.

"Sesuai etika jurnalisme," kata Wiyono pada saya, "seharusnya SELASAR tidak menyiarkan itu, karena bisa menggiring opini publik."


SAUDARA Wiyono ngambek sebab dia tidak paham tugas-tugas jurnalisme yang kami usung. Ada sembilan elemen jurnalisme, sebagaimana dirangkum Kovach dan Rosenstiel dalam buku Sembilan Elemen Jurnalisme, 2001. Salah satunya adalah "jurnalisme harus menyediakan forum publik untuk kritik maupun dukungan warga". Dan butir inilah yang kami coba lakukan, dengan menyiarkan sms-sms yang sampai kepada kami.

Agar lebih fokus, tiap minggunya kami melempar pertanyaan terbuka yang berbeda-beda. Pertanyaan yang berbuntut gugatan itu sendiri berbunyi: Siapa yang Anda dukung menjadi presiden KM 2005-2006?

Jikalau ini sungguh bisa "menggiring opini publik" (yang adalah esensi kampanye), maka pertama-tama kami patut berterimakasih pada tudingan itu. Itu artinya, Wiyono percaya pembaca memperhatikan kami dan percaya bahwa apa-apa yang kami sampaikan benar adanya.

Tapi kemudian saya harus minta maaf kepada Wiyono, karena tidak semudah itu. Kami di sini melayani pembaca ITB yang cerdas. Mereka, saya yakin, tidak lantas dengan mudah "tergiring" hanya karena dua baris kalimat di "Suara Kamu". Maaf, saya harus katakan bahwa saya kecewa terhadap tudingan Wiyono, yang secara tidak langsung mengatakan pembaca kami bodoh -- dalam hal menjatuhkan pilihan.

Apapun pilihan pembaca, itu menjadi hak mereka sepenuhnya. Kami hanya menyajikan informasi agar mereka bisa merdeka dan bebas menentukan pilihan. Termasuk juga informasi tentang gugatan Wiyono. Itu semua kami sampaikan, namun kami tak ada urusan dengan pilihan akhir mereka.


SAUDARA Wiyono ngambek sebab dia tidak paham etika jurnalisme. Mari kita tengok Kode Etik Wartawan Indonesia butir (4) yang menyebutkan hal-hal apa saja yang tidak boleh disiarkan.Yakni, "...bersifat dusta, fitnah, sadis dan cabul, serta tidak menyebutkan identitas korban kejahatan susila."

Pembaca, sama sekali tidak ada butir yang melarang menyiarkan informasi yang "menggiring opini publik". Sejauh itu kebenaran, maka itulah yang kami siarkan. Dan itu adalah etika jurnalisme SELASAR. Jika kami tidak menyiarkan sms-sms itu (sebagaimana yang Wiyono mau) maka justru saat itulah kami mengkhianati elemen jurnalisme "forum publik" tadi.

Saya sudah mengecek kepada Maya Irawati, Pemimpin Redaksi SELASAR, dan sms-sms itu ada. Bukan dusta.


SAUDARA Wiyono ngambek sebab dia tidak paham cara menyelesaikan masalah ini. Andai ia tahu akan adanya Hak Jawab, tentu acara hearing tak akan sempat mandek. Tentu Muhammad Syaiful Anam tak perlu repot memberi klarifikasi. Tentu Jalu Pradhono -- ketua panitia pemilu -- tak perlu membuat surat klarifikasi bersama.

Segala macam keberatan terhadap isi sebuah media, semestinyalah ditujukan kepada media itu. Dalam kasus ini, Wiyono hanya tinggal menuliskan mengapa ia keberatan beserta argumennya. Nanti, kami akan muat. Wiyono tak perlu ngambek. Tak perlu mengumbarnya di hadapan publik, apalagi dalam sebuah forum yang sama sekali bukan tempatnya. []

10 Komentar:

Blogger ANDRE »
14 March, 2005 16:43  

you rock, pal!

Anonymous Anonymous »
14 March, 2005 19:49  

Kenapa SELASAR tidak sekalian bikin riset publik saja, lebih metodologis, ilmiah, dan lebih minim bias.
Saya rasa SMS hanya cocok untuk permasalahan yang sifatnya umum, bahkan tidak diberi pertanyaan sama sekali. Hanya penyampaian uneg-uneg pembaca.
Dan Wiyono itu norak banget, ia sudah bikin citra baru.

Blogger ikram »
14 March, 2005 21:37  

Terimakasih untuk para komentator tetap saya...

Andre: Thanks. Menulis sambil menyimpan kegundahan hati memang membuat tulisan kita lebih "nyolot". Hehehe. You know lah why.

Gilang: Waduh mbak, nanti SELASAR bersaing dengan Balkon atau Jurnal dong, pake survey2an segala. Kami kan tidak pengen segitunya. Ini pertanyaan bebas: Siapa yang Anda dukung? Ada yang jawab syukur nggak ada juga nggak apa. Namanya juga forum publik, toh?
Gil, jgn beropini tentang Wiyono disini. Nanti dia ngambek lagi! Wuahahahaha.

Anonymous Anonymous »
07 March, 2007 08:33  

This is very interesting site... Atlanta ga removal spyware percocet vioxx dilaudid

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:57  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:03  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:06  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:10  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:47  

ferragamo outlet
tiffany and co
michael kors handbags
north face outlet
ugg boots
rolex watches
ralph lauren outlet
marc jacobs
coach outlet online
abercrombie and fitch
gucci,borse gucci,gucci sito ufficiale,gucci outlet
michael kors outlet
cyber monday 2015
michael kors handbags clearance
cheap jordans
swarovski crystal
uggs outlet
swarovski outlet
cheap ray ban sunglasses
ralph lauren outlet
basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes

Anonymous Obat Tradisional Cedera Lutut/Keseleo Lutut »
11 April, 2018 09:43  

It is great to have visited your website. Thanks for sharing useful information. And also visit my website about health. God willing it will be useful too

Cara Mengobati ruam Kulit pada Bayi
Pengobatan Kaki Bengkak secara Efektif
Cara Menghilangkan Benjolan di Kepala
Obat Pelancar Haid paling Ampuh
Cara Mengatasi Mata Bengkak
Obat Herpes Zoster
Pengobatan Alternatif Penyakit Hepatitis

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by