Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Dilema mahasiswa

Wednesday, December 02, 2009

Pak Dosen yang sudah sepuh itu sedang serius menulis di papan tulis ketika saya mengetok pintu dan minta izin masuk kelas. Melalui ekor matanya dia memperhatikan saya, si mahasiswa yang selalu kebetulan datang terlambat, berjalan masuk dan duduk di bangku barisan terdepan.

“Udah telat, duduknya di depan lagi.” Dia berkomentar pendek sambil membalikkan badan.

Saya nyengir saja. Memangnya mau duduk di mana lagi? Tanpa repot-repot, saya langsung tahu kok bangku barisan belakang pasti sudah penuh oleh mahasiswa yang datang lebih dahulu. Itu kan hukum alam.

Matanya menatap tajam ke muka saya. Lalu turun perlahan-lahan. Dan…

“Pakai sendal jepit?!”

Alamak. Bodoh betul saya bisa-bisanya lupa kalau peraturan institut ini mengharuskan mahasiswa mengenakan sepatu ketika ikut kuliah (dengan satu pengecualian: tidak ketahuan).

Supaya tidak ketahuan itulah hukum alam “isi-barisan-belakang-lebih-dulu” tercipta.

Seakan ada gunanya, saya menarik kaki perlahan supaya tersembunyi di bawah bangku. Menggantang asap.

“Ah, tapi saya sih udah capek menyuruh mahasiswa pakai sepatu.”

“Kenapa Pak? Hehe.”

Sebab kacamata yang tertengger di hidungnya itu tak berguna buat melihat jauh, ia pun menunduk dan kembali menatap saya. “Dari dulu mahasiswa selalu cari-cari celah.”

Puluhan tahun silam, katanya, ketika peraturan “harus memakai sepatu” disosialisasikan, mahasiswa bereaksi. “Sepatu itu apa? Definisi harus jelas,” katanya menirukan.
Sepatu adalah alas kaki yang menutup jari-jari kaki sehingga tak terlihat.
“Eh ada satu anak malah pake sendal jepit pake kaos kaki,” dia mengenang. Sekilas saya melihat dia seperti berusaha menahan senyum.

Akhirnya definisi pun diamandemen.
Sepatu adalah alas kaki yang menutup jari-jari kaki sehingga tak terlihat serta menahan tumit. Sehingga kalau menendang, alas kaki tak terbang.
“Eh tu anak malah dateng pake sendal jepit, pake kaos kaki, trus ada karet gelang di bagian tumit. Katanya biar nggak lepas.”

Sampai sini giliran saya yang tak kuasa menahan senyum. Ini cerita sungguhan, atau dia sedang guyon? Seisi kelas mulai gelisah menanti kelanjutan cerita.

Akibatnya, dia melanjutkan kisah, dosen-dosen memutar otak. Kali ini, peraturan yang diamandemen.
Mahasiswa dilarang memakai sandal jepit di kelas.
“Kita pikir dia mati langkah deh tuh,” kata Pak Dosen mengernyit. “Ternyata nggak. Itu anak dateng, copot sendal di pintu trus masuk kelas telanjang kaki.”

“Hahahaha. Terus Pak?”

“Pas kita tanya, jawabannya gini: ‘Yang dilarang itu kan memakai sendal jepit. Saya kan nggak pakai [sandal jepit], jadi saya nggak melanggar peraturan’”.

Maling selalu lebih pintar dari polisi? :P

27 Komentar:

Blogger suci humaira sophia »
02 December, 2009 15:11  

mungkin karena polisinya merangkap jadi maling juga?

Blogger irfan »
02 December, 2009 22:08  

Ini baru yang namanya Winston Churchol. Anyway, dengan begitu tesaurus harus diperkenalkan ke ITB :)

Blogger ikram »
02 December, 2009 23:22  

Polisi merangkap jadi maling? Pembagian shift kerjanya bagaimana? Ehehehe.

@dikirfan: Kok Churchol? Nggak kok. Ini murni cerita betapa mahasiswa pintar berlogika — atau memainkan logika dosen, lebih tepatnya haha.

Blogger astronomsableng »
04 December, 2009 07:07  

Ini Pak Sugeng (dosen Gelombang) ya Kram?

Dia dulu tiap pertemuan pertama pasti kasih gambar dan definisi alas kaki yang boleh dan gak boleh masuk kelas.

Blogger ikram »
04 December, 2009 09:47  

Hai Tri apakabar! Bukan, ini dosen dari Matematika :)

Blogger astronomsableng »
06 December, 2009 21:39  

Kabar gw baik2 saja, sekarang lagi S3 di Amsterdam, udah jalan 1.5 tahun.

Soal Pak Soegeng almarhum: beliau ni tiap tahun ajaran baru akan ngasih presentasi soal alas kaki: ada definisi plus gambar. Alas kaki yang boleh masuk menurut dia adalah yang 1) menutup jari2 kaki dan 2) mengikat tumit. Jadi sepatu-sendal boleh masuk asal pakai kaus kaki. Dulu katanya kabar burung sih ada yang berkaus kaki, pakai sendal jepit dan tumitnya diikat pakai tali rapia :)) Dibolehin masuk tu sama doski.

Menurut gw sendiri sih ada lebih banyak hal penting yang bisa dipikirin daripada aturan alas kaki, hehehehe...

OpenID raie »
08 December, 2009 10:45  

udah telat, pake sendal jepit, disuruh maju ga bisa, apa kata dunia. *kabooooor.

Blogger sherlanova »
09 December, 2009 06:36  

Bwahahaha!

Dosen matematika yang mana
neh,Kram? Jadi mau tau...

Blogger ikram »
09 December, 2009 09:58  

Ada deh :)

Anonymous nothing »
09 December, 2009 20:55  

hahaha, cerita yang sanggup mengerakkan otot pipi dan bibir

Anonymous edratna »
10 December, 2009 09:57  

Di fakultas anakku sulung, sepatu hanya wajib jika mau ikut ujian...itupun hanya dosen tertentu.
Saat saya datang ke fakultasnya, ternyata anakku termasuk yang masih rapih, padahal saya sudah stres nihh anak kok nggak bisa rapih. Anak wakil dekannya sendiri, datang dengan sandal japit, rambut panjang dikepang kecil-kecil....hehehe

Blogger Floresiana Yasmin Supaat »
15 December, 2009 07:27  

kok dosen2nya kayak dikerjain ya? kenapa lagi mereka mau aja nanggepin mahasiswa kayak gitu.

Blogger Winy »
21 December, 2009 17:54  

halo,
salam kenal (lagi)
hehe, waktu mahasiswa saya juga suka cari celah, sekarang ngadepin murid2 yang pinter nyari celah, hukum alam... :D

Blogger Winy »
21 December, 2009 17:54  

halo,
salam kenal (lagi)
hehe, waktu mahasiswa saya juga suka cari celah, sekarang ngadepin murid2 yang pinter nyari celah, hukum alam... :D

Anonymous Anonymous »
27 December, 2009 09:22  

slm kenal kram,..
aturan kaos oblong n sandal udah gak jaman...

Blogger sandclow »
15 January, 2010 23:55  

padahal di tempat lain bebas pake apa saja ya...

Anonymous agn »
17 January, 2010 08:49  

Wah untung dulu gw masuk kelas pake sendal anyaman & sendal hotel. Hahaha.. jaman skrg kuliah di itb pake sendal berasa aneh sendiri... tampaknya memang butuh waktu untuk merubah kebiasaan dr sendal ke sepatu dan mungkin masa-masa kita kuliah S1 (ciee) adalah proses transisinya..

Blogger Rahadian P. Paramita »
07 February, 2010 09:08  

Heuheu...dosen yang baik. Saya pernah ketauan, dan vonisnya jelas, "Keluar!" Wakakaka...

Tapi dasar mahasiswa, bisa aja yang beginian di jadiin perkara. Kami bawa ke sekjur, lalu dengan lantang kami berkoar-koar soal demokrasi.

"Kalau bikin peraturan, ajak-ajak kami dong lembaga mahasiswa!"

Bwahahaha... Maling paling berbahaya memang yang duduk di bangku sekolahan... !

Salam!

Anonymous Brian Arfi »
18 February, 2010 02:58  

Wuakakakakak....

sumpah, baca ini malem malem (dini hari jam 3 lebih tepatnya) bikin perut terkocok abizz...

mantab bos!

gak bikin buku?

Anonymous Anonymous »
04 July, 2011 01:05  

Diantara kata ,'amandemen' atau amendemen, menurut Mas mana yach...yang baku menurut EYD..?

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:03  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:10  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:14  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:19  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 10:01  

fitflop sale
michael kors online outlet
lululemon pants
nike air huarache
ferragamo shoes
tiffany and co
karen millen uk
nike free uk
canada goose outlet
salomon shoes
tory burch outlet
cheap uggs
canada goose jackets
ralph lauren outlet
ugg clearance
ralph lauren outlet
thomas sabo outlet
michael kors factory online
michael kors outlet
prada sneakers

Blogger Minko Chen »
04 December, 2015 10:01  

rolex watches
nike roshe
air max 2014
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
ugg boots uk
instyler ionic styler
cheap soccer jerseys
ray ban outlet
longchamp outlet
ugg outlet
herve leger dresses
true religion jeans outlet
nike mercurial
lululemon pants
ugg boots
michael kors handbags
calvin klein outlet
vans shoes
pandora outlet
louis vuitton outlet online

Blogger 柯云 »
25 June, 2016 09:02  

2016-06-25keyun
cheap jordan shoes
louis vuitton bags
nike free 5.0
coach outlet online
cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses uk
louis vuitton outlet
ray ban outlet
true religion jeans
rolex watches
louis vuitton handbags
coach outlet online
michael kors outlet
true religion jeans
insanity workout
timberland boots
jordan retro 4
coach outlet online
celine outlet
louis vuitton outlet stores
louis vuitton purses
ghd hair straighteners
michael kors outlet
louis vuitton handbags
kate spade handbags
toms wedges
ray ban sunglasses
polo ralph lauren
coach factory outlet
hollister clothing
michael kors outlet online
coach outlet clearance
gucci belts
basketball shoes
cheap jordans
nike roshe shoes
asics shoes for women
true religion outlet
mont blanc pen

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by