Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Internet, Blogging, dan Web Designing

Thursday, July 14, 2005

Saya masih pelajar SMA kelas satu sewaktu yang namanya "internet" mulai mewabah. Ada warung internet baru buka di depan sekolah kami. Seberang jalan, di sebelah tempat pangkas rambut. Saya yang semula hanya suka nongkrong di barbershop pun lantas tertarik mencoba apa rasanya 'ngewarnet'. Meski tarifnya terhitung mahal buat saya -- kalau tak salah ingat Rp. 4 ribu per jam -- saya lumayan sering berselancar.

Sepulang sekolah, menunggu jam macet usai, saya kini nongkrongnya di Access. Buka-buka email (dulu kalau dapat email rasanya girang sekali), ngobrol-ngobrol di MIRC (sekali chatting banyak orang, tak satupun yang kenal), dan melihat-lihat website (termasuk juga yang porno, jujur). Buat saya dulu, main internet adalah sebuah kegiatan asyik tersendiri. Saya pergi ke warnet di Margonda, yang murah, sebelum pergi les Inggris.

Kerap kali saya melamun membayangkan apa nama yang enak buat email. Apakah kramput, ikramp, ikramputra, ikram_putra, atau nama fiktif. Nama fiktif karangan saya dulu spyderweb -- terilhami kasus pembobolan situs yang dilakukan remaja Filipina. Wah, banyak waktu saya terbuang mencorat-coret kertas. Saya bikin account dengan domain yahoo.com, yahoo.co.uk, mail.com, excite.com terus hotmail.com. Pokoknya norak lah.

Tapi saya tak sendirian. Ada Andre, yang juga sama noraknya. Hehe.

Kelas dua, saya berhenti keranjingan internet. Masa itu masa susah, kalau dipikir-pikir. Saya mengalami patah hati remuk-redam (lantaran kecewa banget banget); kehilangan kawan baik (kami pisah kelas dan kemudian saya merasa dia lebih sibuk dengan pacarnya); bermasalah dengan teman satu band (saya melukai perasaan si gitaris); juga didamprat guru di ruang guru (tapi Pak Guru itu duluan yang cari-cari perkara).

Kelas tiga, saya praktis tak bersentuhan banyak dengan internet. Sampai di ujung tahun, untuk keperluan buku kenangan, masing-masing anak mencantumkan alamat emailnya. Saya lalu bikin yang baru, karena yang dulu-dulu nggak oke. Saya bikin email pakai nama musisi kesukaan saya. Sudah itu, sudah. Saya aktif kembali di internet setelah bikin blog, ikut-ikutan Zaki.

UI Salemba. Tes psikologi. Ibu bilang, coba saja dek ikut, nanti kamu disarankan bagusnya masuk jurusan apa. Maka, pergilah saya. Disuguhi permainan kata-kata, menebak potongan gambar, disuruh menggambar pohon yang "ideal menurut kamu", menjumlahkan seabrek sederet angka yang berbaris ke bawah. Semuanya ini katanya demi mencari tahu di bidang apa bakat si Ikrom ini terpendam.

Saat ada pertanyaan tentang pekerjaan apa yang saya mau, saya bingung. Saya tak suka kerja kantoran. Mesti bercelana bahan, pakai tali pinggang dengan kepala logam, kemeja polos dimasukkan, bersepatu kulit dan mengkilap, duduk di belakang meja. Syukur-syukur pakai dasi. Yang enak itu kayak bapaknya Vicky, cukup kerja dari rumah saja. Kalau nggak salah, dia kerja sebagai web apaaa gitu. Ah, akhirnya saya tulis saja "internet" di isian cita-cita.

Hasil tes keluar. Manajemen/Sistem Informatika, Komunikasi/Penyiaran, dan Manajemen Pemasaran.

Dan, nasib berkata lain. Bagaimana mungkiin... Informatika ITB itu passing grade-nya tinggi selangit. Ilmu Komputer UI juga. Sedangkan Komunikasi dan Manajemen UI? Sudahlah mesti ambil IPC, keduanya juga favorit anak-anak IPS. Selanjutnya, terdamparlah saya mempelajari lautan, di kota yang satu-satunya lautan yang dia punya hanyalah lautan api dan lautan asmara ini.

***

"Mas, waktu itu ngajak makan siang ada apa?"

"Oh, ini Kram. Kamu katanya mau magang di Pantau?"

"Mau, kalo emang bisa mah. Saya soalnya libur panjang, masuk lagi 22 Agustus."

"Kebetulan, kita lagi butuh orang buat ngurusin website. Kamu mau ya?"

"Tapi saya cuma bisa sampe Agustus awal, kan mesti daftar ulang segala macem."

"Ah, ngurusin website kan bisa dari mana saja."

Sumpah, waktu Mas Andreas bilang "ngurusin" saya pikir itu hanyalah sebatas updating data. Dan waktu dia bilang "website" pikiran saya tertuju pada pantau-foundation.blogspot.com. Ah, ini sih pekerjaan gampaaang. Dasar orang-orang sibuk... Sekedar update data ke blog saja, mesti menggunakan tenaga mahasiswa segala.

Pekerjaan yang gampang itu melayang pada Senin siang, pukul sebelas di Kebayoran Lama. Bersama Mas Andreas, Mbak Eva, Mas Kokoh, dan Mas Buset, saya ikut rapat rutin Pantau. Saat itulah saya tahu arti sebenarnya dari "ngurusin website". Itu beda jauh sama blogging. Andreas bilang dia mau menghidupkan lagi website pantau.or.id yang baru, yang dikelola Yayasan Pantau. Tidak lagi oleh Institut Studi Arus Informasi.

Andreas dan saya kemudian pergi ke Manggala Wana Bakti, ke kantor CBN, dua hari kemudian. Kami adalah dua orang yang sama sekali buta tentang penyelenggaraan internet, tapi tetap percaya diri. Untunglah Blume Riska, karyawati CBN itu, berbaik hati menerangkan seluk-beluk dengan bahasa orang bodoh. Domain itu alamat Bapak, sedangkan webcontent itu isi rumah Bapak. Nah, kalo pointing itu menunjukkan alamat, katanya.

Dua minggu setelah itu, saya tak mengerjakan apapun. Bingung hendak apa. Menunggu ilham jatuh dari langit. Upi alias Principia alias juga Dhani, teman saya di Boulevard, memang sudah mengerjakan dua desain (Andreas suka yang warna biru) tapi itu tak membuat saya tergerak. Tetap, bingung hendak apa. Kalau gambar sudah jadi, terus diapakan?

Saya datang beberapa kali ke Bisminet 21, di daerah Kober, Margonda. Ada paket 5 jam seharga Rp. 10 ribu yang saya gunakan buat melahap lissaexplains.com (website pelajaran html untuk anak-anak). Lumayan, jadi dapat pencerahan sedikit. Apalagi ada Edo, lulusan Informatika ITB, yang menemani saya lewat Yahoo Messenger. Tiap kali saya bertanya padanya, jawabannya sungguh menolong -- buat ukuran anak IF.

"Software yang enak pake apa, Do?"

"www.macromedia.com"

"Kalo mau belajar-belajar gitu, buat pemula, dimana ya?"

"www.techscience.com"

Yah, bagaimanapun, saya tetap bilang terimakasih ke Edo.

***

Senin lagi. Pukul tujuh pagi saya terbangun dan melihat ada lima sms baru di telepon saya. Ini bukan hari ulangtahun, jadi saya agak heran. Biasanya nggak selaris ini saya. Oh ternyata, ayahnya Reza Prima, kawan sejak SMP, wafat dinihari tadi. Semua sms itu sms berantai. Segera saya mandi, bersiap-siap ke rumahnya. Saya terpaksa tidak datang rapat rutin Pantau.

Tapi rupanya di sanalah awal pencerahan. Di rumah Reza, ada Aga yang berkuliah di IT Perbanas. Sejak SMA dulu saya sudah mengenalnya sebagai peminat komputer, handphone, teknologi, dan gadget. Saya juga menyebutnya "ahli fontologi" karena begitu dia lihat sebuah kumpulan huruf, dia bisa cerita apa font-nya.

Aga orangnya jangkung, kurus, berambut cepak, dan berkacamata. Mukanya serius, tapi kalau tertawa bahunya berguncang naik turun -- justru jadi sebuah kelucuan baru. Selera musiknya juga aneh. Saya mungkin hanya kenal The Cardigans, dari sederet artis favoritnya.

Malam harinya, saya ke rumah Aga. Les privat hingga tengah malam. Aga guru les yang baik. Begitu dia tahu latarbelakang saya cuma seorang blogger, dia berhenti menerangkan tentang asp dan php. Juga soal database atau sql. Hiyah.

Lalu, setelah berkutat malam itu juga, saya berhasil membuat satu desain awal yang... kering. Sepi. Nggak nyeni. Saya pun mulai merasa oseanografi sebagai berkah, setelah sekian lama menganggapnya azab.

***

Wah, panjang juga yak. Hehe, inilah keluh kesah seorang web designer (eh, apa web programmer?) amatiran. Sekarang saya sudah mencicipi ketiga saran psikotest itu. Semuanya nggak pakai teori. Langsung praktek.

Terimakasih ya, mau membaca.

19 Komentar:

Anonymous Anonymous »
15 July, 2005 02:40  

Ciee yang udah belajar buat web. Ntar kalo udah jago, ajarin gua yak!

Blogger 18november »
15 July, 2005 12:37  

dasar ngeyel, div layers tetep paling gampang!!! hehehe.. sejak kapan alias gw dhani?

Blogger ikram »
15 July, 2005 13:06  

Irfan, gua bakal masih lamaaa banget gua ngajarin lo. Dan Principia, maaf ya, gua lebih percaya sama anak IT Perbanas daripada sama Arsitektur ITB :)

Kan lo sendiri yg pengen dipanggil Dhani? Di blog? Gimana sih. Dasar cewek. Susah dimengerti,

Blogger ikram »
15 July, 2005 13:22  

Tapi, sadar atau nggak, internet emang udah hampir jadi basic needs nggak sih... Gua malah pernah pdkt pake bantuan internet. Huahahaha.

Aduh, kapan ya gua dimaafin.

Blogger Beni Suryadi »
15 July, 2005 14:22  

iya kram...nie alhamdulillah banget laptop ka2 gw bisa dicolokin gprs-nya xl..wahrggg..semingguan di kampung nan sunyi sepi di kaki bukitjauh dari peradaban apalagi yang namanya internet rasanya hampir nyaingin ke-kangenan gw sama dia...hihih......

ps: dulu kenalannya juga lewat internet..hahahhah...

Anonymous Anonymous »
16 July, 2005 11:05  

: ) belajar kan tanpa batas... semua berhak untuk mencoba sesuatu yang baru. Omong2, buka blog boul dong. Ada tulisan baru tuh. Komen yak..

-d-

Blogger Unknown »
18 July, 2005 10:23  

huaHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA....

[TOp aBis!]

HUAHAHAHAHAHAHAHAhahahaha....

Anonymous Anonymous »
18 July, 2005 20:05  

wah..wah..wah..hebat euy!
dah jadi jurnalis yang jago nulis ma jago ngomong, skarang jadi web designer..ckckckckck...kayanya sibuk banget nih liburannyah??

kram! kok bisa lewat jalur busway?? polisi di daerah "kota" bukannya galak2 yah? heeemmm...jadi pgn nyoba mumpung lg di jkt...biar balik ke bandung ga cuma ada cerita nabrak mobil orang ajah xp

oiah! skarang gw punya blog juga dungs! huhhuhuhhh telat banget yak gwa xD

Blogger Floresiana Yasmin »
18 July, 2005 20:24  

jadi sekarang oseanografi azab apa berkah niyh???

Blogger 18november »
19 July, 2005 14:53  

lo jangan meninggalkan pesan ga sopan gitu dong kram di blog gw! udah dimaafin juga!

liat aja, ntar mas andreas (sok kenal abis) lebih suka desain gw lho.. hahahaa..

Blogger ikram »
20 July, 2005 13:54  

Beni, gua malah dulu sering pacaran pake YM. Weeee! (ini kompetisi apaan sih?)

Hai Ales. Ketawa kenapa? Serem deh gua.

Halo Risa. Emang sih galak, tapi untung Abang jago nego. Tanya Irfan aja cerita selengkapnya, dia saksi mata. Ama Aji juga.

Yasmin, you tell me lah :)

Maaf Pi, itu kan udah lama banget gua tulisnya. Sebelum dimaafin! Elo boleh gantian menulis pesan nggak sopan deeeh... :p

Anonymous Anonymous »
20 July, 2005 19:15  

selain jurnalis sama web designer ternyata ikram negosiator juga yah. hebat. kalo nanya irfan pasti dijawab "ada deh". nanya aji aja deh skalian minta oleh2 =)

Blogger ikram »
21 July, 2005 11:33  

Negosiator bermodal muka memelas.

"Yah Pak, kalo limapuluh ribu mah saya nggak punya... Ayo dong Pak, kesalahan saya kan gak fatal ini, bis nya lagian kan nggak ada juga. Ayo dong Pak, mahasiswa niy..."

"Setengahnya aja ya Pak ya?"

Blogger ANDRE »
22 July, 2005 12:41  

"...kehilangan kawan baik (kami pisah kelas dan kemudian saya merasa dia lebih sibuk dengan pacarnya);"
---->Sory kram,.....
Tapi toh akhirnya dia lepas juga kan? Dasar bego gue...
Puas???

"Ada Andre, yang juga sama noraknya. Hehe"
---->I miss that moment...

"Sudah itu, sudah. Saya aktif kembali di internet setelah bikin blog, ikut-ikutan Zaki"
----> Gue juga aktif lagi sejak bikin blog. Gara-gara lo!

"Mesti bercelana bahan, pakai tali pinggang dengan kepala logam, kemeja polos dimasukkan, bersepatu kulit dan mengkilap, duduk di belakang meja"
----> Itu yang gue suka. Gaya eksekutif

Blogger dewihujan »
01 August, 2005 14:48  

Akhirnya baca tulisanmu lagi.

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:03  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:51  

cheap nfl jersey
michael kors canada
tiffany outlet
moncler outlet
bottega veneta outlet
hollister clothing
ray-ban sunglasses
nba jerseys
ralph lauren outlet
uggs outlet
ugg boots
chanel handbags outlet
uggs outlet
fitflops outlet sale
north face outlet
nike free 5
mac cosmetics
hollister canada
wedding dresses uk
north face jackets

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:53  

ferragamo outlet
christian louboutin shoes
coach outlet
wellensteyn outlet
tods outlet
nike air huarache
swarovski outlet
true religion jeans
ray-ban sunglasses
louis vuitton handbags
camisetas futbol baratas
ferragamo outlet
nfl jersey wholesale
polo shirts
michael kors outlet online
louis vuitton,borse louis vuitton,louis vuitton sito ufficiale,louis vuitton outlet
lebron shoes
michael kors outlet online
michael kors outlet
the north face outlet
1204minko

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by