Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Aminah

Thursday, April 19, 2007

Ini cerita 23 tahun yang lalu, ketika Aminah berulangtahun ke-57.



Waktu itu putri sulung Aminah sedang hamil tua. Perkiraan dokter mengatakan, putrinya akan melahirkan pada awal April. Tapi sekarang sudah tanggal 19 dan belum juga ada rasa kontraksi atau apapun. Agaknya janin itu terlalu betah di dalam.

Sebelum ini putri Aminah yang bungsu sempat berharap si bayi akan brojol pada tanggal 14, supaya mereka bisa merayakan ulangtahun sama-sama. Hmm, tak terkabul. Malah sudah lewat lima hari. Janin itu benar-benar betah di dalam? Saya tak tahu.

Saya juga tidak tahu bagaimana awalnya sehingga, Aminah tiba-tiba melangkahi si sulung yang sedang berbaring. Kaget bukan main, dia bertanya: "Kenapa Mah?"

"Nggak apa-apa," jawab Aminah singkat. Belakangan dia mengaku dirinya hanya mengikuti nasehat orang-orang tua zaman dulu.

Lalu keanehan pun terjadi. Percaya atau tidak, putri sulung tak berapa lama merasa mulas. Hari itu juga mereka mengantarnya ke sebuah rumah sakit. Semua berjalan cepat. Bayinya laki-laki.

Sepanjang hayat, Aminah akan berbagi hari ulangtahun dengan cucunya yang kedua itu.

Bahwa dalam sebuah keluarga, ada orang-orang yang lahir pada hari yang sama, sudah sering saya dengar. Tapi bayi yang mesti dilangkahi neneknya dulu baru lahir, seolah-olah ia bisa menunggu dan memilih hari lahirnya sendiri? Sulit dipercaya bukan?

Mungkin iya mungkin tidak. Saya sih percaya saja, sebab sayalah bayi itu. Aminah eyang putri saya.


Eyang putri,
Selamat ulangtahun ke-80
Semoga selalu di bawah rahmat Allah swt.

25 Komentar:

Anonymous amellie »
19 April, 2007 13:24  

selamat ulangtahun Eyang.. selamat ultangtahun Ikram... :)

Blogger ikram »
19 April, 2007 13:37  

Terimakasih... terimakasih..

Blogger zenrs88@gmail.com »
19 April, 2007 14:03  

nenekmu dan aku hampir sama berarti ya tanggal dan bulan kelahirannya. kalo tahunnya pasti beda. tulianmu makin oke aja. makin ngalir. kaya air hujan di kaca.

Blogger Trian H.A »
19 April, 2007 16:44  

selamat milad ikram, semoga makin dewasa..

dan ternyata kita sama.. [1904] :)

Anonymous sari »
19 April, 2007 18:11  

wah, nama eyang putrinya sama dengan nama (alm) mbah putri saya =)

Blogger ikram »
19 April, 2007 18:57  

Kalo gitu kamu bentar lagi ulangtahun Zen?

Terimakasih Trian. Ternyata sama ya. Tapi kamu nggak mesti dilangkahi dulu kan? :)

Oh iya Sar?

Blogger riesalam@gmail.com »
20 April, 2007 10:30  

Selamat ulangtahun ya, Kram!

Blogger benx »
20 April, 2007 13:35  

kalo nenek gw bilang, no pain, no gain

nyambung ga sih..poko e gitu lah..
hehehhee..

eh kram, mau gw nyanyiin lagu selamat ulang tahun ga? ato lu mau yang versi english nya? happy birtday?

=)

Anonymous sari »
20 April, 2007 16:39  

iya, namanya aminah iskandar. eh, tp lupa nulisnya aminah apa amienah ya? haha..memang saya ini cucu yg durhaka ^^

Anonymous Anonymous »
20 April, 2007 17:49  

ikram, selamat ulang tahun. semoga tidak takut hujan dan becek lagi :)

-batari lupa password bloggernya

Anonymous ika »
20 April, 2007 19:26  

ciee, ikram.. :))
hahahahaha..!!
-ika dan aji

Blogger Lucky »
20 April, 2007 22:11  

selamat ulang tahun!
*tgl-nya ga sama, nama mbah putrinya juga nggak sama =p*
**lagi-lagi komen yang telat, he33x**

Anonymous leksa »
21 April, 2007 08:46  

Sesama lahir bulan april dilarang melangkahi.. hahah.. gue juga April ni :)

Kata kakek saya dulu , kelahiran bulan empat itu adalah orang2 bermasa depan cerah :)
Gue bisa lihat dari Senyum eyang lu :)

Semoga kita juga begitu ..
hihihi...


.. oh ya..
Met Hari Kartini..
Angkat bahasan kartini Kram..
Mumpung rame2 wece2 maenkesini :|

Anonymous rime »
22 April, 2007 08:17  

nenek lu dapet ilham dari mana buat ngelangkahin anaknya yang lagi hamil?

btw, nice story..

dan selamat ulang tahun :)

Blogger ikram »
22 April, 2007 08:54  

Terimakasih Fahri, Beni, Ika, Aji, Rizal, dan Rima.

Dia bilang, dia denger2 dari orang-orang tua zaman dulu. Kalau ada bayi males lahir, dilangkahi saja.

Terimakasih Bat :)

Blogger agung »
23 April, 2007 10:27  

Tipis bedanya "kearifan lokal" dengan "keyakinan yang salah". wallahu'alam

Met ultah ya Ikram! Terus mencatat dan mencatat detil, walau di tengah forum. Hmm, jadi inget forum lapbas =D

Blogger ikram »
23 April, 2007 10:43  

Terimakasih Agung.

Well, percaya atau tidak, saya buktinya :)

Blogger ariani »
23 April, 2007 16:28  

Kram, met ulang tahun ya...

Blogger lida »
25 April, 2007 16:18  

Waduhhh... Ikram ulang tahun euy. Selamat ya. Kapan kita ngopi?

Blogger Arya »
01 June, 2007 11:58  

Sayang, saya agak terlambat membaca tulisan Ikram yang satu ini. Saya menahan airmata membacanya. Lumayan cengeng ya? Mungkin karena sudah beringsut tua, makanya sering dirundung melankoli. Juga mungkin karena saya kenal sangat dekat semua tokoh yang disebut Ikram di tulisannya ini. Eyang Putri Ikram adalah ibu mertua saya. Putri bungsu yang disebutkan Ikram di tulisannya adalah istri saya, yang berulang tahun 14 April dan tak sukses mewujudkan harapannya agar Ikram lahir pada tanggal yang sama dengan tanggal ulang tahunnya. Ikram adalah keponakan saya.
Namun bukan karena kedekatan subyektif ini yang membuat saya ingin mengatakan bahwa tulisan ini amat mantap!!! Andai saya tak kenal dengan para tokohnya pun, tulisan ini tetap sama mantapnya di mata saya. Sekaligus sebagai bukti bahwa tulisan bagus tak harus panjang, apalagi berpanjang-panjang. I am proud of you, Kram! Cita-cita untuk jadi wartawan yang baik (kalau memang masih berminat) rasa-rasanya hanya tinggal sejangkauan saja...

Anonymous Anonymous »
02 October, 2007 18:57  

Sori agak telat
ngucapin 'Met Ultah' di blog ini..
(cuma beberapa bulan aja kan ;> hehe)

tp waktu itu aku nelpon koq..
(kl ga salah.. ;>)

anyway, (lg deh..biar apdol)
Met Ultah ya Kram,
smoga dikaruniai usia yg bermanfaat.. =)


-rizki-

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:28  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:36  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:40  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:46  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by