Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Busway users have their say

Tuesday, November 20, 2007

Adisti Sukma Sawitri and Ikram Putra
The Jakarta Post/Jakarta

While motorists point their fingers at the busway as the major cause of traffic jams, passengers still find the administration-sponsored mode of transportation their long-awaited savior.

During a discussion on the busway service, a group of its regular passengers and supporters from mailing list suaratransjakarta@yahoogroups.com said the mounting public protests had undermined the buses' main role as the best mass transportation mode in the city.

David Tjahjana, a regular passenger of Pulo Gadung-Dukuh Atas corridor, said he still found the service the most reliable form of transportation from his house in Kelapa Gading, North Jakarta, to his office in Central Jakarta.

"The administration only focuses on network expansion without paying attention to the service. This has made everything worse," he said.

David, who leaves his car at home to use the busway, said people should allow room for improvement for the Transjakarta operator before jumping to the conclusion the busway system was not suitable for the city.

Another mailing list member, Lita, said although she is a regular passenger of Blok M-Kota corridor, she still had to use the regular bus to get to her office in Tomang, West Jakarta, since the designated busway lane that passed the area, Harmoni-Kalideres corridor, was always crowded.

"Please add more buses in the corridor and build more corridors so I could become a true busway passenger," she said.

Lita, who lives in Cinere, South Jakarta, said she takes a regular bus to Blok M terminal, as there are no busway feeder buses near her house.

Suaratransjakarta currently has 817 members.

The busway network expansion has stripped road lanes on major thoroughfares and caused more traffic jams. Meanwhile, busway operator Transjakarta seems to have neglected its service.

Passengers are required to wait almost half an hour in a crowded shelter just to get on an overcrowded bus.

In light of mounting protests, the administration has allowed regular motorists to use the busway's exclusive lanes in 55 locations during rush hours as of last week.

Poor monitoring and coordination between police officers and the Transportation Agency, however, has seen regular motorists use the lanes in other locations and outside of peak hours.

Transjakarta infrastructure manager, Taufik Adiwianto, said regular motorists using the exclusive busway lanes and congestion at several traffic intersections were the two main causes of long waiting times (headway) in the busway shelters.

"Regular motorists were using the exclusive lanes long before the policy came into effect ... this is what saw us struggle to maintain an ideal headway (of less than 5 minutes)," he said.

25 Komentar:

Anonymous boodee »
23 November, 2007 01:18  

yes..!!
gw yang pertama ngasih komentar..

anyway.. monorail kapan dibangun???

Anonymous edratna »
23 November, 2007 17:35  

Busway tetap perlu, memang saat pembangunan jalan "menjadi semrawut" (seperti saat koridor Ragunan dibangun...tapi kalau udah selesai tentu lebih nyaman. Masalahnya, bagaimana agar pengendara mobil pribadi beralih ke angkutan umum (parkir dimahalkan??)...

Atau bisa menggunakan taksi, tapi Pemda mesti menindak taksi yang tak beres, hanya taksi yang benar yang boleh beroperasi. Karena tak berani nyopir, saya dulu selalu naik taksi, pulang kantor jam 11 malam pun tak masalah, naik taksi merk apapun...Sekarang?? Mendingan naik busway, Kopaja, angkot, bajay daripada naik taksi selain BB, karena keamanan tak terjamin.

Dan tentu saja tak boleh ada sepeda motor yang nyerobot jalur busway.

Blogger Fatah »
23 November, 2007 21:26  

Mungkin seharusnya Pemda juga harus sering-sering melakukan penyadaran ke masyarakat utk beralih ke angkutan umum.. jadi ngga cuma ngebangun doank !! masyarakat juga harus disiapkan utk bisa membudayakan naik angkot..

Blogger azhar »
23 November, 2007 23:09  

Busway sudah menjadi kebutuhan yg mendesak bagi kota Jakarta. Sayangnya, Jakarta sudah terlalu padat untuk menerima aktivitas pembangunan jalur busway di tengah jalan yang memperparah kemacetan. Yap, pembangunan sarana umum semacam busway/monorel sudah agak terlambat mulainya sehingga menuai protes dari masyarakat. Kalo subway, sudah ga mungkin lagi dibuat deh.

Blogger azhar »
23 November, 2007 23:32  

This comment has been removed by the author.

Blogger azhar »
23 November, 2007 23:32  

This comment has been removed by the author.

Blogger hapsari »
24 November, 2007 09:34  

Untuk orang Bandung yang malas menyetir di Jakarta seperti gw ini, busway adalah penyelamat hidup ^^

Blogger ANDRE »
24 November, 2007 11:39  

kalo ada busway/feeder busway yang berangkat dari depan rumah gue, baru deh gue setuju kalo busaway itu solusi mengatasi kemacetan

Anonymous Anonymous »
25 November, 2007 16:24  

kram tempo buka lowongan tuh.

Blogger ikram »
27 November, 2007 03:02  

Saya kira kita semua sepakat bahwa busway bisa mengatasi kemacetan, seperti yang terjadi di Bogota sana.

Tapi tentu busway sebagai sistem, bukan seperti yang sekarang :)

Blogger CempLuk »
27 November, 2007 07:19  

wadow..my english is not good enough..so i can't understand well..kurasa si busway ini ada 2 sisi : positif dan negatif..jadi diambil baik nya, ya tengah2 aja..hehehehe

salam perjuangan,


cempluk

Blogger Ratie »
27 November, 2007 16:32  

Di Bogota pun, kalo ga salah *CMIIW* butuh waktu 10-15 tahun setelah busway beroperasi untuk membuat lalu lintas menjadi nyaman. So, skrg sih gw sangat mendukung busway walaupun banyak juga yang mengecam. Kita lihat saja beberapa tahun lagi. Kalau maintainance-nya bener pasti busway bakal sangat membantu Jakarta yang semrawut ini. -pendatang baru yg mengadu nasib di jkt,hehe..-

Blogger Audrey Cornu »
28 November, 2007 22:26  

Pengalaman saya sendiri...
Hampir satu jam menunggu bus, tapi semua yang datang kelewat penuh...
:(

Tampaknya perlu ditelaah lagi, seefektif apa sistem 'busway' ini?
Bagaimana kalau sistem yang ada saja diperbarui, misalnya penertiban jumlah dan kualitas bis kota dan pengendalian jumlah mobil yang boleh digunakan...

Anonymous dimz »
29 November, 2007 14:13  

dasar orang indonesia gak kenal proses.. mau langsung enak aja..

gw pribadi berpendapat kalo sistem busway ataupun sistem mass transport lain yang bakalan di pake bisa ngebantu banyak buat ngatasin permasalahan kemacetan di kota besar, terutama jakarta.

tapiiiii... butuh proses... nggak skali jadi kayak doraemon..

emang sih, buat yang dah biasa nyaman pake mobil gak macet. jadi macet gara2 ada pembangunan jalur busway. tapi coba pikir gimana rasanya jadi orang kayak gw yang gak punya kendaraan pribadi. enak banget naik busway, gak macet, pake ac, gak pake ngetem, rasio jarak ama tarif yang sangat menguntungkan. (bayangin aja.. gw dari cililitan ampe stasiun kota cuma bayar 3500).. hihihi..

ah.. jadi gw malah posting disini.. bukan di blog gw.. wkwkwk..

Blogger isnuansa »
29 November, 2007 16:01  

kalo yang ditanya yang pada naik mobil mulus, ya banyak yang nggak setuju busway.

tapi kalo yang ditanya orang-orang yang pada keringetan basah kuyup naik kopaja, akan lebih seneng kalo di daerahnya segera dibangun busway.

termasuk saya, nunggu2 kapan busway lewat pasar kebayoran lama :)

Anonymous Anonymous »
29 November, 2007 18:29  

http://bp3.blogger.com/_SvpP7ZRK8Ns/R06d0F7vl4I/AAAAAAAAACQ/2hPdyKjEbyo/s1600-h/DSCN2392.JPG

kram batari selingkuh :D

Anonymous Javaneska »
01 December, 2007 03:01  

Sarana diimprove terus dan sistem diperbaiki. Kalo sarana lebih jelas karena akan langsung dilihat oleh masyarakat. Kl sistem yg lebih 'complicated' berhubung hal tersebut akan menyangkut sistem pemda DKI Jakarta yang notabene jg masih semrawut. Butuh proses, itu benar, tp ada yg lebih penting menurut gw yaitu 'dukungan dan peran aktif masyarakat itu sendiri'. Dukungan dlm melihat hal ini sebagai sebuah proses kearah yg lebih baik dan peran aktif dalam memperbaiki sistem itu sendiri. Thanks

Blogger anggunpribadi »
05 December, 2007 12:37  

i denno, menurut gw ada cara yang lebih efektif. seperti pengaturan sistem transportasi di Jakarta. Bus yang ada dipernyaman dan diharuskan berhenti di halte yang ada. Itukan konsep busway?
Mending duitnya buat bangun Monorail.. lebih berguna..

Blogger za »
05 December, 2007 18:57  

Kram, you didn't use capital letter on the title? So this is your first writing, hah? ;-)

Blogger ikram »
07 December, 2007 04:21  

No it's not, Zak :)

Blogger Chudexs »
05 January, 2011 11:39  

life need process

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:32  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:37  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:42  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:47  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by