Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Waktu Wage Rudolf Supratman Mencair

Thursday, November 03, 2005

Hujan yang turun rintik-rintik sore itu membuatnya menaikkan jendela yang tadinya terbuka hingga setengah. Dia menyisakannya sekitar dua jari. Cukuplah buat angin, pikirnya, meski semilir angin yang menerpa pelipisnya bercampur titik air hujan dari luar. Dia merasa tak sanggup menikmati udara dingin saat sendirian di mobil. Baginya itu sungguh mubazir. Lagipula menyalakan AC kan membuat konsumsi bensin makin banyak.

Teringat soal bensin, sekilas dia melirik penunjuk bahan bakar: satu garis menjelang E. Dia pun berbelok masuk ke pom bensin di Margonda.

"Lima puluh ribu Pak," katanya sambil memutar tutup tangki. Si penjaga memencet-mencet panel, dan kemudian mendekat menjulurkan selang.

Dia menoleh ke kiri dan kanan, masing-masing kira-kira lima detik, sambil tangannya merogoh dompet di saku kanan belakang. Dan tepat saat pandangan matanya tertuju ke badge nama si petugas, Bapak itu menarik selang -- tanda pengisian selesai.

Hah, bentar banget...

Dia menengok ke layar panel. Disana terpampang angka 11,111. Ingatannya langsung melayang ke masa liburan kuliah, saat biasanya panel itu menunjuk 20,833. Seingatnya, lima puluh ribu tidaklah mencair secepat itu. Dia ingat betul, soalnya -- setelah sempat mengamati badge namanya -- dia biasa basa-basi dulu dengan si petugas. Dan sementara itu, bensin masih mengucur.

Wage Rudolf Supratman lalu berpindah tangan, disertai "terimakasih" pelan. Dia memutar tutup tangki bensin kembali, kemudian berjalan perlahan masuk mobil. Pasang sabuk pengaman, lepas rem tangan, memutar kunci starter. Persis saat kaki kirinya menginjak kopling dan tangan kirinya memasukkan gigi satu, dia sudah menyimpulkan sesuatu.

Berarti waktu bensin masih tujuh ratus, ngisi lima puluh ribu bisa sambil smsan dulu kali yak.

37 Komentar:

Blogger batari saraswati »
03 November, 2005 22:31  

sayangnya waktu bensin masih 700, teknologi sms belum marak. hehe.

Blogger batari saraswati »
03 November, 2005 22:33  

udah ada uang 50rb baru kan ya. yang warnanya biru, kalo ga salah. tapi ga tahu gambarnya siapa. masih wr supratman kah?

Blogger ikram »
04 November, 2005 04:50  

I Gusti Ngurah Rai, Bat.

*Baru dapet pas pembagian amplop kemaren.

Anonymous Anonymous »
05 November, 2005 17:45  

masih inget ga bensin sempet 500 perak? itu muraahhh abissszzz!! tapi yah, begini ini jadinya, terlena sama kebijakan eyang soeharto terlalu lama...btw lagi pendarahan usus si mbah, semoga cepet sembuh deh.. (lagi bulan maaf2an, kira2 orang indo bisa ga ngemaafin si mbah?)

-d-

Anonymous Anonymous »
05 November, 2005 19:54  

understanding. even more than she thought

hahahha....ga, gw ga ketawa koq.

benxjelek

Anonymous Anonymous »
05 November, 2005 20:12  

masalah bensin...ga komen deh kram..bersyukur gw masih bisa merayakan lebaran kali ini

lagiX2 gw..
benxjelek

Blogger sigit »
06 November, 2005 00:03  

understanding. even more than she thought
tp gw ga understand... apaan sih? ato gw ga perlu tau ya, yasudah...

Blogger ikram »
07 November, 2005 02:45  

Pendarahan usus itu apa sih? Buang airnya ada darahnya, gitu ya?

Sigit, nah itu lo ngerti :)

Anonymous upi »
08 November, 2005 18:11  

ngapain sih dot ngedoain eyang harto. ngapain juga sih diberitain di tv segala. penting yak?? *astagfirullah*

Anonymous Anonymous »
08 November, 2005 20:19  

btw kram...puisi lu dan posting "norwegian Wood" kemane?

yah..dari gw lagi
benxjelek

Blogger ikram »
09 November, 2005 14:17  

Wah, upi mesti baca lagi tentang "news value" agaknya. Kalo seorang diktator sampe boker darah, itu berita besar pi! *astaghfirullah juga*

Puisi? Gua nggak pernah bikin puisi kok Ben.. Kalo yg Norwegian Wood, emang sengaja dihapus.

Blogger Yasmin »
11 November, 2005 12:50  

hah! ada sisi positifnya bbm naik.
mudik jadi ga macet

Blogger Jofardhan Faruq »
11 November, 2005 17:52  

tapi harga sekarang bisa menghasilkan angka yang keren. klo ngisi 50ribu lo dapet 11,11 liter. klo ngisi 100ribu dapet 22,22 liter klo ngisi 150ribu dapet 33,33 liter dst,dsb....Entah kenapa gw suka ngeliatin angka itu pas ngisi bensin ;)

Blogger dicke »
14 November, 2005 21:12  

klo masih 700 mah, 50rb dah luber duluan, kram.. bahaya banget..
palagi klo tukang bensinnya ikutan sms sambil ngisi, bisa banjir bensin..

heheh..

Blogger dicke »
14 November, 2005 21:14  

oh iya, desain yg skrg krg efektif nih, kram..

susah ngeliat tulisan2 lo yg dulu..

Blogger ikram »
14 November, 2005 21:41  

Previous post, ya?
Kan ada di archive Dick..

Blogger udin »
15 November, 2005 20:05  

ah bensin berapapun harganya, orang masih tetap mengkonsumsinya.Ngapel, kencan ma do'i, tetap jalan. Termasuk kamu juga kan? Nggak ada yang berani 'tolak pake bensin'. trus mo pake apa dong!, hahaha...
Soal uang 50 ribuan yang baru, warnanya kok agak kebiru-biruan, jangan2 karena presidennya dari partai demokrat ya? untung waktu suharto duitnya nggak warna kuning, pasti lucu...

Anonymous comment deleted »
16 November, 2005 10:36  

This post has been removed by the author.

Anonymous comment revived »
17 November, 2005 07:48  

This post has been revived by the author.

Anonymous risa »
18 November, 2005 17:39  

layout barunya centil nih.

lo lagi knapa kram?

oiah, minal aidin wal faidzin.

Blogger udin »
18 November, 2005 17:50  

ya tuh, kayaknya yang punya lagi sentimentil...ihihi..kok kayaknya aku pernah liat desain blog ini ya, emmmm.... GDP...hahaha da pa ni

Blogger great ani »
18 November, 2005 18:07  

kram...bener...layoutnya kok ganti sih?hahaha... bisa2nya ga nyadar ganti layout....udah gitu kayak gini lagi...hahahaha

Blogger ikram »
18 November, 2005 19:02  

Nggak ada apa-apa.
Murni human error.

Hehe.

Anonymous risa »
19 November, 2005 03:22  

kok layoutnya diganti lagi kram?

=D

Blogger udin »
20 November, 2005 18:01  

akhirnya ganti juga ke selera asal...benar kram gak karna GDP?

Anonymous Anonymous »
21 November, 2005 21:00  

btw pertamax turun jadi 5400 yippi!! walopun bakal bahagia lagi kalo bensin bisa diganti ama aer...

-d-

Anonymous Anonymous »
22 November, 2005 09:39  

wow! cool website! check this out!

Anonymous ridwan »
22 November, 2005 17:48  

ikram??
masih inget gw engga? hiehie.. :)

Blogger ikram »
23 November, 2005 20:07  

Udin.. Murni human error kok. Bukan karena GDP.

Halo Ridwan.

Anonymous Anonymous »
28 November, 2005 18:09  

he...he...
sekarang ini ongkos buat makan lebih murah dari pada buat transpot.
mending yg ada kendaraan,nah...yg ngebis tiap hari...
ampun deh...duit kiriman ortu abiz di jalan.kagak berupa!!!

Indonesia tambah merdeka de...

4 liya...

Blogger sangpemerkosa »
01 December, 2005 14:30  

Manis banget...!

Kau meresahkan peristiwa lewat tulisan dengan sungguh fantastis! Sederhana tapi mewah. Aku teringat cerpen-cerpen Umar Kayam di antologi Lebaran di Karet! Dan juga cerpen gilanya, Seribu Kunang-kunang di Manhattan. Sama halnya dengan ceritamu ini. Kau menceritakan satu hal yang biasa, yang sederhana, tapi sebenarnya luar biasa, yang sangat mewah. Pendobrakan pada sesuatu yang tidak kau setujui, tapi kau seolah berada pada pihak yang netral, pihak yang seolah hanya ingin menyampaikan kegelisahan masyarakat banyak. Gila...!

Memang kenaikan BBM juga melindapkanku ke tempat yang semakin menderitakan. Semoga derita semakin mengajarkanku untuk bernafas lebih baik.

Terus menulis!

(Maaf ya klo komentarku aneh-aneh, seolah komentar dari sang jagoan nulis, padahal aku cuma titik busuk dari dunia yang tidak punya kemampuan apa-apa karena memang tidak ingin memiliki kelebihan)

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:59  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:50  

canada goose jackets
air jordan 4
swarovski jewelry
nike free
tiffany outlet
mont blanc pens
chicago blackhawks
links of london jewellery
true religion outlet
michael kors uk
tiffany outlet
beats by dre
adidas wings shoes
nike trainers
christian louboutin outlet
michael kors outlet online
celine outlet online
ugg boots clearance,ugg australia,uggs on sale,ugg slippers,uggs boots,uggs outlet,ugg boots,ugg,uggs
tiffany and co

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:54  

nike outlet store
true religion canada
michael kors outlet online
louis vuitton handbags outlet
timberland shoes
michael kors handbags outlet
chanel outlet store
ray-ban sunglasses
michael kors outlet
belstaff outlet
michael kors factory store
barbour jackets
ghd uk
nfl jerseys
tory burch outlet online
oakley sunglasses
polo ralph lauren
nobis jacket
new balance shoes
the north face outlet

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by