Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Tingkah Laku Anggota ABRI

Tuesday, February 07, 2006

Tulisan ini berjudul sama dengan sebuah tajuk Mochtar Lubis. Rasanya lucu ya, banyak fenomena sekarang ini sesungguhnya adalah hal basi, yang berlangsung sejak dulu.
Instruksi Menteri Pertahanan dan Keamanan mengenai pengetatan atas sikap dan tingkah laku keluarga anggota ABRI kita sambut dengan gembira sekali. Kami pernah melihat sebuah topi baja ABRI diletakkan dekat kaca belakang sebuah mobil Mercedes-Benz yang mewah. Dalam mobil duduk seorang cukong. Topi baja seakan merupakan isyarat agar sang mobil jangan diganggu. Berapa yang punya topi baja dapat uang sewa untuk menggunakan topinya seperti itu?
(9 Mei 1970)
Sampai sekarang, 36 tahun kemudian, fenomena "jangan-ganggu-mobil-gua" masih saja ada. Memang bukan topi baja lagi, melainkan topi polisi, yang diletakkan dekat kaca belakang. Orang menggantungkan lencana di kaca spion tengah. Atau menempelkan stiker Kopassus. Ada pula yang plat nomor polisinya dihiasi bintang.

Sayangnya kita tak tahu mobil Mercedes-Benz mewah itu dilindungi dari gangguan apa. Penjahat? Pengguna jalan lain? Kemacetan (tahun 1970 sih jalanan belum macet), atau apa?

Kalau sekarang kan (tebakan saya nih) kita memasang atribut supaya mobil kita jangan diganggu oleh, salah satunya, polisi. Hahah.

29 Komentar:

Anonymous Anonymous »
07 February, 2006 13:52  

Loe udah hidup di taun 1970 ya? Lebih tepatnya hidup dan bisa membaca jalan-jalan kota yang ga macet kayak sekrg?! Wah tua bgt donk loe!

Tulisan loe skeptis euy. Apa sesuai ma loe?

Anonymous sigit »
07 February, 2006 14:56  

Mobil jg suka ada yg ditempelin stiker 'police'

Police ato Harley Davidson gitu

Emangnya orang pada takut...

Blogger ikram »
07 February, 2006 15:03  

Skeptis? Mungkin juga...

Iya Git. Belum tentu pada takut. Mendingan tempel stiker Coca-Cola, ya nggak? :)

Blogger udin »
07 February, 2006 21:24  

Nggak jelas juga dih kadang motivasi orang nempel2 atribut militer di kendaraannya. Buat gagah-gagahan, mungkin.

Tapi, aku sempat sebel sama temen mahasiswa yang sok pake baju TNI buat gaya-gaya. Katanya anti militer, baju militer lu pakai. Dasar skizofrenis. Di satu sisi mencaci, tapi juga menikmati

Sekedar info, di semarang ada toko penyedia atribut militer, dari stiker sampai seragam TNI/Polri sampai atributnya. Pokoknya komplit deh. Itu loh di dekat pasar Johar, depan Hotel Dibya Puri. Barangkali kamu mau pesan?

Btw, link namaku kok pake yang itu sih. Kalau buat kamu sih nggak papa2, nanti kalau dibuka temen lain, ah nggak enak juga. Mending ganti yang hanyaudin.blogspot.com aja ya

Blogger zakiakhmad »
08 February, 2006 19:38  

Banyak kok hal yang basi yang diulangi lagi di Indonesia. Gak cuma topi baja ABRI doang kali Kram. Kita kan, Indonesia getu lhoh. Ngapain banyak baca? Kita kan budaya ngobrol gak guna ngalor ngidul. Coba deh banyak baca buku sejarah, banyak lagi yang diulang-ulang.

Hmm....tapi lumayan juga lo masih suka baca. Buku Mochtar Lubis ya.

BTW, buku Oseanografi gimana kabar? Kalau gak dibaca lo bakal ngulang-ngulang sejak dulu juga lho.

Hi..hi...

Blogger udin »
08 February, 2006 23:35  

Benar kata Zaki (salam kenal), seringkali kita mengulang sesuatu yang sebenarnya telah terjadi sejak jaman dulu. enomena yang terjadi saat ini barangkali telah terjadi sejak jaman Soekarno, atau bahkan Fir'aun.

Tapi, tak ada yang salah kok dengan hal itu. Manusia sering lupa. Membaca sejarah bisa sekaligus buat pembelajaran. Saya suka Ikram yang masih membaca karya Mochtar Loebis. Wacana yang ditawarkan layak untuk dibicarakan kapanpun.

Seperti orang juga masih ada yang membicarakan karya-karya filusuf yunani kuno atau pemikir abad zaman pra modern di kelompok-kelompok diskusi atau di universitas.

Jawabannya, karena karya mereka tak lekang di makan jaman.

Berbeda dengan karya-karya yang sifatnya populer. Dia hanya booming sesaat. Setelah itu akan lenyap. Mana tuh gaung Jakarta Undercover, atau sejenisnya.

Soal, pertanyaan Zaki tentang Oceanografi Ikram, saya tak berkomentar. Kayaknya ini sudah sentimen pribadi, hehehehhohoho

Blogger great ani »
09 February, 2006 11:19  

setuju!!! nih komen2nya udah berasap2 nih
kalian knapa sih?

heheh
:)

Blogger zakiakhmad »
09 February, 2006 11:38  

Halo Udin, salam kenal.

Dalam dunia teknologi informasi ada istilah, "Don't re-invent the wheel". Hal yang sama berlaku juga di dunia nyata. Ngapain kita mengulang hal yang salah untuk yang kedua kali? Sebenarnya istilah don't re-invent the wheel lebih aslinya lebih ke arah penciptaan sih. Tapi gak salah juga diaplikasiin ke konteks kesalahan kan.

Kita masih manusia, bukan dewa, bukan juga 1/2 dewa. Ya kalau salah harus belajar! Jangan salah lagi. Kalau masih salah lagi, bangun! Jangan jadi pengecut. Salah itu bukan aib. Yang paling utama adalah kejujuran!

Soal buku Oseanografi, menurut gw Ikram dah cukup dewasa kok untuk nyusun prioritas.

Blogger ikram »
09 February, 2006 11:56  

Weits. Udah delapan aja. Maaf-maaf baru bisa menanggapi. (Udin, link kamu sudah kembali ke jalan yg benar. Hehe)

Ada yang bilang, tajuk2 Mochtar Lubis masih relevan dengan zaman sekarang. Padahal, itu ditulis tahun 1970an. Lalu orang pun memuji-muji Lubis yang tulisannya hebat, masih relevan sampai sekarang. "Tak lekang dimakan zaman".

Ya terang aja relevan! Orang masalahnya masih yang itu-itu lagi!

Bedanya, ada improvisasi sana-sini sedikit :)

Anonymous Anak kimia IPB jebolan smansa waktu kelas satu sebangku (semeja) ama lo »
09 February, 2006 14:26  

Kalau mobil ditempelin stiker perguruan tinggi gimana?
maksudnya apa?

Mobil gue gue tempel stiker IPB. Gak jelas maksudnya apa.
Yang jelas bukan buat bangga-banggaan.
Lebih bangga kalo pake stiker ITB
:-P

Blogger ikram »
09 February, 2006 14:28  

Mau lebih bangga lagi? Tempel ijazah sekalian.

Anonymous risa »
09 February, 2006 18:08  

Transkrip nilai-nya sekalian ditempel juga ga Kram? xD

Anonymous tinggal d idepok ngekos di bogor »
10 February, 2006 15:15  

Tempel ijazah setelah lulus 6 tahun sih malu juga

Blogger ikram »
11 February, 2006 12:40  

Uhuk uhuk!
*Batuk berdarah*

Ya, menempel ijazah dan transkrip hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu saja. Kalau seperti saya sih, lebih baik jangan.

Btw, menggantungkan tasbih di spion tengah udah nggak keren lagi ya?

Anonymous sawung »
13 February, 2006 22:25  

http://www.marinir.mil.id/news.php?id=20060206215047

DILARANG MEMASANG STIKER MARINIR DI KENDARAAN

[06-Februari-2006]
Korps Marinir melarang seluruh prajurit Marinir dan masyarakat sipil
memasang stiker yang berhubungan dengan TNI AL / Marinir . Hal ini tertuang
dalam Surat Telegram Dankormar Nomor : ST / 72 / 2006 tanggal 23 Januari
2006 tentang larangan pemasangan stiker yang berlogo TNI AL / Marinir pada
kendaraan pribadi prajurit Marinir, sipil, swasta, perusahaan dan angkutan
umum.

Sehubungan dengan hal tersebut jajaran Provos Korps Marinir akan
melaksanakan penertiban dengan melepas stiker yang berlogo TNI AL / Marinir
pada kendaraan di lingkungan Korps Marinir dan mengadakan razia terhadap
kendaraan umum yang menempel stiker tersebut serta melakukan penertiban
penjualan stiker berlogo TNI AL / Marinir yang beredar di masyarakat /
pertokoan umum.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh prajurit Marinir, keluarga prajurit maupun
masyarakat sipil untuk tidak memasang stiker yang dimaksud dan melepas
stiker tersebut atas kesadaran sendiri.
Dan kepada seluruh prajurit Marinir untuk ikut mensosialisasikan kepada
masyarakat umum tentang larangan ini.
[admin]

Blogger ikram »
14 February, 2006 12:52  

Thank you Sawung! Kalo tasbih masih boleh kan ya? Atau kartu pers aja kali ya, biar gagah2an.

Bat? :)

Blogger GPS »
16 February, 2006 02:02  

tempel foto gue aja bebas dari segala gangguan.. (teteup)

gue setuju ama zaki soal menemukan roda kembali (bagian itu doang zak, jangan ngelunjak lu)

orang kadang ngabisin banyak pemikiran dan analisis hanya untuk menggagas sesuatu yang sebenarnya udah digagas orang lain.

makanya dibilang juga pengalaman adalah guru terbaik, kalo ga bisa belajar dari pengalaman sendiri, belajar dari pengalaman orang lain. hidup ini terlalu singkat untuk mengulang sesuatu yang pernah ditemukan orang lain, buat sesuatu yang baru seenggaknya. Kesimpulannya, pada saat mencontek, hasil contekan kita harus lebih bagus dari aslinya (lho, kok salah?!?!)

nempelin tasbih buat apaan kram? bikin takut ulama?

Anonymous -tri- »
27 March, 2006 13:16  

Ada juga rupanya yang masih baca buku editan babe gw :D

Blogger ikram »
27 March, 2006 23:41  

Wah, dua buku itu adalah buku favorit gua Tri. Singkat padat mantap, hehehe.

Blogger matahari »
28 August, 2006 13:58  

Salam kenal Ikram! Aku iin (reporter detikcom), maaf aku minta izin ngutip tulisan Mochtar Lubis soal atribut ABRI untuk tulisanku soal stiker2 polisi. Aku dah cari-cari lewat google soal tulisan itu, tapi belum ketemu. Terimasih banyak sebelumnya. Semoga berkenan.

Anonymous Anonymous »
15 December, 2012 18:39  

http://13dfgsdfg57.com/

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 08:59  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:00  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:08  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by