Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Kuntum Jatuh Sebelum Mekar

Friday, August 05, 2005

Berita tewasnya Soe Hok Gie dan Danvantari Lubis dalam bencana memanjat Gunung Semeru amat mengejutkan dan membuat kita tepekur. Dua pemuda yang dahulu berjuang untuk menegakkan nilai-nilai yang mereka mimpikan bagi rakyat dan bangsa mereka kini telah gugur bagai kuntum yang jatuh sebelum mekar. Soe Hok Gie, karena umurnya lebih tua, lebih banyak mendapat kesempatan untuk mengembangkan pikiran-pikirannya dalam tulisan-tulisan dan pembicaraan-pembicaraan.

Semoga kita yang mereka tinggalkan tidak melupakan mereka dan agar rakyat kita selalu akan ingat pada cita-cita perjuangan generasi muda kita ini, yang sampai sekarang masih belum juga tercapai.

Kita mendoakan semoga Allah Yang Mahakuasa akan menguatkan hati keluarga-keluarga yang mereka tinggalkan dan hati kita semua untuk meneruskan langkah di jalan yang tak ada ujung ini.

-Mochtar Lubis, dalam tajuk Indonesia Raya 23 Desember 1969

------
Rencananya sih, mau bikin review soal film Gie (Riri Riza, 2005). Tapi ternyata sepanjang film saya udah kebanyakan kritik dan komentar. Pulang nonton, teringat seperti pernah baca tentang Soe Hok Gie di kumpulan tajuk Indonesia Raya. Eh benar ada.

21 Komentar:

Blogger benx »
06 August, 2005 22:13  

Walau tak sempat mekar, tapi wanginya tetap menguatkan tuk meneruskan langkah di jalan yang tak ada ujung ini.

btw gw tunggu tulisan lu Kram ;)

Blogger batari saraswati »
07 August, 2005 13:05  

iya, ikram udah banyak banget komentar selama film. komen yang paling nggak penting : "wulan guritno nya manaaa??"

pis kram :)

Blogger ANDRE »
07 August, 2005 13:32  

wah, padahal gue pengen ngeliat reviewnya bung Ikram.

It might be as good as i expect...

Blogger GPS »
07 August, 2005 19:52  

ikram waktu nonton tuh udah kaya sutradaranya sendiri.. untung gue ga bawa lakban..

eh men.. foto didepan starbaks yang jadi background judul blog lu kan gue yang moto.. huahahahaha..

bayar upeti lu ke gue

Blogger GPS »
07 August, 2005 19:54  

hey.. no offence ya..

tapi emang kalo bunga nya ga mati emang tumbuhnya jadi bagus? siapa tau jadi bunga rafflesia arnouldi sp.

Anonymous Anonymous »
08 August, 2005 15:37  

hahaha.. bunga bangkai? geblek lo ji.. hmm, omong2 flora, kayanya udah ada yang berbunga2 nih, untung cewenya bukan bernama bunga, dimarahin yoga lo...
-d-

Blogger andiw! »
09 August, 2005 02:00  

barusan bgt gw nonton gie...
temen sedjak tpb gw bilang: "sampah lu ndi!"
nurut dy, ceritanya gie ada bbrapa yg mirip ma gw krom. tar deh gw nulis di blog gw (pnting ga ya?)
1. tentang dia suka hujan
2. tentang dominansi-nya di antara temen2nya
3. tentang "nakal-nakal anjing kita"
4. tentang lirik lagu
krom, kalo lo jadi penulis hebat, jadiin cerita gw di kampus se fenomenal gie ya...;p

Blogger ikram »
09 August, 2005 15:34  

Beni, apa yang gua mau bilang kurang lebih sama kok kayak elo. Kita tunggu aja, apakah banyak anak2 SMA jadi berani beda--nggak ikut2an temen melulu.

Batari, pis juga ah :)

Andre, elo aja lah yang bikin reviewnya. Udah lama nggak nulis review kan?

Aji, iya nih gua tadinya emang mau cantumin caption foto. Tapi masih bingung mau taro dimana. Hah, gua diperas deh. Berapa duit berapa duit?

Pertanyaan bagus. Misalkan dia hidup, sekarang dia jadi apa ya kira-kira?

Didot, gua mau pura2 nggak ngerti ah.

Andi, iya deh gua tunggu tulisan lo. Gitu aja dipercaya! :)

Btw, Medan panas yak. Enakan Bandung, ada yang ngademin. Huahahahahaha.

Anonymous Anonymous »
09 August, 2005 19:02  

kram, gie lahir tahun 1942, kalo misal dia masih bisa menghirup udara tanah jawa, di indonesia ini, berarti umurnya 63... dan gue rasa, kalopun dia ada, udah di balik bui, menjadi tapol..

-d-

Anonymous reesaa »
09 August, 2005 20:43  

kram! udah ketemu blon wulan guritno-nya??

Blogger vetriciawizach »
09 August, 2005 21:11  

Entah kenapa pas nonton Gie gw kayak ngeliat potongan2 sejarah..dan ngedenger kata2 yang puitis
Tapi bener2 melihat dan mendengarkan..
Tidak bisa merasakan..
Hehehe...
(dasar gw,lagi pake hati mulu)

Blogger ANDRE »
10 August, 2005 12:06  

gue belum nonton, kram.
Sorry, i'm not really into indonesian movies...

Blogger benx »
10 August, 2005 19:53  

gw nonton lagi kram, nemenin temen gw yang kebelet mo nonton, habis katanya bahan gosip anak smu sekarang GiE lho (tapi tu orang cuma betahan setengah jam, abis itu dia kelelep tidur)...dan kuprekbujugbunengnangkringdipohondurencumapakekolorijo!!!!!.....pas wulan mau ciuman, dia minta dianterin pipis... :'(

Blogger GPS »
20 August, 2005 11:04  

indonesia yang mencoba mengangkat biografi seorang tokoh.. hmm.. mengingatkan kita pada film barat seperti the aviator, a beatifull mind, dan genre sejenis. bedanya? kalo nonton the aviator "sang penerbang" ini berhasil menciptakan pesawat gaya baru, kalo a beautifull mind, si john nash ini meraih nobel, namanya pun terasa akrab dikuping saat mengingat2 pelajaran ekonomi. Sedangkan gie? apa yang ia lakukan? menurut gue dia cuman seorang dari golongan orang berpikiran hebat yang buku hariannya berhasil ditemukan dan diterbitkan jadi buku, film nya juga cuman berhasil menangkap pemandangan jaman 70'an dan aksi yang terpotong2. Sekarang bukunya gie juga cuman jadi mesin uang para kapitalis yang berhasil memajang wajah gantang nicholas "gie" saputra di sampulnya. Orang keren dan film keren? coba dipikirin lagi deh..

Anonymous Anonymous »
12 June, 2007 12:59  

Film ini sebetulnya dimulai dengan sutradara yang agak salah tafsir dengan sejarah Indonesia.

Begini ya, Indonesia dijajah dan dihisap bangsa asing yang sangat kuat. Lalu merdeka, sukurnya, salah satunya, karena ada perang dunia II.

Lantas kita merdeka, tapi perang dunia tak pernah berakhir, setelah perang eropa dan perang pasifik, perang dunia malah meluas ke mana-mana dalam bentuk perang dingin.

Dalam perang dingin ini kolonisasi terus berjalan, penjajahan tak pernah mati, mungkin bukan penjajahan secara fisik. Tapi secara ekonomi jalan terus. Belanda, atau negara-negara modal tidak lagi mengatur dan berpemerintahan sendiri di tanah jajahannya, tapi tetap berusaha mengatur pemerintahan pribumi itu.

Sukarno berusaha betul-betul memerdekakan rakyat di negerinya. Itu sebabnya dia bermusuhan dengan negara-negara yang melakukan neo-kolonialisme, termasuk AS, Inggris, dan konco-konconya.

Lalu terjadilah G30S, sebuah peristiwa yang masih gelap. Betulkah ada peran PKI di sana? Apa keuntungan PKI dari gerakan penculikan dan kemudian pembunuhan jenderal-jenderal itu? Mengapa gerakan itu mudah sekali dipatahkan? Siapa yang sebetulnya diuntungkan dengan gerakan itu? Dan seterusnya pertanyaan itu masih mengiang sampai hari ini.

Lalu Soeharto jadi presiden, lengkap dengan rejim militernya. Dan negeri Indonesia, kembali lagi dibagi-bagi untuk investor asing, minyak, tambang emas, hutan, perkebunan, dan seterusnya.

Neokolonialisme itu bernama globalisasi. Dan kita pun malah terjerat utang tak terbayar sampai hari ini.

Di manakah posisi Gie, yang dalam film digambarkan sangat dekat dengan orang-orang PSI? Para perancang Orde Baru itu? Sadarkah dia tentang apa yang dilakukannya?

Bagaimana film ini mengungkap cerita atau pemahaman mengenai G30S? Di mana posisi sutradaranya.

Bagaimana posisi Gie bisa jelas dalam film tersebut, kalau sutradaranya sendiri, Riri Riza, tidak memposisikan dirinya sendiri dalam sejarah panjang Indonesia.

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:59  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:51  

cheap nfl jersey
michael kors canada
tiffany outlet
moncler outlet
bottega veneta outlet
hollister clothing
ray-ban sunglasses
nba jerseys
ralph lauren outlet
uggs outlet
ugg boots
chanel handbags outlet
uggs outlet
fitflops outlet sale
north face outlet
nike free 5
mac cosmetics
hollister canada
wedding dresses uk
north face jackets

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:17  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by