Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Pertanyaan Leading

Monday, January 02, 2006

Saat kami singgah di tepi ruas tol Purbaleunyi hari Kamis kemarin, om saya diwawancarai dua mahasiswa. Mereka dari Politeknik Negeri Jakarta dan sedang melakukan survei terhadap pengguna jalan. Om ditanya seberapa sering lewat sini, dll.

"Ada keluhan, Pak?" tanya mahasiswa I.

"Ah nggak ada," jawab om saya.

"Silau?" sambung mahasiswa II. Nada suaranya mirip kasir Circle K "ada lagi?".

"Yah, lebih baik kalau warna jalannya hitam."

Sodoran jawaban "silau?" ini mirip dengan yang saya alami di Starbucks Citos. Waktu itu lagi bersama Yasmin dan Batari. Kami ngobrol-ngobrol, tiba-tiba datanglah wartawan ini. Orangnya masih muda, masih kuliah. Dia bekerja untuk sebuah majalah gratis yang beredar di Jakarta dan Bandung -- saya lupa namanya.

"Bandung gimana Bandung?" dia bertanya kepada saya.

"Hah? Gimana apanya nih?"

"Yaaa, makin panas apa makin macet apa gimana?"

"Oh... iya juga ya. Makin panas, makin macet."

Idih, leading...

19 Komentar:

Blogger sangpemerkosa »
02 January, 2006 19:08  

Wah, ada tulisan baru!

Saya baca...hmm...ga ngertiiiiiiiiii.

Maklum lemot!

Blogger udin »
03 January, 2006 03:26  

mereka kelihatannya mo sok akrab, tapi kesannya kok wagu, hihik. kalau aku yang ditanya gimana Semarang, gimana-gimana maksud lu, yang jelas dong kalo nanya, heheheheheh

masak kayak gitu wartawan? suruh magang di Lampu Merah dulu aja mereka Kram...

Blogger Principia »
03 January, 2006 12:34  

oleh2? gw beli bakpia buat batari doang, yee..

Blogger Warastuti »
03 January, 2006 15:23  

Ini komen gak nyambung.
Makasi ik (atau ram..atau ikr..what should I call you..hehe)atas komennya.
Hoya..mumpung inget..Maap..maap ni, blog-nya di-link gak bilang-bilang dulu..Salam kenal lah..Kayanya musti banyak blajar ma ikram dalam hal pertulisan.Minimal biar gak tlalu melankolik.
Main-mainlah ke kongres..sebelahan gitu.Sering2 wawancara kita dunks..:D

ika
-tetangga sebelah-nya boulevard-

Blogger Awan Diga Aristo »
03 January, 2006 18:14  

nah, jadi bagusnya orang2 itu nanya apa dong??

Anonymous risa »
03 January, 2006 23:43  

mungkin karena mereka belum tau gimana jadi jurnalis yang baik, abis ga kenal ikram sih.

fotonya ganti lagi?

Anonymous Anonymous »
03 January, 2006 23:47  

itu membuka pembicaraan, mencoba breaking the ice, berbasa-basi, pendekatannya kaya udah lama kenal.. trus ketemu lagi di satu tempat.. tapi lo ga penah begitu kan : "gimana pak?" ama kus? atau joksantos..

: )

-d-

Blogger sangpemerkosa »
03 January, 2006 23:48  

Bagusnya seh gak usah nanya-nanya. Ngabisin waktu! Kecuali tiap jawaban dikasi coklat, yang murahan juga ga'papa, yang penting nikmat. Pertanyaannya harus yang butuh jawaban cuma satu kata: ya ato tidak, ato pertanyaan retoris sekalian. Hehehe, kan asik tuh

Blogger ikram »
04 January, 2006 14:31  

Maksudnya leading itu mengarahkan. Jadi dia berharap kita menjawab sebagaimana yang dia harapkan.

Kaya mahasiswa poltek itu, dia berharap om saya mengeluh jalannya silau. Mungkin supaya laporan tugasnya bagus :p

Dan wartawan majalah gratis itu, dia sih kayaknya baik. Dia cuma bingung kok ada orang ditanya malah bertanya balik :D

Halo Ika dan Awan!

[maaf nggak dijawab satu persatu]

Blogger batari saraswati »
04 January, 2006 19:22  

Lebih parah lagi, setelah gw baca tulisan wartawan gaul di majalah gratis itu, dia menulis kutipan kata-kata gw yang tidak pernah gw ucapkan.

tapi paling tidak, ada foto gw di sana. haha.

Anonymous Anonymous »
04 January, 2006 20:15  

huahahahaha, asoy ah. gue ganti layout lagi.

-soe

Anonymous Anonymous »
05 January, 2006 00:06  

jadi inget waktu gue diwawancara ama wartawati spice! trus gue ditanya tentang masalah lingkungan, dan dipoto. Abis itu, berapa bulan stelahnya, gue ditelpon ama editornya spice!, ditanya tentang masalah apa yang bikin lo sebel ama cewe... dan ternyata sesudah itu di edisi keberapa, ada poto gue yang waktu pertanyaan pertama, dengan dibawahnya jawaban gue buat pertanyaan kedua.. haha... dasar wartawati..

-d-

Anonymous Anonymous »
07 January, 2006 11:15  

eh kram, itu yang ada di foto di tengah siapa tuh? yang kacamata dan kriting2? (yang pasti bukan elo..)
salamin ya dari tante.

-tante tuti-

Blogger GPS »
09 January, 2006 12:37  

kok ga nanyain sebelah kanannya keriting kaca mata sih? kecewa...

si didot itu ngapain ngasih komentar kedua yang ga nyambung? mo pamer kalo pernah diwawancara spice ya? pamer aja sih kerjaannya..

soal leading kan emang setiap pewawancara udah bawa niat jahatnya masing-masing.. jadi wajar kalo niat jahatnya sedikit keliatan, hehehehe

Anonymous Anonymous »
12 January, 2006 18:21  

gue ngasih komen dari komennya batari, yang berada dua tingkat di atas komen gue kedua ji.. duh, bgini aja dibahas.. ga baca semuanya ente yah..

-d-

Anonymous Anonymous »
13 January, 2006 14:39  

Irvaaaaannnnn...

-tante tuti-

Blogger GPS »
16 January, 2006 18:12  

irfan mbak tuti

bukan irwan, kumaha sih

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 09:54  

nike outlet store
true religion canada
michael kors outlet online
louis vuitton handbags outlet
timberland shoes
michael kors handbags outlet
chanel outlet store
ray-ban sunglasses
michael kors outlet
belstaff outlet
michael kors factory store
barbour jackets
ghd uk
nfl jerseys
tory burch outlet online
oakley sunglasses
polo ralph lauren
nobis jacket
new balance shoes
the north face outlet

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:25  

jianbin1219
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by