Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Pipanisasi vs. Pemipaan di "Kompas"

Tuesday, November 28, 2006

Harian Kompas edisi Kamis 9 November 2006 silam memuat berita berjudul “Pipanisasi Gas Terancam Batal”, yang bercerita soal ketidakpastian pelaksanaan pembangunan jalur pipa dari Kalimantan Timur ke Jawa Tengah.

Sekilas memang seperti tak ada yang salah. Pipanisasi dengan cepat saya pahami sebagai pemasangan pipa guna keperluan penyaluran gas alam ke tempat tujuan. Tapi kemudian ada yang aneh. Bahasa apa ya pipanisasi itu – Indonesia atau Inggris? Kalau Indonesia, mengapa bukan pemipaan? Kalau Inggris, sepertinya bukan. Orang Inggris kan menuliskannya piping, bukan pipanization.

Maka sadarlah saya bahwa ini bahasa Indonesia. Bertambah lagi deh satu contoh betapa pintarnya orang Indonesia dalam menciptakan kata baru (yang salah).

Seperti yang kita ketahui, bahasa Indonesia tidak mengenal pembentukan kata menggunakan akhiran -isasi. Kalau ada kata-kata seperti itu, maka itu kita datangkan dari bahasa Inggris yang berujung -ization atau -isation. Itulah mengapa ada “standar” dan ada “standardisasi”. Dua-duanya kita serap langsung. Standardisasi datangnya dari standardization, bukan standar + isasi.

(Tatacara penyerapan ini sebenarnya juga sedikit bikin bingung. Kalau memang -ization jadi -isasi kenapa “d” di situ tak sekalian dihilangkan saja? Serupa juga dengan aktif dan aktivitas. Kalau memang dalam menyerap kita boleh mengutak-atik, kenapa nggak sekalian “v” diganti “f”)

Soal mengapa harian sekelas Kompas bisa teledor berbahasa; jangan tanya saya. Soalnya, keteledoran berbahasa itu sama-sama dipelihara oleh masyarakat dan media massa.

Cerita ini belum selesai. Keesokan harinya, Jumat 10 November 2006, turun berita berjudul “Pemerintah Harus Konsisten” yang memuat pandangan ekonom Faisal Basri supaya merencanakan proyek-proyek infrastruktur dengan matang. Dalam berita ini, kata pipanisasi masih bertebaran.

Nah, dua hari setelahnya, Sabtu 11 November 2006, berita tentang pemipaan gas itu turun lagi. Kali ini judulnya “Proyek Pemipaan Gas Tetap Jalan”. Isinya adalah pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla soal kepastian pelaksanaan proyek itu. Kata pipanisasi sudah tak ada, berganti pemipaan. Apakah mereka sudah menyadari kesalahan?

Mungkin iya, mungkin juga tidak. Coba lihat apa yang mereka tulis selama November ini:

Pada Selasa 14 November 2006, mereka pakai pemipaan dalam “Angkutan Kapal Lebih Ekonomis dari Pemipaan”.

Pada Rabu 22 November 2006, mereka masih pakai pemipaan dalam “Prioritaskan Gas untuk Kebutuhan Pasar Domestik”.

Pada Jumat 24 November 2006, mereka balik pakai pipanisasi dalam “Rusia Siap Bantu RI soal Senjata”.

Dan pada Sabtu 25 November 2006, mereka balik lagi pakai pemipaan dalam “Ekspor Gas Sudah Tidak Menguntungkan Lagi”.

Dari sini, sangat besar kemungkinan Kompas punya dua redaktur bahasa yang bekerja bergantian. Kalau hari ini si A yang bertugas, maka pipanisasi. Besok si B yang bertugas, maka giliran pemipaan. Atau bisa juga mereka bekerja bersamaan, dan persoalan pipanisasi vs. pemipaan diputuskan lewat gambreng atau suit tangan.

Atau mungkin juga hanya ada satu redaktur bahasa, dan pemakaian dua kata itu bergantung pada suasana hatinya. Sebagai pembaca, saya tak tahu dan hanya bisa bingung.

30 Komentar:

Anonymous leksa »
28 November, 2006 04:28  

Semoga gue yg pertama ,...

Ma kasih dag singgah Bro,..
jadi malu ama senior :x....

.................

Blogger ikram »
28 November, 2006 04:38  

Senior apanya, saya kan masuknya setahun di bawah situ..

Btw apa kabaaar?

Anonymous benisuryadi »
28 November, 2006 07:35  

bacanya Koran Tempo dunk =)

Blogger ikram »
28 November, 2006 08:36  

Duh, versi online-nya berbayar Ben. Kortem pakai apa? Pipanisasi atau pemipaan?

Blogger ANDRE »
28 November, 2006 10:49  

Emang beda kalo yang sarapannya koran kompas....

Blogger ikram »
28 November, 2006 12:05  

Sebenarnya lebih tepat dibilang "makan malam" :)

Blogger nerazura »
28 November, 2006 13:25  

skali-kali baca majalah Aneka atau Gadis, pasti setiap halaman kamu komentari deh!!!

Blogger benx »
28 November, 2006 15:17  

gw cuma baca KorTem Sabtu Minggu doank sih...berita pipanisasi pemipaan mah ga da kayaknya..

dan bagaimanapun..baca koran tuh gw tetap lebih suka yang klasik.,..bukan online, hehehe.

kalo Aneka atau Gadis, pasar pembacanya beda, jadi sah sah saja mereka memakai bahasa slang atau prokem gitu...kalo Kompas dan koran-koran gitu harusnya bahasanya benar. =) [sotoy mode on =p]
bukan begitu bung Ikram?

Blogger benx »
28 November, 2006 15:37  

sial..kok photo gw kaga muncul yak?

=(

Blogger ikram »
28 November, 2006 20:56  

Zute, saya ndak suka baca Aneka/Gadis, itumi bacaan anak SMA toh :)

Sama Ben, gua jg lebih suka baca koran kertas. Tapi lebih suka lagi baca yg gratis.

Ada kok fotonya. Ya kan sodara-sodara?

Blogger Sahrudin »
29 November, 2006 00:31  

halo senior,
hehe, ikutan leksa.

menurut EyD, baik pemipaan maupun pipanisasi, keduanya tidak ada yang betul. mestinya: di pi pa in. EYD = Ejaan yang Diamburadulin.

Blogger nerazura »
29 November, 2006 10:07  

Biar majalah nak ABG juga kadang2 isinya bagus n tips2nya biasanya aplicable(bahasa saya jgn diprotes)...

Lebih asik kalo punya teman pedagang majalah n koran, jadi bacanya bisa gratis...

Blogger ikram »
29 November, 2006 18:15  

Ejaan yang Diamburadulin? Hahaha. Bisa aja Mas Sahrudin ini. Anda senior saya.

Zute, janganmi. Kasian diaorang dagangan ndak laku-laku! :)

Blogger ANDRE »
30 November, 2006 10:45  

wakakakakakakak
kok jadi banyak logat makasar di sini?????

btw, "reboisasi" itu datangnya dari mana?

Anonymous tetangga_jauh_bersabda ^_^ »
30 November, 2006 12:20  

Pipanisasi vs. Pemipaan di "Kompas"

wah judulnya kenapa pake vs.? kenapa ga versus? trus kenapa juga pake kata versus yee?

wah wah wah indonesia....memang sangat cerdas kalo bikin kata serapan ^_^

btw komen diblogs bung ikram ini selalu terisi.. & kayanya seru kalo bikin IFC [ikram fans club]hohoho

Hasta La Vista

Blogger gombang »
30 November, 2006 17:16  

Versus tidak dibikin-bikin. Sudah diserap dari sananya.
Yang jadi masalah itu orang Indonesia cekatan dengan imbuhan impor tapi payah dengan imbuhan asli Melayu.

Blogger Warastuti »
30 November, 2006 19:25  

Huaahh..panas..panas..!
Sekalinya blog walking udah banyak kemajuan gini di dunia para tetangga

Kamu teh kuliah ndak tho?
Kok nulis terus kayaknya..
Mana berat2 lagi
Sebel aku (merasa kalah mode on)
Si Lucky aja udah takluk..(liat postingan barunya ga?=))=))..aduh jahatnya aku)

Anonymous amellie »
30 November, 2006 20:22  

kompas kayanya sama ama gw.. bhs indonya acak2an hahaha :P

Blogger Lucky »
30 November, 2006 21:34  

tadinya gw pikir, "pemipaan" itu buat "pembuatan pipa", demi mengalirnya gas, misalnya. Sementara "pipanisasi" adalah "pembuatan pipa-pipa", tapi tidak harus juga untuk membuat gas jadi mengalir di pipa (tidak menjelaskan gasnya), namun bisa digunakan langsung menjelaskan tempatnya. Jadi,penggunaannya: "pemipaan gas di kalimantan", dan "pipanisasi kalimantan".

Tapi terus gw baca link-nya kok bercampur baur gituh?
Emang enggak jelas nih...
Bisa di komplain di milis pembaca kompas...hehehe.

Blogger ikram »
30 November, 2006 21:41  

#Lucky

Orang Malaysia menyebutnya "pemaipan". Mereka menyerap "pipe" menurut bunyinya, yakni paip. Selesai perkara.

Kita kenapa sih repot-repot pakai -isasi?

Blogger ikram »
30 November, 2006 21:47  

Amel, tapi kan bahasa Inggris lo nggak acak-acakan.

Halo Ika, kepanasan kenapa? Ditunggu deh tulisan terbarunya Ika. Yang lebih bikin panas :)

Gombang: dan lebih parah lagi, orang Indonesia terlalu percaya diri seakan-akan pemakai imbuhan impor itu benar hahaha.

Lie: kenapa pakai versus? Karena ada semacam "pertarungan" dua redaktur bahasa untuk menerapkan kata pilihan masing-masing. Si A pengen pipanisasi, si B pengen pemipaan (ini misalnya lo). Jadilah dua kata ini bertarung.

Kok blognya nggak bisa dibuka Lie?

Andre: biar seru Ndre. Reboisasi? Hmm, menarik!

Blogger sigit »
30 November, 2006 23:42  

lucu ya, pipanisasi...

Blogger sherlanova »
01 December, 2006 10:05  

Kram, soal standardization, ales pernah denger
penjelasannya. Karena kata dasarnya standard, makanya
di-indonesiakan menjadi standardisasi.

But, anyway, tulisan ikram cukup membantu.... Membantu apa?
Membantu ales untuk lebih mawas terhadap pemakaian istilah di
dalam bahasa yang kian amburadul ini.

[Hayoooo, kalimat barusan ambigu lho...]

Anonymous Anonymous »
01 December, 2006 17:43  

Kram,

ada contoh CV ga..
kl ada, mau dong CV-nya Ikram..
Biar pas nulis, ga salah bahasanya.. hehe3

-a pal-

Blogger ikram »
01 December, 2006 19:07  

Iya Git lucu. Ketawa dong? :D

Ales, menurut sumber2 yg aku baca nggak seperti itu. Kita nggak bisa menambahi kata dasar dengan -isasi karena itu nggak dikenal dalam Bahasa Indonesia.

Makanya yg ada (lagi-lagi) menyerap deh. Senang bisa membantu :)

Waah, saya belum pernah bikin CV. Apalagi PT, firma, dll.

Blogger sigit »
02 December, 2006 01:17  

Ah senyum dikulum aja...

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:01  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:05  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:09  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:13  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by