Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Kutu loncat yang berubah pikiran

Sunday, August 30, 2009

Menteri Adhyaksa Dault mendadak berubah pikiran. Dia tidak lagi ingin menjadi anggota DPR periode 2009-2014 — meskipun sudah terpilih dan tinggal dilantik pada 1 Oktober nanti. Alasannya, sebagaimana dikutip detikcom, ingin “mengakhiri jabatan menteri dengan husnul khotimah”. Dia pun disebut-sebut ingin menjadi akademisi, guru besar.

Tapi ada tiga alasan mengapa langkah Adhyaksa tidak bisa dibenarkan.

Pertama, Adhyaksa seorang pintar yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR dalam Pemilu April. Ketika memutuskan untuk jadi kutu loncat, dia tentu sudah berhitung soal tanggal pelantikan yang jatuh lebih dulu dari selesainya masa jabatan menteri. Dari itu, semestinya persoalan jadwal tidak layak dijadikan dalih.

Kita toh tidak pernah mendengar Adhyaksa mencalonkan diri dalam keadaan terhipnotis, hilang ingatan, atau di bawah todongan senjata — jadi dia pastinya mencalonkan diri dengan kesadaran penuh.

Kedua, Adhyaksa telah mengkhianati ribuan orang yang mencentang namanya — atau fotonya atau mungkin kumisnya — di bilik suara April lalu. Dia seharusnya sadar sesadar-sadarnya bahwa orang datang ke bilik suara bukan karena kebanyakan tenaga dan waktu luang, melainkan karena belum letih berharap. Bukan tanpa alasan mereka pergi mencentang.

Pada dua tarikan garis itulah kepercayaan mereka terhadap Adhyaksa ditorehkan.

Dengan mengundurkan diri seperti ini, dia sama saja mengkhianati dan melecehkan konstituennya sendiri. Atau lebih parah lagi, dianggapnya proses pilih-memilih seperti main-main saja.

(Dikhianati itu rasanya tidak enak... Pada 2004 saya mempercayakan suara saya kepada Hatta Rajasa sebagai wakil saya di DPR. Tetapi dia membuang kepercayaan saya ke tong sampah dan malah jadi Menteri Perhubungan, sebelum kemudian Menteri Sekretaris Negara)

Jika Adhyaksa tetap melenggang ke DPR, dia hanya sekedar mengkhianati kepercayaan si Bos. Tapi dengan berubah pikiran, dia mengkhianati ribuan rakyat.

Ketiga, tidak tertutup kemungkinan Adhyaksa akan kembali dipilih menjadi menteri untuk periode kedua. Jangan-jangan untuk memelihara dan memperlebar kemungkinan itulah, Adhyaksa sengaja bertahan di Kabinet seraya memperlihatkan kesetiaan sekaligus kesiapsediaannya kepada si Bos.

Barangkali pula sejak semula Adhyaksa mencalonkan diri jadi anggota DPR untuk mengantisipasi pergantian Bos? Dalamnya laut bisa diukur, dalamnya hati siapa yang tahu.

Yang bikin prihatin, harian Kompas menulis, Adhyaksa tidak sendirian dalam hal ini. Selain dia, ada lima menteri lain yang bertingkah serupa.

Maka saya akan mengakhiri tulisan ini dengan mempersilakan anda mengganti kata “Adhyaksa” dengan “Jero”, “Taufiq”, “Lukman”, “Suryadharma”, atau “Freddy”.

Mereka enam kutu loncat yang berubah pikiran.

12 Komentar:

Blogger Batari Saraswati »
30 August, 2009 04:46  

greedy!

Anonymous Anonymous »
31 August, 2009 05:44  

saatnya artis yang maju!!
mwahahaha

Blogger turabul-aqdam »
31 August, 2009 11:56  

naga-naganya boss si adhiyaksa ini ga mau make dia lagi, lalu pilih puan maharani menggantikan, sesuai dengan move partainya yang sakarepe dhewe.

jadi, kita akan bener-bener liat sodara cici ini beneran niat jadi guru besar apa enggak.. :)

Blogger Beni Suryadi »
01 September, 2009 08:31  

kram, oot

tau situs yang gw bisa nyari tau verb 2 verb 3 verb 4 dst nya ga?


thanks, ;-)

Blogger ikram »
01 September, 2009 10:15  

@Batari: Yes indeed.

@Raie: Artis yang mana? Semua orang sudah jadi sok artis, sekarang ini. Ciah.

@Arif: Menarik sekali. Kita lihat yuk apakah hitung-hitungan Adhyaksa kali ini tepat, atau meleset.

@Beni: Coba UsingEnglish.com deh.

Blogger Beni Suryadi »
02 September, 2009 10:40  

Thanks Kram, sangat membantu sekali.

Oh ya, dari enam nama tersebut, setau gw cuma satu nama yang kuliahnya depan Salman. Berarti, istilah kutu loncat ga didominasi ama anak-kampus-depan-salman lagi dunk, hehehe

Blogger ikram »
02 September, 2009 10:53  

Maklum kampus pelopor, Ben :)

Blogger Unknown »
17 September, 2009 11:15  

Ikram sedang mengeluarkan
uneg-unegnya.

Sentimen pribadi sama mereka
ya, Kram?

Anonymous Anonymous »
28 September, 2009 00:44  

Tulisan yang baik dan renyah.

salam
Malela

Blogger dende »
22 October, 2009 13:08  

Kabinet baru sudah diumumkan dan nama Adhyaksa Dault, Taufiq, dan Lukman tidak seberuntung Jero, Freddy, Suryadharma.

Kok belum muncul beritanya tentang ini ya? :D

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:03  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:18  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by