Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Royaltas dan loyaltas

Thursday, March 19, 2009

Royalti dan loyalitas adalah contoh betapa kita suka sembarangan dalam memperlakukan kata asing. Seenaknya kita saja.

Meski ada segala macam panduan yang dibikin dalam menyerap kata-kata asing, kita secara royal tidaklah loyal terhadap panduan itu.

Kita hanya capek-capek menghafalkan panduan siapa tahu ditanya pas ulangan :P

Royalti dan loyalitas, waktu mereka masih di Inggris, punya nama asli royalty dan loyalty. Setelah sampai di Indonesia, seharusnya mereka diperlakukan seperti kata-kata yang berakhiran –ty yang lain. Yakni, –ty diganti jadi –tas.

Contohnya: university–universitas, integrity–integritas, faculty–fakultas, dan puberty–pubertas.

Tetapi royalty malah diserap jadi royalti. Dia bernasib sama seperti celebrity–selebriti dan penalty–penalti. Aiah, macam di Malaysia saja pun :)

Sedangkan loyalty sudah hampiiiir benar diserap jadi loyalitas tapi entah mengapa ada tambahan huruf ‘i’ yang nyempil di situ. Mungkin karena kita terpengaruh legal–legality–legalitas? Harusnya jangan.

Loyal–loyalty–loyaltas. Lagipula tadi royalty juga nggak pake sempilan kan.

Jadi teman-teman, mulai sekarang jangan mau ya kalau disuruh bayar royalti. Bayar royaltas, iya.

Dan nggak perlu lagi deh kita menunjukkan loyalitas terhadap pacar. Loyaltas, iya. Hahaha.

31 Komentar:

Blogger oknum berinisial depan "a" dan berinisial belakang "ul" »
19 March, 2009 10:37  

kalo gitu jadinya royalitas kalo menggunakan cara loyalty-loyalitas...hemhem

Blogger ikram »
19 March, 2009 11:20  

Iya, atau loyalti kalau pakai cara royalty–royaltas.

Aneh kan, mereka berdua cuma beda satu huruf tapi diperlakukan tidak adil.

Untung nggak bisa mengadu ke Komnas HAM :P

Blogger turabul-aqdam »
19 March, 2009 18:53  

gimana kalo nggak pake dua-duanya? sebagai gantinya, pake ini aja: 'bagi hasil' dan 'kesetiaan.'

*susah banget jadi masyarakat dunia ketiga yang kreatif bin kebal dari weternisasi.

Blogger ikram »
19 March, 2009 19:26  

Arif,
Royaltas sepertinya lebih tepat diterjemahkan sebagai upeti, ketimbang bagi hasil.

Westernisasi, maksudnya? :)

Blogger Irfan Zamzami »
19 March, 2009 21:07  

properti, berarti harusnya propertas?

Blogger ikram »
19 March, 2009 21:18  

Propertas, sekuritas, selebritas, ekuitas, entitas ... Sebangun bukan?

Blogger lilylove »
19 March, 2009 21:59  

Gue tak paham eyd yang sebenarnya benar itu gimana. Nulis seperti di buku eyd, ehhh kok malah dimarahin editor. Nah lho!

Anonymous sigit »
20 March, 2009 18:08  

sesukaku aja deh, soalnya golongan darahku O

Blogger melur »
20 March, 2009 18:46  

duh pak editor, susah amet yak @_@ ?

OpenID raie »
21 March, 2009 02:49  

di KBBI tetep royalti kok kram.

Blogger ikram »
21 March, 2009 06:52  

LILY | Gua juga nggak terlalu mengerti EYD kok – cuma heran aja kenapa kita memperlakukan kata asing seenaknya.

Faculty jadi fakultas. Tapi penalty kok nggak jadi penaltas?

Btw lo iseng banget nulis buat majalah sesuai EYD. Hehehe.

MELUR | Udah nggak susah kan sekarang? :P

SIGIT | Oke deeeh.

RAY | Memang tuh. Di KBBI yang sama, tertulis fakultas atau fakulti? Eh elo lagi ngisi TTS ya makanya buka KBBI? Haha.

OpenID raie »
22 March, 2009 08:59  

hahaha, sial. emangnya daku buka kbbi pas ngisi tts doang.

Blogger turabul-aqdam »
22 March, 2009 14:09  

nah, itu dia kram.. kenapa harus lu koreksi jadi 'westernisasi' dan bukannya 'pembaratan'.

dalam berbahasa emang susah bersikap konsisten.. eh.. teguh pendirian. :D

Blogger ikram »
23 March, 2009 21:59  

Maaf Ray, berdasarkan rekam jejak lo soalnya hehee.

Arif, nah setelah lo mengaku kalau lo salah ketik, baru deh gua bilang: Kenapa nggak pakai "pembaratan" aja, ketimbang Westernisasi?

Anonymous Daus »
24 March, 2009 15:03  

Good catch, eh, tangkapan yang baik :) haha. Aneh ya bahasa kita?

Blogger turabul-aqdam »
24 March, 2009 15:37  

yiakakakakakaka.. emang ga ada tata bahasa yang 100% taat kaidah. ini ga cuma di bahasa kita, tapi juga inggris.

misal: shield (sing) --> shields (plur). tapi, child (sing) --> children (plur).

nah, lo.. kok engga pake 'childs'? ya karena emang kata yang salah (secara kaidah) itu dah berlaku dan diterima secara umum.

ini namanya prinsip arbitrer. jadi, mo westernisasi, pembaratan, loyalti, kesetiaan, semuanya bispak. :)

Blogger ANDRE »
25 March, 2009 19:11  

yah sama lah

polland ---> poles
holland ---> holes? nope! malah jadi dutch

intinya, kesepakatan masyarakat pengguna bahasa

masalahnya, bung ikram gak pernah sepakat dengan masyarakat
hahaha

Blogger ikram »
25 March, 2009 23:27  

Arbitrer? Persis. Nggak ada bantahan. Setuju!

Dan bukankah tulisan ini dari awal cuma menunjukkan betapa kita SEENAKNYA memperlakukan kata serapan?

Arbitrer. Suka-suka. Seenaknya.

(Jadi bukan gua nggak sepakat sama masyarakat, Ndre ... Hehe)

Blogger ANDRE »
27 March, 2009 04:15  

ya, gue sepakat dengan ikram!
(daripada ada orang lain yang menyangka gue suka gak sepakat)

Anonymous Bahasa, please! »
31 March, 2009 11:39  

pengamatan yang sungguh jeli... :D

Anonymous Pengangguran Menulis Mimpi »
03 April, 2009 13:05  

salam kenal bos........... salam kenal dari tanah borneo

OpenID kuchikuchi »
04 April, 2009 22:23  

haha nice observation :D

OpenID bisnisfarmasi »
20 April, 2009 07:52  

Soal leksikal gramatikal pakai variabel "perasaan" nggak ya, Bung Ikram ? Perasaan, beberapa lebih enak kalau melanggar akidah eh, kaidah yang sudah disepakatkan. Jadinya enak- tidak enak dirasa ( pakai lidah kali ya ? Haha..).

Dapat jawaban, kenapa literatur dari Timur tengah seringkali kurang asyik dipelajari, ternyata, si penerjemah memang tidak pas memilih idiom sesuai konteks tulisan ( KOMPAS, kapan ya ?)

Salam, sukses ^_^

Anonymous marthaandival »
20 April, 2009 11:57  

thanks banget, tulisan yg membuka pikiran bagi saya

Anonymous eee »
29 May, 2009 14:47  

Salam kenal. Nggak sengaja mampir di blog Anda.

Sepertinya royalti dan loyalitas diserap dari Bahasa Belanda. CMIIW.

Blogger ikram »
03 October, 2009 02:30  

Terimakasih Rinda, sudah mengingatkan!

http://kramput.blogspot.com/2009/10/loyalitas-mungkin-diserap-dari.html

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:02  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:09  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:13  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:17  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 09:02  

2016-06-25keyun
cheap jordan shoes
louis vuitton bags
nike free 5.0
coach outlet online
cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses uk
louis vuitton outlet
ray ban outlet
true religion jeans
rolex watches
louis vuitton handbags
coach outlet online
michael kors outlet
true religion jeans
insanity workout
timberland boots
jordan retro 4
coach outlet online
celine outlet
louis vuitton outlet stores
louis vuitton purses
ghd hair straighteners
michael kors outlet
louis vuitton handbags
kate spade handbags
toms wedges
ray ban sunglasses
polo ralph lauren
coach factory outlet
hollister clothing
michael kors outlet online
coach outlet clearance
gucci belts
basketball shoes
cheap jordans
nike roshe shoes
asics shoes for women
true religion outlet
mont blanc pen

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by