Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Tak Pandai Berhitung

Monday, April 16, 2007

Di acara Politeknik Bandung Sabtu (14/4) kemarin, saya mengatakan kepada hadirin bahwa banyak wartawan Indonesia tak pandai berhitung. Atau setidaknya tak biasa pakai kalkulator. Sebenarnya bukan maksud saya menghina wartawan begitu. Karena tak sempat menjelaskan lebih jauh, izinkan saya menjelaskannya di sini ya.

Saya sebenarnya sedang menunjukkan sebuah contoh buruk betapa gampangnya orang berkomentar tanpa sungguh-sungguh tahu duduk masalahnya (saya juga termasuk yang model begini). Nah, kebiasaan wartawan yang tidak pandai berhitung, sedikit banyak memperparah kebiasaan orang yang suka asal bunyi itu.

Contohnya adalah hingar-bingar rencana pembelian laptop bagi anggota DPR (duh!). Berapa sih harga tiap laptop sesungguhnya? Mari kita tengok cuplikan berita dua media massa nasional.

Dari Kompas, 24 Maret 2007.
Menurut Sekretaris Jenderal DPR Faisal Djamal, anggaran untuk sebuah laptop Rp 21 juta. Berarti, untuk 550 laptop, total uang negara yang akan dihabiskan mencapai Rp 12,1 miliar.
Dari Tempointeraktif, 28 Maret 2007.
Agung pada Selasa lalu mengumumkan DPR memutuskan membatalkan pengadaan laptop yang anggarannya Rp 12,1 miliar. Dana ini dengan asumsi setiap unit laptop Rp 21 juta.
Mereka sama-sama menulis angka Rp 21 juta. Padahal, total anggaran berjumlah Rp 12,1 miliar. Ini kan aneh. Anggota DPR ada 550. Jadi 550@21 juta akan menghasilkan... Rp 11,55 miliar.

Kompas memang cuma mengutip Sekjen Faisal Djamal, tapi mengapa tidak dikoreksi? Atau ditanyakan keesokan harinya ("Pak, setelah dihitung-hitung nggak sampai 12 miliar nih. Hayo! Kemana setengah miliar lagi?")

Pak Wakhudin dari Pikiran Rakyat, yang duduk di sebelah saya, menanggapi, "ya sisanya itu untuk biaya lain-lain hehehehe". Hadirin juga ikut tertawa. Memang hal kecil sih, tapi buat saya yang kecil-kecil ini fatal.

Gara-gara salah hitung yang dibiar-biarkan ini, banyak masyarakat terjerat dalam kebodohan. Apalagi blogger. Mereka dengan cepat memprotes rencana ini tanpa mau capek-capek memeriksa lagi angkanya. Oya, rencana ini sudah masuk APBN 2007. Jadi peduli setan dengan anggota yang sok-sok akan menolak.

Saya kira hanya Republika, dalam tajuknya, yang teliti.
DPR akan bagi-bagi laptop (komputer jinjing) ke seluruh 550 anggotanya. Harga per satuannya sekitar Rp 21 juta. Sehingga, total anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 11,5 miliar. Namun, oleh pejabat berwenang disebutkan sekitar Rp 12,1 miliar.
Tapi mereka pun tidak menelusuri lebih jauh kemana selisih itu pergi. Sementara itu lihatlah: akibat wartawan tak pandai berhitung, masyarakat (terutama blogger) sibuk cuap-cuap dan sekaligus tenggelam dalam kebodohan.

Fatal bukan?

20 Komentar:

Anonymous Brahmasta »
16 April, 2007 09:49  

Fatal bung, gw akui waktu membahas tentang laptop itu gw males ngitung lagi. Hahaha..

Blogger Administrator »
16 April, 2007 14:03  

wah kelompok masyarakat baru kram, mayarakat blogger :)

Blogger ikram »
16 April, 2007 14:22  

Oh gitu Bram? Tenang, bukan salah kita murni. Salah wartawan juga ada :)

Hehehe Bis, kacamata lo bagus.

Blogger benx »
16 April, 2007 17:01  

tadinya mo ikut ikutan komen, eh baru ingat kalo gw juga orangnya bodoh dan tidak teliti.

Anonymous ikram »
17 April, 2007 01:00  

Hehe, ini autokritik saja kok Ben. Blogger mengkritisi blogger.

Blogger benx »
17 April, 2007 13:22  

=)

kalo menurut koran tempo gimana kram?

[gw tau lu cuma baca yang elektronik....hehehehe]

Blogger ikram »
17 April, 2007 14:53  

Elektronik + gratis :P

Blogger benx »
17 April, 2007 15:38  

kram...
gw dapat PR ni..
diubah atau dirubah?
mengubah atau merubah?

thx

Anonymous Anonymous »
17 April, 2007 16:20  

diubah. mengubah. krom, kapan lulus?

Anonymous leksa »
18 April, 2007 06:07  

hahaha...
makanya lu anak itb jadi wartawan ajah, Kram...
biar sekalian ngajarin wartawan lain pintar kalkulus, Fidas dan KIdas.. :D

Anonymous ika »
18 April, 2007 21:18  

Cie, kang ikram, haha..!!
besok ada yang ulang tahu nih.

Blogger ikram »
19 April, 2007 01:13  

Ben, yang baku adalah "mengubah" dan karenanya "diubah". Anonymous benar.

Lulus kapan? Sabar ya :D

Rizal, walah, tiga mata kuliah itu gua jg hancur-hancuran...

Terimakasih Ika :)

Anonymous agoes82 »
19 April, 2007 11:59  

Hmm untung gw nggak ikut latah ngebahas laptop pemerintah , kalo ikutan bahas bakal kena kritik abis - abisan juga nih.

Kram uda install lagi belum plugin firefox-nya :D uda jangan malu - malu kalo butuh gunakan aja.

Blogger Lucky »
20 April, 2007 22:08  

quote:
("Pak, setelah dihitung-hitung nggak sampai 12 miliar nih. Hayo! Kemana setengah miliar lagi?")
ralat kram: 12,1 miliar. kemana 550 juta lagi.
hehehe, tapi karena bahasa lisan, agak termaafkanlah...
*komenygtelat*

Blogger ikram »
21 April, 2007 07:17  

Agus: Nggak bakal gua install lagi Gus. Hahah. Pilih satu: Firebug atau Web Developer.

Waduh gua kena koreksi hehehe. Maksudnya jg gitu Luck, apa sih 50 juta dibandingkan dengan 500 juta? Dibulatkan ke bawah kaya di supermarket :)

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:28  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:36  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:41  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:46  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 09:00  

2016-06-25keyun
christian louboutin shoes
oakley canada
coach factory outlet online
coach outlet
ray ban sunglasses outlet
michael kors handbags
ralph lauren home
timberland shoes
adidas uk
air max 95
oakley outlet
christian louboutin sale
jordan retro 8
nike outlet
rolex watches
instyler
ed hardy outlet
kobe 8
coach outlet store online
michael kors outlet
adidas yeezy
kate spade outlet
fitflop shoes
red bottom shoes
cheap jerseys
air jordan shoes
fitflop sale
gucci handbags
burberry handbags
michael kors outlet online
ralph lauren
louis vuitton outlet stores
nike roshe run mens
copy watches
adidas wings
cheap ray ban sunglasses
coach outlet online
michael kors outlet clearance
jordan 6s

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by