Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Guru Bahasa Inggris Saya yang Pertama

Thursday, January 03, 2008

Sore ini saya teringat perjumpaan awal saya dengan guru bahasa Inggris saya yang pertama, bertahun-tahun lalu. Waktu itu saya sedang bermain dengan teman tetangga yang sebaya, di jalanan depan rumah, ketika dia lewat bersama anjingnya yang berwarna coklat. Dia sedang jogging sore-sore.

Kami pun berhenti bermain supaya dia bisa lewat. Bukan karena dia seorang bule dan kami takjub melihatnya, bukan, tapi lebih karena kami takut digigit si anjing. Ketika dia lewat, kami hanya saling menyikut dan bergumam pelan, “Woi, bule woi,” dengan noraknya.

Eh tiba-tiba dia, dengan kalem, menyapa “Apa kabar?” kepada anak-anak ingusan ini. Kami kaget sekali.

Kami kaget sebab tak menyangka ada mister bisa bahasa Indonesia. Saya takjub. Dan kalau saya takjub, saya lepas kendali.

Saya tak bisa menahan diri saya untuk tidak balas menyapa: “So you can speak Indonesia language, huh?” Ckckck. Belagu banget kalau dipikir-pikir.

Si bule yang besar dan botak ini pun berhenti jogging. Lalu mendekati saya, menjulurkan tangannya, dan berkata dengan ramah: “Sedikit-sedikit. Nama saya Jim. Kamu?”

Ikram. This is Hendra. Where did you come from?

My mother,” katanya tersenyum. Melihat air muka saya yang bingung, dia pun menyambung, “I was just kidding.”

Dan sejak sore itulah, dia dengan rutin melewati jalanan depan rumah kami, yang telah dijadikannya rute pulang jogging tiap sore.

Jim, asal Amerika Serikat, tinggal sekitar 300 meter dari rumah kami, di sebuah kompleks bernama “Flowered Clove Hill” alias Bukit Cengkeh Berbunga. Dia punya rute jogging yang memutar. Dari rumahnya dia berangkat lewat mana entah, dan ketika pulang dia lewat depan rumah kami.

Tiap kali dia lewat kami pun berhenti bermain lalu ngobrol-ngobrol sebentar. Pernah juga kami tidak bermain tapi memang sengaja nongkrong di luar menunggu Jim lewat. Hampir setiap sore. Tentu bersama anjingnya yang meski terlihat jinak, tetap saja kami jauhi.

Biasanya kami hanya bercakap-cakap pendek. Itupun dia yang mulai duluan.

I think it’s very hot today. Do you think it’s gonna rain tonight?” katanya suatu hari. Dasar bule, basa-basinya soal cuaca mana saya mengerti. Dengan modal seadanya saya jawab blah-blah-blah.

Dia juga pernah bertanya tentang musim hujan dan musim kemarau. Saya sudah lupa bagaimana saya menerangkannya. Dengan bahasa Tarzan mungkin.

Benar-benar belagu kalau dipikir-pikir. Bayangkan, waktu itu saya cuma tahu bahasa Inggris lewat film. Atau lewat kebatinan alias membatin dalam hati alias sok tahu. Saya tak pernah tahu apa itu spelling apa itu pronounciation.

Bertahun-tahun saya pikir “body” itu artinya teman. Soalnya dalam serial Knight Rider, ketika Michael menyapa Kitt dengan ucapan “tengkyu, badi!” selalu saja teks terjemahannya “terimakasih, teman!” – jadi manalah saya tahu kalau “body” itu “badan” sementara “teman” itu “buddy”.

Saya juga pernah menawarkan makanan kepada teman sekelas yang pindahan dari Mississippi, dengan mengatakan: “I bring a bakery in my bag do you want?”

Teman saya itu melotot dan membalas, “What?? A bakery? You mean bread?”

Lalu dalam hati saya bergumam, bodoh benar teman saya ini. Buat apa saya bawa nafas dalam tas. Roti, bego. Mau apa nggak?

Tapi Jim berbeda. Selalu dengan kalem dan tersenyum, dia berusaha memahami setiap kata yang terbata-bata keluar dari mulut saya. Dia juga berbicara dengan tempo pelan tapi juga cukup cepat untuk tidak membuat kami merasa bodoh. Saya rasa dia senang dengan kami – anak-anak SD yang tidak hanya girang melihat bule tapi juga mau bergaul.

Tidak seperti tetangga-tetangga kami yang lain, yang begitu melihat ada bule lewat, malah langsung keluar membawa kamera meminta foto bareng. Najis.

Jim tidak segan-segan memuji. Dari dia saya belajar bahwa ayah saya benar: tak ada jalan lain, bahasa asing memang mesti dipelajari dengan mempraktekkannya langsung. Jangan takut salah, salah itu biasa. Justru dengan berbuat salah kita belajar.

Saya tak ingat berapa lama persisnya Jim pulang jogging lewat depan rumah kami. Yang saya ingat, pada suatu sore Jim tidak lewat lagi. Besoknya pun dia tak lewat. Dan lusa tak lewat lagi. Dia tiba-tiba seakan menghilang begitu saja.

Dasar anak kecil, waktu itu kami cuma berpikir mungkin dia sudah pulang ke negaranya. Ya sudah.

Sekarang ini, bertahun-tahun kemudian, bila melihat biaya beberapa kelas percakapan bahasa Inggris yang begitu mahalnya, saya merasa sangat beruntung bisa merasakan punya guru les gratis.

Guru bahasa Inggris saya yang pertama, si Jim dari Amerika.

43 Komentar:

Anonymous Anonymous »
03 January, 2008 20:45  

guru bahasa inggris pertama gue : The A Team :D

btw,.. soal latihan cakap2 bulek,..
sepupu gue yang cuman lulusan SMU udah lebih jago dari gue skarang,..
soalnya dia jadi supir NGO dari 2005..
malah bisa cakap itali dikit2..
speechless.. -_-

Blogger Batari Saraswati »
03 January, 2008 21:02  

eh kehapus.
ganteng gak kram, bulenya? :):)
ah, tapi ikram sekarang bahasa inggrisnya sudah samaa seperti bule.

Blogger ikram »
03 January, 2008 22:59  

Jal, kok "cuman lulusan SMU" sih...

Ganteng? Seingat aku nggak Bat. Gimana ya, waktu itu belum suka memperhatikan laki-laki sih :P

Sama seperti bule? Bule umur 5 tahun, iya hehee.

Anonymous Anonymous »
04 January, 2008 20:54  

bule botak...hmmm hmmm...senangnya belajar bahasa inggris seperti itu. gw tau bahasa inggris dari guru SD kelas 1 *di palembang gw dah belajar bahasa inggris dari kelas 1* dan ibunya baiiikk banget. tapi dulu sering gw ejekin jadian sama guru agama huakakakakkaa

Blogger ikram »
04 January, 2008 21:04  

Waw, enak banget udah belajar bahasa Inggris dari kelas 1 SD.

Beda memang anak-anak jaman skrg..

Blogger hsekaradi »
04 January, 2008 22:54  

Bukannya belajar bahasa inggris itu dari TK ya Kram? Soalnya waktu TK salah satu lagu wajib gw itu "Twinkle-twinkle little star" dan udah ngapalin vocab yang gampang2, kayak nama buah2an dll.

Blogger ikram »
05 January, 2008 00:10  

Kebetulan gua nggak ikutan TK Sar. Oya mungkin lebih tepat dibilang "guru percakapan bahasa Inggris" kali ya, bukan guru bhs Inggris doang?

Blogger agyu »
05 January, 2008 01:23  

Tahun berapa tuh Kram?
Gue juga dari TK. Tapi sampe sekarang masih gini2 aja. Hahah..

Anonymous Anonymous »
05 January, 2008 09:27  

Sekarang gantian lo yg jadi Jim buat orang lain Kram (baca: orang lain = gue, kekeke nodong). Jadi ngga enak buddy :D

Blogger tara gebleg »
05 January, 2008 09:32  

"Lalu dalam hati saya bergumam, bodoh benar teman saya ini. Buat apa saya bawa nafas dalam tas. Roti, bego. Mau apa nggak?" -> Hahaha,, breath ama bread..hohoho,,this kinda made me laugh..

Eh,eh..sodara aku juga ada yang begitu..dan berkat kenekatan dia bicara bahasa inggris sama tamu hotel tak dikenal di tempat kerja mamahnya, sekarang dia kerja di perusahaan luar negri dan buat laporan serta presentasi menggunakan bahasa inggris..hoho..hebat, hebat..

"Tidak seperti tetangga-tetangga kami yang lain, yang begitu melihat ada bule lewat, malah langsung keluar membawa kamera meminta foto bareng. Najis." ->Ini beneran ada???!!Haha,,kalo iya, berarti kalo ke tempat tinggal aku, pasti dia gak ngelepasin kamera dari pegangannya dan foto bareng terus...hahaha..

Anonymous Anonymous »
05 January, 2008 12:33  

guru percakapan bahasa Inggris gw yang pertama: nyokap gw. secara dia pernah jadi guru bahasa Inggris beneran di sekolah beneran. hahahaha.. eh, ini beneran lho.

Anonymous Anonymous »
05 January, 2008 14:05  

how r u today?
i fine...
thank you
i love you
alright
oh yes
oh no...

mending mas ada gurunya. saya masih blepotan tinta cumi kalo ngomong bahasa inggris...hehehe...

asik juga yah, nemu guru gratisan kek gitu. jarang lho yang bisa memanfaatkan seperti itu. Kamu emang tahu yang kamu butuhkan.

salam kenal
--noel--
http://profilku-blog.blogspot.com

Anonymous Anonymous »
05 January, 2008 14:10  

sekolah dikau elit dunk kram??
seingat daku, belajar bahasa inggris pertama gurunya masih ga bisa bedain huruf p dan f...hehehe

Blogger ANDRE »
05 January, 2008 19:10  

gue pikir lo bakalan ngebahas joe, aryo, mita atau ika

ahahaha

Anonymous Anonymous »
06 January, 2008 10:48  

nice story body...

Anonymous Anonymous »
06 January, 2008 15:12  

soale gw sekolah di sekolah kristen gitu dan nggak ada pelajaran bahasa daerah, makanya belajar bahasa inggris. IPA dan IPS juga belajar dari kelas 1, sedangkan di bandung baru dapet kelas 3. makanya pas kelas 4 gw pindah kesini *ke bandung* gw udah tau soal 3 bentuk materi, hehehe :D

Blogger boodee »
07 January, 2008 10:19  

hue..

keren banget tuh..

anyway si jim punya anak perempuan gak??

Anonymous Anonymous »
07 January, 2008 19:22  

Wahh, Jim kalau baca tulisanmu pasti senang sekali.

Bukit Cengkeh Berbunga? Hari Minggu kemarin saya jalan-jalan ke daerah dekat situ.

Blogger ikram »
08 January, 2008 03:47  

Yah, meski kemungkinannya kecil, saya ikut senang kalau Jim baca tulisan ini.

Wah, jalan-jalan ke BCB? Lagi-lagi kita hampir bertemu, Mbak Enny :)

Anak perempuan? Wah, lupa nanya tuh Bud... Kalo anjing sih ada. Mau? *dengan nada iklan 3.

Oh, dulu Muthe sekolah di sekolah swasta toh. Pantes..

Dinda: Thanks. Btw where have you bean? *LOL

Aryo, Joe, Mita, Ika, mereka memang guru bahasa Inggris. Tapi bukan yang pertama (dan bukan yang gratis hihi).

Nggak tau nih gua lagi melankolis.

Hah, Ray, kok sekolah sih?

Salam kenal juga Noel, makasih udah mampir...

Wah asik banget lo Bodh. Bisa belajar sejak dini hehehe. Nyokap gua mengajar bahasa Jepang, tapi gua nggak bisa sama sekali tuh :D

Tara: belajar bahasa memang harus nekat... Nekat salah terutama.

Eh ada Diki Niwatori. Makasih udah mampir ya Dik!

Haha, dasar Diki suka merendah. Jelas-jelas bahasa Inggris dia lebih bagus gitu..

Tahun berapa ya Ga? Udah lama banget deh..

Blogger Kamojima »
08 January, 2008 21:47  

waw kram, klo di inggris anak kecil udah jago banget bahasa inggrisnya hihhi.

oiya, senang ya klo ada yg komen di blog kita sampe banyak2. it feels so good (pamer jumlah komen di blog sendiri, padahal kebanyakan isinya memaki)

Blogger turabul-aqdam »
09 January, 2008 14:53  

kram, posting kemarin gw cabut lg, gw embargo!

REASON: tu tulisan masih berstatus secret, karena sedianya masuk di rubrik "arah 2008" which is published tanggal 14 Januari.

so, kamu mendapat penghargaan besar karena dah baca duluan, ketika 200 juta orang blon liat.
jgn bilang siape-siape y? :p

Blogger Evan »
09 January, 2008 23:21  

kalo saya mahirnya Inggris Timur (madura),mas..
hehehe.
salam kenal ya..

Blogger Fatah »
10 January, 2008 15:02  

Oh.. pantesan Ikram jago bahasa inggris !! gurunya aja langsung dari Amerika :)

btw, kalo orang bule bisa bahasa indonesia itu dah biasa, kalo di Aceh ada bule yang bisa Bahasa Aceh loh !!

Anonymous Anonymous »
11 January, 2008 23:44  

Hmm, nama guru bhs inggrisnya ikram: Jim.

Klo nama guru bhs inggris gw: Bob










Sponbob Squarepants.

Anonymous Anonymous »
14 January, 2008 20:00  

pengalaman dengan guru pertama emang selalu membekas

Blogger turabul-aqdam »
15 January, 2008 13:56  

woi.. ngapain ikut-ikutan aku lagi, mengembargo tulisan.. ngga kreatif. ayo dong, di-publish lagi.. :D

kalo tahu gitu, aku dulu mending ga balik jepara ya? nemeni kamu.. hehe..

Blogger Ratie »
15 January, 2008 17:34  

Aduuuh.. romantis beneuuuur mengenang si bule ini,kram... xP Hehehe.. Klo guru bahasa inggris pertama saya sudah pasti SESAME STREET!! Thx to big bird, ernie & bert, elmo, grover, and so on... Saya ampe bikin kamus sendiri lho waktu itu! Hehehe...

Anonymous Anonymous »
16 January, 2008 17:04  

"Saya takjub. Dan kalau saya takjub, saya lepas kendali."

Doh, dari SD ternyata noraknya. Hahaha.

Blogger ANDRE »
17 January, 2008 14:43  

kraaam
mana nih postingan barunya???

Anonymous Anonymous »
17 January, 2008 23:59  

aduh..aduh..guru bahasa inggrisnya..
hehe..
oya,,,salam kenal..

Blogger None »
19 January, 2008 20:23  

muahahahahahahhaaaa.....
*ngakak sambil guling2...!

lucu bgt ceritanya kram!

Blogger bunda »
21 January, 2008 19:05  

Jal, kok "cuman lulusan SMU" sih...

akh kram..kog ngerasa gitu sih..lu tu lulusan SMU ++ kog..setara D4 kog...
hehe..iya bagus nih postingan mu...
melow gitu...

trus tumben smua komen dibalesin..udah ga sibuk ya?

Blogger -ndutyke »
25 January, 2008 13:01  

dulu wktu kecil, akibat kebanyakan nonton kartun Chip and Dale, saya kalo melafalkan "Thank you very much", menjadi "Thank you badiman..."

Blogger Isman H. Suryaman »
30 January, 2008 15:32  

Aku bingung guru bahasa Inggris pertamaku apa, ya? TVRI atau Mad Magazine? Kartun yang terpaksa aku pahami dari teks karena belum ada sulih suara? Atau media yang pertama kali menarikku ke bidang humor? (Konon cara paling menyenangkan belajar suatu bahasa adalah mempelajari humor di budaya bersangkutan.)

Anonymous Anonymous »
06 February, 2008 20:18  

Wah kram, ceritanya romantis banget,,
kok romantis yah,, tp emang iya sih,,
Tapi beruntung yah kram udah bisa belajar bahasa inggris dari SD kelas 1.
Gw ajah baru belajar bahasa inggris yg benar itu sekarang, karena terpaksa,, hehehe,, telat yah..

Apa kabar kram?

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:33  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:37  

hermes, sac longchamp, new balance pas cher, kate spade handbags, north face, ray ban uk, nike blazer, burberry, nike roshe run, nike free, nike free run uk, oakley pas cher, true religion jeans, coach outlet, sac guess, air jordan pas cher, nike air max, true religion jeans, ralph lauren uk, air max, hollister pas cher, vans pas cher, ray ban pas cher, timberland, abercrombie and fitch, michael kors, tn pas cher, nike air max, converse pas cher, louboutin pas cher, michael kors, lacoste pas cher, mulberry, michael kors, air force, coach outlet, hollister, nike roshe, coach factory outlet, true religion jeans, nike air max, coach purses, lululemon, hogan, michael kors, north face, vanessa bruno, ralph lauren pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:43  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 09:48  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger 艾丰 »
19 December, 2015 09:30  

jianbin1219
cheap jordans
marc jacobs outlet
tods shoes,tods shoes sale,tods sale,tods outlet online,tods outlet store,tods factory outlet
kobe 9 elite
hollister shirts
hollister
instyler ionic styler,instyler,instyler ionic styler pro
babyliss outlet
converse sneakers
valentino shoes
salomon speedcross 3
ed hardy outlet
nike air foamposite one,foamposite,foamposites,foamposite release 2015,foamposite sneakers,foamposites for sale,foamposite gold
air jordan 4 free shipping
tommy hilfiger outlet
bottega veneta outlet online

Blogger raybanoutlet001 »
25 March, 2017 15:28  

nike free
michael kors outlet
polo ralph lauren outlet
san antonio spurs
replica watches
cheap nhl jerseys
ed hardy outlet
instyler max
cheap nba jerseys
chicago bears jerseys

Blogger jeje »
19 September, 2017 12:51  

nmd
michael kors handbags
jordan 4
adidas superstar
longchamp handbags
adidas nmd
adidas stan smith shoes
stephen curry shoes
nhl jerseys
adidas tubular

Blogger Unknown »
06 April, 2018 14:20  

chloe handbags
ralph lauren
hogan
air max
oakley sunglasses
mulberry
michael kors handbags
tory burch
polo ralph lauren
adidas outlet store
2018.4.6chenlixiang

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by