Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

That's why they say when you give to the poor,

Tuesday, September 16, 2008

" ... DO NOT LET YOUR LEFT HAND KNOW WHAT YOUR RIGHT HAND IS DOING!!!"
23 Indonesians dead in crush for cash handout
By IRWAN FIRDAUS

JAKARTA, Indonesia (AP) — At least 23 Indonesians were crushed to death Monday while trying to collect $4.25 in cash handouts from a rich family at a charity event marking the Islamic holy month, officials said. Eight others were critically injured in the stampede.

Several thousand people started gathering outside the house in Pasuruan, a town about 500 miles (800 kilometers) east of the capital of Jakarta, in the morning to collect their tithe, said local police chief Harry Sitompul. Source

15 Komentar:

Blogger turabul-aqdam »
16 September, 2008 12:51  

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al-Baqarah 2:271)

ayo-ayo, dianalisis lebih jernih lagi.. persoalannya terletak di mana?

menampakkan sedekah? khilaf penyedekah pada pentingnya keteraturan (yang dipraktikkan dalam sholat)? ataukah corrupto-phobia seperti ditulis AP:

"Many donors choose to hand out gifts directly, worried that corrupt government officials will try to pocket some of the cash."

OpenID raie »
16 September, 2008 13:37  

emang bagi2 uangnya pake dolar ya?
niatnya udah baik sih. tapi gak ngerti ya, kenapa harus begitu caranya.

Anonymous Azhar »
17 September, 2008 06:04  

Sang Juragan pasti stres, kaget karena tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi hal demikian.
Kesalahan pihak pembagi zakat:
- tidak berkoordinasi dengan kepolisian setempat;
- membagi zakat secara langsung, tidak sesuai dengan tatacara berzakat yaitu lewat perantara amil zakat.

Kesalahan masyarakat:
- meninggalkan budaya antri, takut jatah habis. BLT yang sudah pasti dapat apabila punya kartu BLT saja tetap berebut.

Benar kata T. Aqdam, Bazis/Bazda sudah tidak dipercaya lagi padahal yang mengelola kan para kiai. Memang sudah zaman akhir....

Blogger ikram »
17 September, 2008 08:06  

Arif,

"Menampakkan sedekah" bukan berarti harus secara atraktif menyediakan sedekah bagi ribuan orang, kan.

Apalagi kegiatan seperti itu bisa-bisa berujung pada riya (pamer). Itulah mengapa "tangan kiri tidak usah tahu".

Ketidakpercayaan kita terhadap badan penyalur zakat yang dimiliki pemerintah?

Bukankah ada badan penyalur zakat milik swasta, seperti Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa?

Blogger ikram »
17 September, 2008 08:13  

Ray, uangnya Rp 30,000. Oleh AP dikonversi jadi dolar Amerika.

Azhar, hehehe.

Logika penyalur zakat yang mengatakan "tahun kemarin nggak kenapa-kenapa kok" sama saja dengan pengendara motor yang mengatakan "saya biasanya nggak pakai helm, tapi nggak pernah kecelakaan kok."

Itu beda bab .. beda bab ...

Blogger turabul-aqdam »
17 September, 2008 15:29  

kram, aku gak ngerti batasan "atraktif menyediakan sedekah" itu seperti apa.

yang jelas, riya itu urusan penyedekah dengan Allah. bukan otoritas kita untuk menilai.
dan, tak ada hubungan kausal antara faktor riya dengan tragedi itu.

BLT yang jauh lebih "atraktif" (dan lebih riya?) ketimbang sedekah pasuruan itu nyatanya relatif aman. rahasianya sederhana aja: keteraturan, bukannya pada riya-tidak riya.

jadi, sekali lagi, kalo ngomongin tragedi pasuruan, kayanya duduk persoalannya lebih pada TEKNIS pembagian, bukan pada 'tangan kiri melihat'.

nah, kalo ngomong di luar konteks tragedi pasuruan, islam emang mengajarkan amalan yang telah diajarkan isa almasih: tangan kanan memberi, janganlah tangan kiri mengetahui.

soal ketidakpercayaan pada bazis pemerintah, well u should ask the AP, don't point the gun at me.. :)

Blogger ikram »
17 September, 2008 23:52  

I never point the gun at anyone, Arif. It's up to AP to draw the conclusion.

Atraktif disini bisa dibaca sebagai menyediakan sedekah bagi ribuan orang, siapa saja yang datang, tanpa peduli psikologi masyarakat yang rela datang jauh-jauh asalkan ada barang/uang gratisan.

Saya juga tidak pernah bilang bahwa Pak Haji itu riya -- meski ingin sekali saya mengatakan demikian. Toh riya itu, seperti kata kamu, "urusan penyedekah dengan Tuhan".

Kesimpulannya, Rif, ajaran "tangan kiri tak perlu tahu", selain manjur menghindarkan riya, rupanya manjur pula guna menghindari terbunuhnya orang secara sia-sia.

Kapan sahur bareng nih? :)

Anonymous Daus »
21 September, 2008 01:42  

Mmm. Rada sependapat dengan Arif: soal keteraturan.

Tapi, poin Ikram soal tangan kanan-tangan kiri juga betul. Zaman Rasul dan sahabat, sedekah itu ya mendatangi, bukan minta didatangi. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga harkat dan martabat si miskin (menghindari parade kemalangan, meminjam Syafii Antonio).

Blogger turabul-aqdam »
21 September, 2008 18:27  

mas firdaus,.. tuh, diajakin ikram. kapan sahur bareng?? yuk..yuk..

secara, rencana kemarin ama zen gagal total, karena--seperti biasa--si kunyuk itu tiba-siba hilang terbawa angin.

ayolah, diatur.. tar keburu lebaran. :D

Blogger qbl »
14 October, 2008 21:52  

hihihi... just love this post and the comments that go on it. diskusi yang menarik.

saya sih sependapat dengan mas Ikram, lewat amil zakat saja. kalau ga percaya sama amil dari pemerintah, ya yang swasta ajah. banyak koq. it's a total waste.. 23 people die for bloody 30K!!

Blogger Warastuti »
11 November, 2008 14:03  

Hei..hei tahukah Anda.. jika kita menitipkan zakat ke BAZIS DKI, uang kita akan diendapkan terlebih dahulu selama 1 TAHUN sebelum sampai pada ashnaf yang membutuhkan?

No wonder stevie wonder, lembaga2 zakat swasta berkembang.

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:33  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:38  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:43  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:49  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by