Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Alergi Obat

Sunday, May 06, 2007

"Ada alergi obat?" dokter itu bertanya pada saya. Pertanyaan standar dokter-dokter sebelum mereka memulai menulis resep. Saya sebetulnya punya juga jawaban standar, tapi gara-gara kepala yang sangat sakit ini, saya lupa apa. Kalau nggak salah penicilin.

"Um.. Penicilin? Amoxycillin? Tapi itu sudah nggak dipakai orang lagi bukan?"

"Beberapa masih pakai. Kalau obat yang kemarin dikasih di sini bikin alergi nggak?" dia bertanya lagi sambil menunjuk ke kartu riwayat pasien. Ah, solusi cerdas. Saya menggeleng cepat dan pembicaraan kami pun ditutup dengan "Oke. Tapi sepertinya belum perlu antibiotik".

Saya kemudian mengucapkan terimakasih dan keluar ruangan. Di depan sana, saya serahkan resep ke pegawai. Selang beberapa menit kemudian obat didapat, saya pun pulang.

Nggak enak banget deh kalau punya flu akibat alergi. Sekali bersin bisa-bisa 10 kali nonstop. Lalu kepala jadi berat dan mata berair. Hidung juga. Makanya begitu sampai di kosan, saya minum dua kaplet dan satu kapsul itu. Satu buat sakit kepala, satu buat flu, dan satu lagi multivitamin. Saya lalu siap-siap berbaring, sebab obat dari dokter seringkali bikin ngantuk.

Tapi mata saya bukannya tambah berat, malah perih. Keanehan dimulai.

Saya kucek-kucek biar terasa lebih enak sedikit. Tidak mempan. Mata saya masih perih plus gatal, dan panas. Saya pergi ke kamar Wahyu minta diteteskan Rohto. Ah, lumayan enak. Tapi... saya tidak bisa melihat ke bawah dengan jelas. Seperti terhalang sesuatu.

Saya lihat ke kaca dan ya ampun, kelopak bawah mata kanan saya membesar. Waduh, saya alergi obat. Kalau dibiarkan, bisa-bisa saya akan mengalami seperti yang dialami ayah saya -- matanya tinggal garis saja tertutupi kelopak.

"Gimana? Lo mau ke dokter lagi?" tanya Wahyu.

Saya tahu pada detik ini saya mestinya menjawab iya dan kembali ke dokter itu untuk ganti obat. Tapi saya tak ada duit lagi. Di dompet. Di ATM. Di manapun. Alergi obat seperti ini biasanya ditangani dengan suntikan. Dan suntikan berarti pengeluaran.

Nggak deh. Lagipula kalau dipikir-pikir, sakit kepala saya lumayan berkurang. Bersin juga tinggal sekali-dua. Mata bengkak hanya persoalan penampilan. Nanti saja dikompres.

Dan untunglah rupanya ini bukan alergi serius. Sepertinya badan saya cuma kaget dan butuh masa perkenalan dengan obat ini. Besok paginya bengkak di mata saya berangsur-angsur menghilang, begitu pula dengan bersin-bersinnya. Tinggal sakit kepala ini saja sesekali.

Benar-benar beruntung sekaligus nekat. Tapi tolong, jangan ditiru. Berbahaya!

14 Komentar:

Blogger trian h.a »
07 May, 2007 09:15  

wah..ikram sakit?

istirahat cukup, makan sehat dan obat tidak lupa. jangan nakal ya..:)

*jangandipikirterlaludalam :p

Blogger tukrabul-aqdam »
07 May, 2007 19:36  

eit, bentar-bentar..

kamu bilang, "jangan dititu. berbahaya!"

hmm.. emang sapa yang terpikir mo niru adegan puyeng-bersin-bengkak itu??? :D

Blogger ikram »
07 May, 2007 22:06  

Oke oke Trian, terimakasih. Mana bisa mikir kalau sakit kepala begini.

Rif, siapa tahu ada anak di bawah umur yang belum paham media literacy dan menganggap apa yang saya lakukan ini keren.. Kan bahaya.

Btw ganti nama jadi Tukrabul?

Blogger tukrabul-aqdam »
10 May, 2007 14:00  

ah,.. ikram. remember shakespeares' spell: what's in a name.. :p

Blogger ikram »
11 May, 2007 04:19  

In that case, Arif.

If you're into shakespeare so much then why didn't you stick to your old name?

I wanted answer, not quotation hahah.

Anonymous andre linting »
13 May, 2007 01:03  

jelas gak butuh antibiotik

flu kan karena virus

Blogger Nadya Fadila »
06 June, 2007 11:50  

halo Ikram...,
ini nadya temannya batari dan yasmin itu looo....in case kamu lupa...*preeet!

hahaha...,
baru2 ini gw bikin presentasi tentang alergen (penyebab alergi.red).
alergi obat jangan dianggap sepele looo...,kalau cuma bikin mata bengep, muka sembab sih masih oke...,tapi kalo sampe bikin shock anafilaktik (tekanan darah lokal maupun seluruh tubuh menurun tiba2) which is mungkin saja terjadi, begitu menurut yang saya baca, itu mah bisa ampe kematian paling fatalnya...
hehehe....hanya sekedar berbagi pengetahuan...pertanyaan dokter yang terdengar "bele-bele" sebenarnya ada manfaatnya looo...;)

Anonymous ricx »
18 May, 2010 15:57  

Thx bgt buat infonya ya ^^..

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:31  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:36  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:41  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:46  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:33  

jianbin1218
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 08:54  

2016-06-25keyun
michael kors outlet online
kate spade
nike roshe run
michael kors handbags
michael kors outlet clearance
kobe 8
louis vuitton outlet
michael kors outlet
longchamp outlet
montblanc pens
ray ban outlet
abercrombie and fitch
cheap oakley sunglasses
louis vuitton outlet
giuseppe zanotti sneakers
toms outlet
kids lebron shoes
cheap toms shoes
michael kors outlet online
retro jordans 13
michael kors handbags
louis vuitton handbags
kate spade outlet
coach outlet store online clearances
gucci outlet online
michael kors outlet clearance
coach outlet online
louis vuitton handbags
nike air max 90
coach outlet
louboutin shoes
coach factory outlet
asics running shoes
michael kors purses
adidas originals store
michael kors outlet
jordan shoes
toms wedges
air max 95

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by