Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Olahraga Otak di Kantin

Friday, December 03, 2004

Kamis siang itu, saya – seperti biasa – menghabiskan waktu di depan komputer Zaki (yang diberdayakan di Boul). Saya sebenarnya sudah lapar, tapi malas makan sendirian. Saat itu, Akbar datang.

“Udah makan, krom?”

“Belum. Makan yok bar?”

“Gua sih udah.”

Sialan. Kalau memang sudah makan, apa gunanya bertanya dengan nada mengajak!

Saya putuskan segera beranjak ke KBL. Tak mau lagi menunda-nunda, soalnya tadi pagi limbah harian saya sudah menunjukkan tanda-tanda ketidakberesan pencernaan. Akbar pun ternyata juga mau ke KBL.

Disana saya bertemu Efri, alumni Boul. Ternyata dia baru saja ke sekre dan tiada orang disana. Tak sempat saya tanyakan maksud kedatangannya, dan langsung saja mengajak ngobrol sambil makan. Mulainya, dari “perkembangan terbaru kampus”.

Artinya, apa kabar Kusmayanto Kadiman, menteri ristek kita itu?

Lalu kami berlanjut ke soal tabloid edisi 50. Efri banyak mengomentari isi dan isu. Dia dengan tepat menebak bahwa kami bekerja terburu-buru. Tujuh hari persisnya.

“Gua suka tulisannya. Bersih, dan nggak kaku.”

“Thanks. Gua juga paling puas ama terbitan kali ini.”

Dan berlanjutlah pembicaraan kami siang itu. Sebagai ritual sehabis makan, saya hisap Lucky Strike milik Akbar. Satu batang. Dua batang. Sehabis itu, Akbar bilang dia mau pergi. Entah karena tak tertarik dengan diskusi dadakan kami, entah karena takut lama-lama rokoknya habis saya mintai.

Namanya juga dadakan, topik diskusi ngalor-ngidul kemana saja. Soal potensi anak Boul 2004. Soal muker yang akan berlangsung Sabtu-Minggu (4-5/12) di rumah Kety. Dan yang lumayan seru: soal fenomena kutu loncat di arena pemilihan rektor.

Saya ceritakan bagaimana semalam saya berdebat dengan Zaki, membicarakan masalah ini. Zaki tahu, saya sangat tidak menyukai mereka yang menjadikan pemilihan rektor sebagai ajang menaikkan gengsi, mengukur kepopuleran, dan menggadaikan jabatan sekarang untuk meraih tahta rektor. Saya benci mental itu. Kalau memang mau jadi rektor, tolong ya letakkan jabatan yang Anda pegang sekarang!

Soalnya, mereka yang sedang menjabat dan – pada saat bersamaan – ingin jadi rektor, sudah berkhianat terhadap jabatannya sekarang. Kemana komitmen mereka dulu, ketika maju jadi ketua departemen, sekretaris departemen, ketua senat akademik, atau apapun lah?!

Kini, bisa-bisanya mereka mengaku punya komitmen akan memberikan yang terbaik bagi ITB. Sekarang saja komitmen mereka terbukti rendah. Begitu ada kesempatan jadi rektor, langsung disambar...

Efri banyak diam ketika saya melancarkan argumen dengan nada tinggi. Sisa-sisa debat semalam masih membekas di benak saya. Diaa sesekali menimpali, tapi tetap bisa menahan diri agar tidak merangsang suara saya naik satu oktaf lagi. Saya terus berceloteh, sampai sadar sendiri kerongkongan saya kering.

Ah, kebiasaan berteriak saat membahas sesuatu yang menarik ini masih sulit juga saya hilangkan.

Kini giliran Efri. Dia bercerita tentang masa-masa kejayaannya di Boul. Mendapat sumbangan seribu dolar Amerika. Menerbitkan tabloid hanya berdua dengan Rendra. Setiap masa memang menyimpan cerita tersendiri, yang pasti bisa dibanggakan.

Dari tempat saya duduk, saya melihat Kety sedang berada di dekat situ. Dia saya panggil supaya berkenalan dengan Efri. Tak lama, datang Bintang. Lalu, Zaki pun bergabung. Jadilah kami berlima disana. Sekarang, topik bergeser ke yang lebih ringan.

Awalnya dari kesenangan Kety membaca novel-novel karya Fira Basuki. Saya menyampaikan tuduhan bahwa novel-novelnya itu bermuatan. Saya curiga Fira membuat pembaca akrab kepada room sharing, dan permisif terhadap free sex. Kety membantah tuduhan saya. Dia menikmati karya Fira dan bersikap biasa saja, tak terpengaruh.

Kami lantas menggeser topik lagi. Kety, yang pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, mengajak bermain di isu virginitas. Kami ladeni. Eh, Zaki malah jadi objek interogasi: apakah dia menuntut calon istrinya masih perawan? Efri – dengan kematangannya – berhasil “menjebak” Zaki. Satu pernyataan bagus keluar dari mulutnya. Ah, tak tega saya tuliskan di sini.

Satu lagi, isu feminisme juga sempat kami bahas. Berikut derivatifnya, metrosexual stuff. Kami meraba-raba, metroseksual sengaja dihembuskan untuk meningkatkan penjualan produk kecantikan. Jika perempuan berdandan, dan pria juga dibikin nyaman bersolek, maka produsen kosmetik yang senang, bukan?

Apapun, akhirnya saya sadar telah berada di kantin itu selama sekitar lima jam. Saya duduk, merokok, bercanda, berdiskusi (dengan sedikit ngotot), dan yang terpenting: olahraga otak. Tak terbayangkan betapa menyenangkannya aktivitas yang satu ini, dibanding hanya sekedar menonton televisi dan mengamati tayangan gosip.

Betapa asyiknya bisa bertukar pikiran, mendengar sudut pandang lain, berlatih merumuskan argumen, yang bermula dari percakapan sederhana!

Ah, saya tak sabar lagi menunggu kedatangan Efri selanjutnya. Apa mungkin, olahraga otak bisa semenyenangkan itu, tanpa dia? Lebih baik saya coba.

4 Komentar:

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:57  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:48  

babyliss flat iron
ugg boots on sale
discount oakley sunglasses
oakley,occhiali oakley,oakley italia,oakley occhiali,oakley sunglasses
supra shoes
cheap ugg boots
designer handbags,handbags outlet,cheap handbags,purses and handbags,wholesale handbags,designer bags,bags outlet,handbags wholesale,cheap purses,discount handbags,handbags sale,wholesale purses,handbags and purses,designer purses
louis vuitton bags
ralph lauren outlet
hermes outlet
valentino outlet
ray ban outlet
pandora outlet
ferragamo shoes
tiffany and co
oakley canada
woolrich outlet store
canada goose outlet
coach outlet store
cheap wedding dresses

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 09:00  

2016-06-25keyun
christian louboutin shoes
oakley canada
coach factory outlet online
coach outlet
ray ban sunglasses outlet
michael kors handbags
ralph lauren home
timberland shoes
adidas uk
air max 95
oakley outlet
christian louboutin sale
jordan retro 8
nike outlet
rolex watches
instyler
ed hardy outlet
kobe 8
coach outlet store online
michael kors outlet
adidas yeezy
kate spade outlet
fitflop shoes
red bottom shoes
cheap jerseys
air jordan shoes
fitflop sale
gucci handbags
burberry handbags
michael kors outlet online
ralph lauren
louis vuitton outlet stores
nike roshe run mens
copy watches
adidas wings
cheap ray ban sunglasses
coach outlet online
michael kors outlet clearance
jordan 6s

Blogger Unknown »
21 March, 2018 04:38  

تعد الاول افضل شركة تنظيف بمكة تقوم بجميع خدمات شركة تنظيف منازل بمكة وشقق وكنب وسجاد ومجالس و مفروشات خصومات كبيرة في افضل الخدمات المنزلية وانصح بالتعامل معها

شركة الاول

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by