Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Famplet atau Pamflet?

Monday, April 23, 2007

Tempointeraktif (23/4) pagi ini memuat berita berjudul “Famplet Adang dan Dani Sebagai Calon Gubernur Disebar”. Tadinya saya pikir ini salah ketik biasa – f jadi p. Rupanya bukan. Mereka memang sungguh-sungguh menulis famplet di sekujur tubuh berita. Coba saja baca beritanya utuh. Famplet semua.

Padahal kita tahu yang benar adalah pamflet. Ini dari bahasa Belanda, yang kalau dalam bahasa Inggris ditulis pamphlet. Artinya? Selebaran, atau buku kecil berisikan informasi atau opini. Cocok kan dengan sesuatu yang dibagi-bagikan kepada masyarakat, seperti dalam berita di atas?

Saya mencoba memaklumi, mungkin wartawan Tempointeraktif itu seorang Sunda. Makanya dia terbalik-balik antara f dan p. Salah satu keunikan orang Sunda kan ya itu: suka terbalik-balik. Saya pernah dengar lelucon soal penyanyi dangdut yang bilang, “Ah, saya mah fositip thinking sajah” ketika lagi ramai digosipkan.

Dan pernah juga saya dengar lelucon yang berbunyi, “Kata siapah orang Sunda nggak bisa ngomong ep? Pitnah eta!” Hahahaha.

Tapi anggapan umum atau stereotype ini tentu saja tak sepenuhnya benar. Eyang putri saya orang Sunda, umur 80 tahun. Dari dulu sampai sekarang pelafalan tiap katanya selalu tepat dan jelas. Memang sih, bisa jadi ini akibat pendidikannya (dia dulu murid sekolah guru) tapi saya kira semua orang Sunda bisa kok seperti dia. Ini lebih kepada disiplin diri serta keinginan untuk selalu mencari tahu mana yang benar.

Nah, yang terakhir inilah yang tidak dilakukan kawan kita dari Tempointeraktif itu. Dia mungkin sangat sibuk sehingga tidak sempat memeriksa ejaan yang benar. Famplet atau pamflet?

------
Arti kata pamflet di Dictionary.com

20 Komentar:

Blogger zenrs88@gmail.com »
23 April, 2007 23:07  

F dan P bertukar-tukar. Hmmm... Ada kebetulan yang menarik. Begini:

F itu kan abjad ke-6, sementara P itu abjad ke-16.jika urutan abjad itu disatukan jadinya "F1P".

Saya andaikan 1 diantara F dan P itu adalah huruf I, jadi kombinasinya berubah dari F1P jadi FIP.

Bagi orang yang ketuker2 huruf F dan P, maka kombinasi "FIP" bisa juga dibaca "PIF". Ya, FIP dan PIF.

Di kampus saya, ada FIP UNY (Fakultas Ilmu Pendidikan UNY) dan ada PIF (Paguyuban Ilmuwan Pendidikan UNY). Keduanya sama-sama konsetrasi pada dunia pendidikan. Ruangan dekan FIP bersebelahan dengan sekretariat PIF.

Koinsidensi yang ngawur dan ngasal tentu saja. Tapi senyatanya gitu. Mau bilang apa?

Hehehe....

Blogger Trian H.A »
24 April, 2007 08:42  

sepertinya bukan masalah suku, tapi mungkin 'adat' yang dipakai oleh Tempointeraktif. bukannya memang setiap media punya bahasa baku masing2? ah, sy lupa contoh detilnya.

tapi kalau sampai 'bahasa baku' media tersebut kelewat dari 'pedoman umum', mungkin juga itu karena faktor suku. :p

Blogger ikram »
24 April, 2007 09:00  

Zen, kamu utak-atik gathuk.

Trian, kamu pasti lagi bercanda :) Kalau tiap media punya bahasa baku masing-masing, mau jadi apa nantiii?

Anonymous ika »
24 April, 2007 14:55  

lagi rajin ya kram nulis blog-nya.

Blogger turabul-aqdam »
25 April, 2007 08:39  

KRAM, yang bener famplet, aku dah nanya redaktur temfointeraktip. :D

ZEN, ngomong apa sih? kebanyakan makan jengkol lagi y? XD

Anonymous ikram »
25 April, 2007 10:01  

Hahahaha, Rif, sumpah aku pikir kamu tadi serius. Tadi bacanya cepat-cepat.

Ika, inspirasi datang sendiri - apa boleh buat..

Blogger Lucky »
25 April, 2007 11:04  

kalo dari bhs inggris ('pamphlet'), terus make pedoman yang umum (entah benar atau tidak...):
ph jadi f (contoh: philosophy jadi filosofi). p kayaknya tetep jadi p deh...
bingung,bingung.
Nanya juga, yg bener 'konferensi' atau 'konperensi'? Di baju2 KAA kemaren pakenya konperensi, bukan konferensi...soalnya di bhs inggrisnya pake 'f', bukan 'ph'. Nah lo, apa yg awalnya 'f' dijadikan 'p'?
Atau karena KAA di bandung jadinya nyunda?

Blogger ikram »
25 April, 2007 12:57  

Lucky, pengamatan yang bagus. Jadi ingat provinsi dan Februari.

KAA di Bandung maka jadi nyunda? Hehehe. Sepertinya ini bukan soal kesukuan, tapi lebih kepada displin diri dan mencari tahu mana yang benar.

Buktinya, Lucky orang Sunda tapi bisa dengan benar menyebut p untuk p dan f untuk f kan? Eyang saya juga begitu :)

Blogger lida »
25 April, 2007 16:14  

Zen, Zen, ngomong naon sih? Pussiiing deh!

Kram, inget ga, Ari, yang ketemu di Unisba itu? Yang sama kamu ngomongin Lapindo? Dia itu nggak hanya nggak bisa bilang f, tapi juga tertukar-tukar antara biru dengan hijau. (biru disebut hijau, atawa sebaliknya)

Anonymous rime »
29 April, 2007 20:00  

tadi gua iseng cari di google. termasuk blog kamu, hasil pencarian menunjukkan angka 519. spektakuler...

Blogger nkn »
04 May, 2007 11:28  

hai, gw tadi abis dari blognya agun, ternyata nemu blog kamu. menarik!

btw, mau tanya:
upami pamplet teh p-na tina piat atanapi tina polpo???
hehehe...

Blogger ikram »
04 May, 2007 11:34  

Wah maaf telat membalas.

Lida, aku lupa-lupa ingat. Mungkin sudah saatnya kita ketemu, ngopi2 gituh.

Rima, alangkah isengnya dikau.

Halo Niken. Tina piat, tina piat. Lain tina polpo hahahaha.

Blogger Nadya Fadila »
06 June, 2007 11:54  

Hola Ikram...hoho...
itu mah editornya yang kacawawaw...,
masa' iya gak bisa bedain F ama P ampe ke tulisan2???
ehhh....apa beneran yaaa???
masa' siii???? =ppp

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:28  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:36  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:40  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:45  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:31  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Blogger chenlina »
27 April, 2016 10:43  

chenlina20160427
running shoes
gucci handbags
polo outlet
oakley sunglasses outlet
cheap toms
louis vuitton
burberry scarf
louis vuitton outlet stores
coach factory outlet
nba jerseys
coach outlet store online
coach factory outlet
coach outlet
true religion sale
true religion outlet
rolex watches
adidas shoes
cheap jordan shoes
basketball shoes
louis vuitton
supra shoes
marc jacobs handbags
timberland outlet
coach outlet
kate spade handbags
michael kors handbags
michael kors outlet
cheap jerseys
oakley sunglasses
louis vuitton purses
true religion
oakley vault
louis vuitton bags
asics shoes
ray bans
gucci handbags
ray bans
ray ban sunglasses discount
michael kors outlet
beats by dr dre
as

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 08:56  

2016-06-25keyun
oakley sunglasses
kate spade handbags
adidas running shoes
tods outlet store
coach outlet
cheap toms
michael kors
cheap ray ban sunglasses
nike air force 1 shoes
michael kors handbags
nike store
louis vuitton handbags
coach factory outlet
oakley sunglasses wholesale
polo ralph lauren
louis vuitton purses
ray ban sunglasses outlet
fitflop sandals
polo ralph lauren outlet
michael kors outlet
coach factory outlet
louis vuitton purses
cheap louis vuitton handbags
michael kors handbags
longchamp le pliage
cheap air jordans
louis vuitton outlet
beats by dr dre
hollister shirts
michael kors outlet
nike store uk
true religion jeans
air jordan shoes
louis vuitton outlet
coach outlet store
toms shoes outlet online
nike air huarache
michael kors outlet online
nike roshe shoes

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by