Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Tenda Biru di Gerbang Ganesha

Thursday, March 17, 2005

Apa reaksi khalayak terhadap empat mahasiswa ITB yang mogok makan?

Oleh Ikram Putra

RAMSES J. Tamba tidur telungkup di atas kasur tipis. Matanya terpejam. Mukanya agak lemas. Di sebelah kandidat Presiden KM-ITB itu, berbaring pula Sandra, Wira, dan Agus. Mereka dinaungi plastik biru yang dijadikan tenda. Di dekat mereka, terbentang kain putih bercoretkan banyak tandatangan.

Semua itu menjadi pemandangan tak lazim: empat mahasiswa tidur-tiduran dalam tenda biru, di gerbang utama Institut Teknologi Bandung.

Ada apa gerangan?

Ramses dan kawan-kawan sedang melakukan mogok makan. Mereka memulainya pada Selasa pukul 17.00 WIB. Mogok makan ini menandakan protes mereka terhadap kenaikan harga BBM yang ditetapkan pemerintah pada awal Maret silam. Selain itu, ini juga bertujuan menggalang solidaritas untuk sebuah aksi unjuk rasa yang dijadwalkan berlangsung Kamis ini.

Sedangkan kain putih itu, fungsinya menampung aspirasi yang mendukung gerakan mereka.


PUKUL 16.00 WIB. Sebuah mobil berhenti di seberang jalan. Sekelompok anak muda keluar dari dalamnya dan berjalan mendekati tenda Ramses. Sampai di depan kain putih, seorang dari mereka bersuara.

"Ini beneran, mogok makannya?" katanya.

"Jangan-jangan minum Jelly Drink?" sambungnya lagi.

Dia kemudian jongkok dan meraih spidol, membubuhkan tandatangan. Teman-temannya lantas melakukan hal serupa. Satu orang tidak, karena mengabadikan tingkah temannya yang lain dengan handycam. Saya mendekati salah satunya, Mirna. Saya tanya alasannya memberi tandatangan.

"Simpati, meski ini percuma," katanya.

Buat Mirna dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, aksi mogok makan tak akan mengubah keadaan karena tak jelas siapa yang akan mendengar. Pengaruhnya kecil. Begitupun, dia tetap membubuhkan tandatangan atas dasar simpati.


PUKUL 16.30 WIB. Widyo Nugroho sedang berada di Jakarta. Dia ada pertemuan di Direktorat Pendidikan Tinggi soal kemahasiswaan. Usai rapat, Widyo terbang ke Bandung dan langsung menemui mahasiswa yang mogok makan. Dia berbincang singkat dengan mereka. Selepas itu, kami bertemu.

"Saya justru tahu ada mahasiswa yang mogok makan dari Anda," kata Widyo pada saya.

Saya tersenyum. Saya memang mengirim pesan pendek menanyakan reaksi Widyo terhadap adanya mahasiswa yang mogok makan. Tak saya sangka, saya justru memberitahunya.

Lantas, apa reaksi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan ini?

"Apa yang dilakukan Ramses bukanlah gerakan kemahasiswaan dengan basis nilai ilmiah," jawab Widyo hati-hati. Widyo lebih melihat mogok makan sebagai gerakan moral, sebagai protes atas kenaikan harga BBM.

Dia menyayangkan "kegiatan menyiksa diri sendiri" yang dilakukan empat mahasiswa ITB itu. Kita, katanya, mesti mencari cara-cara terpelajar dalam menyalurkan protes terhadap kenaikan harga BBM.


SORE itu, gerbang ganesha ramai sekali. Langit makin gelap seiring matahari tenggelam. Di depan kain putih, seorang pengamben berorasi dengan megaphone. Dia berteriak-teriak soal ketidakadilan. Mengapa dirinya yang menyanyikan shalawat diberi uang seratus rupiah, sedangkan temannya yang menyanyikan lagu dari Maroon 5 mendapat seribu. Dia juga lancar menyitir ayat-ayat suci.

"Jeritan hati rakyat," kata Agus pada saya.

Namun, apa yang dilakukan pengamen itu seolah tak mendapat perhatian khalayak yang ada disitu. Orang-orang tetap saja hanya hilir-mudik di sekitarnya. Di dekat pos satpam, ada yang membagi-bagikan pamflet berisi ajakan turun ke jalan.

Saya jadi penasaran. Apakah mereka tahu apa yang sedang terjadi?

"Aksi menolak kenaikan harga BBM," kata Adis dari Teknik Lingkungan.

"Mogok makan. Tapi saya nggak setuju dengan aksi-aksi gitu. Menyiksa diri sendiri," cetus Wawan dari Teknik Lingkungan.

Saya lantas teringat kata-kata yang diucapkan Ramses kepada Widyo: Demi Rakyat, Pak. []

------
SELASAR Edisi 25, Maret 2005

Catatan penulis: Ramses J. Tamba terkena diskualifikasi setelah mendapat empat peringatan keras. Kandidat Presiden KM-ITB tinggal dua sekarang: Wiyono dan Muhammad Syaiful Anam.

20 Komentar:

Blogger benx »
20 March, 2005 12:40  

Dimanakah hati?
Ketika awan turun menggumpalkan rasa...
Dimanakah hati?
Ketika hujan turun meyiram bumi...
Dimakah hati?
Ketika pagi menjelang...
Ketika embun-embun membasahi dedaunan...
Ketika kicau burung tidak ada lagi...
Dimanakah hati?
Ketika mentari siang menyengat...
Ketika senja menjelang...
Ketika irama malam melantun...
Dimanakah hati?
Ketika suara lelayu terdengar...
Ketika derap kaki pengusung keranda melintas...
Ketika gundukan tanah merah terbentuk...
Dimanakah hati?
..........................
buat temanku di tenda biru....
maaf jika benx hanya sebatas kata...

Blogger ikram »
20 March, 2005 17:22  

Wah, akhirnya ada puisi di kramput.blogspot.com! Hehehe.
Halo Benx (ini manggilnya gimana nih?) Terimakasih telah berkunjung.

Blogger ANDRE »
22 March, 2005 12:54  

Gak menarik
suer....

Blogger ikram »
22 March, 2005 16:37  

Sorry friend. Udah banyak sih yang bilang begitu, tapi selama elo belum comment gua nggak percaya. Thanks berat!

Tertantang buat bikin yang menarik...

Anonymous andiw! »
24 March, 2005 03:27  

dengan cantik kita menari
di kisaran arus aksara
di kisaran arus aksi massa
di kisaran arus aksi rasa
di kisaran arus aksi diam.
semua kita sudah memutuskan untuk mengambil peran masing-masing, entah besok nanti.
salut buat kalian yang masih terjaga!

Blogger ANDRE »
24 March, 2005 13:45  

Ou, i'm suffering from indigestion.
Maknanya apa ya, andiw?
Gak ngerti....

Blogger benx »
24 March, 2005 18:59  

mm...mungkin artinya pak andiw lagi ngirim salam buat teman2 yang lagi begadang....kayak gw...hehehhe..maklum baru nyetak rekor pribadi 5 hari 5 malam ga tidur..hanya untuk sebuah pertanggung jawaban yang sunyi.....mmm..kira-kira gw boleh bangga ga ya?hehehe..
masa bodo..hidup benxjeLek.....dan juga pak ikRam..(harus muji dunk, kan nie blognya pak ikRam..hehehhe)
...udah ah..gak menarik...suer....hihihi...

Blogger ANDRE »
25 March, 2005 19:53  

Krom, jangan suka nulis "sampah" donk di blog lo.
Cukup gue aja...

Blogger ikram »
28 March, 2005 16:10  

Andi: Wah, nambah lagi puisi di sini. Terimakasih!

Beni: Gimana rasanya jadi mantan kahim HMM? Hehehehe. Nggak usah pake "pak" dong.. formal banget kesannya.

Andre: Oke oke semoga nggak ada sampah lagi disini. Ehm, indigestion? Elo salah makan apa?

Blogger ANDRE »
28 March, 2005 20:18  

suffering from indigestion = kesulitan mencerna. Mencerna di sini berarti "berpikir".

Blogger zakiakhmad »
29 March, 2005 22:45  

Ngapain buru2 lulus, enakan jadi mahasiswa :P (terpaksa komentar disini, habisnya ga ada tempat lain)

Blogger benx »
01 April, 2005 08:14  

tapi biasanya saya manggil pak sama teman2 yang cukup intim....hehehhe....oya manggilnya benx aja.....beni is not equal ma benx.....kalo si beni tu mang mantan kahim...kalo benx mantannya i****......hahahhaha.....

Blogger Principia »
01 April, 2005 13:30  

ini blog kram, bukan selasar! hehehe
(ga terima soalnya blog anak2 boul ga berhati semua kecuali gw dan kethy)

Blogger ikram »
05 April, 2005 22:58  

Zaki: Aduh jangan gitu dong zak.. Gua pengen cepet lulus soalnya media mainstream udah pada menunggu.. Haha!

Beni: Mantannya siapa nih? Sang inspirasi puisi yang bejibun itu ya...

Upi: Tunggu saja saat gua lagi emosional.. Ntar gua nulis yang lebih cengeng dan menyentuh daripada elo semua. Yeah!

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:57  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:03  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:06  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:10  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:47  

ferragamo outlet
tiffany and co
michael kors handbags
north face outlet
ugg boots
rolex watches
ralph lauren outlet
marc jacobs
coach outlet online
abercrombie and fitch
gucci,borse gucci,gucci sito ufficiale,gucci outlet
michael kors outlet
cyber monday 2015
michael kors handbags clearance
cheap jordans
swarovski crystal
uggs outlet
swarovski outlet
cheap ray ban sunglasses
ralph lauren outlet
basketball shoes,basketball sneakers,lebron james shoes,sports shoes,kobe bryant shoes,kobe sneakers,nike basketball shoes,running shoes,mens sport shoes,nike shoes

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:22  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by