Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Polisi dan Gorengan

Saturday, June 10, 2006

Selepas sholat Jumat siang kemarin, saya dan Engkong pergi mengantarkan koper ke Bumi Wiyata. Karena tak bertemu orang yang kepada siapa koper ini hendak diantarkan (haiah, ribet betul), saya titipkan saja ke resepsionis. Sudah itu pulang. Tapi rupanya Engkong mau beli singkong goreng dulu di seberang terminal Depok.

Dia tetap di motor, saya turun mengantri. Singkongnya masih digoreng. Saat mengantri itulah, datang seorang polisi yang baru kelar makan di warung tegal belakang gerobak gorengan. Perutnya buncit, mulutnya masih berminyak. Dia berdiri persis di samping saya.

Si tukang gorengan ternyata ngeh ada polisi berdiri-diri nggak jelas. Watak rakyat kecilnya langsung keluar. “Eh, monggo mas, gorengan?” katanya. Tapi hingga si penjual menawarkan tiga kali, polisi tetap bergeming.

“Gorengan opo?” — akhirnya dia bersuara. Tapi dari nada suaranya, belum bisa ditebak apakah dia hendak beli atau sedang sensus. Dijawab oleh penjual, “Molen, tahu, pisang, monggo wae,”

“Molen deh.”

Disinilah saya jadi keki. Soalnya, si tukang gorengan ini langsung menanggalkan prinsip first come first served-nya yang mestinya dipegang teguh. Dia enak saja mengabaikan singkong pesanan kami, yang masih digoreng dan butuh perhatian, untuk kemudian buru-buru meladeni pesanan Pak Polisi. Diisinya satu kantong penuh. Saya tunggu, saya tunggu, saya tunggu, dan benar saja: polisi itu tidak bayar.

Praktek pemungutan upeti yang sepantasnya sudah lama berakhir seiring kebangkrutan Majapahit baru saja terjadi di depan mata saya.

“Kok polisi itu nggak bayar?”

“Oh, itu... Temen saya kok Mas,”

“Wah, kalo gitu saya jadi pengen jadi polisi juga,” kata saya sambil menerima singkong pesanan, naik motor terus pulang.

(Ngomong-ngomong, gorengan dia ini memang enak. Singkongnya kriuk-kriuk di luar, tapi empuk di dalam. Tahunya juga, matang luar-dalam. Enaklah — mungkin karena gratis)

17 Komentar:

Blogger benx »
11 June, 2006 18:24  

asik asik....dah lama ga comment disini...huehue..
yang pertama...

=p

Blogger benx »
11 June, 2006 18:26  

polisinya di goreng aja kram...hehhe

btw emang nya majapahit bangkrut ya kram?

kok kayak kerajaan bisnisnya donal trumph aja?

Blogger ikram »
11 June, 2006 21:08  

"Bangkrut" nggak cocok ya? Ya udah, gulung tikar deh... Hehe.

Blogger batari saraswati »
11 June, 2006 21:39  

dasar polisi dimana2 sama. gw 'terpaksa' ngasih 30 rb karena belok kanan dari jalur tengah, bukannya jalur kanan - seperti yang dia mau.

Blogger juno »
11 June, 2006 23:38  

hi hi hi...

pernah juga ngalamin kayak gitu.
waktu itu habis belanja Vodka ma Mansion. kirain polisinya mo nangkep. gak taunya, cm minta rokok ma Mbak Minuk.

dasar penjahat berseragam!

Blogger Yasmin »
13 June, 2006 10:29  

Tahunya juga, matang luar-dalam. Enaklah -- mungkin karena gratis


lah Kram, lo ga bayar juga??

Anonymous Anonymous »
13 June, 2006 13:20  

maksudnya di bayar ma Engkong kale?

-bardhany-

Anonymous risa »
13 June, 2006 23:16  

tukang gorengan itu kalo jualan di depok belah mananya Kram?

mumpung gw lagi di depok =D

Anonymous ikram »
14 June, 2006 14:35  

Iya, gratis, kan yang bayar Engkong.

Di seberang terminal Depok Ris, persis sebelah gerbang Pesona.

Anonymous Anonymous »
14 June, 2006 15:35  

huahahah..ternyata oo ternyata polisi yang di dekat kostan gw (simpang gandok) juga sama kelakuannya...

suka gorengan gratisan =p

Anonymous benisuryadi »
14 June, 2006 15:36  

eh yang coment barusan gw dink =p

Blogger ANDRE »
14 June, 2006 16:44  

Dagangan makanan di sekitar situ emang enak2, krom.
Piscok aroma juga enak.

Adanya kejadian kayak gini bikin kita sadar:
Santai aja di jalan, urusan ama polisi mah gampang.
Money rules, yeah!

Blogger Principia »
16 June, 2006 10:43  

ih baca komen2nya jadi pengen gorengan.. balik ke bandung bawain dong kram! (nyampe bandung juga udah melempem)

bat, masih dendam ya yg di bec situ? hahaha

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:00  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:04  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:09  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:12  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by