Commitment is about doing whatever it takes.—Anonymous

Tukang kunci super

Friday, October 22, 2010

Pada suatu pagi saya ada urusan dengan seorang teman di gedung Bursa Efek Indonesia di kawasan bisnis Sudirman Jakarta. Kebetulan saya sedang membawa mobil ayah saya dan – karena tak punya stiker – terpaksa parkir di tempat lain dekat-dekat situ.

Entah karena buru-buru atau sedang hilang fokus, saya tak sengaja meninggalkan kunci mobil di dalam. Begitu tersadar saya langsung panik dan menghubungi penjaga parkir untuk meminta dia memberi perhatian ekstra terhadap mobil itu.

Bukan apa-apa, keselamatan mobil sangat menentukan keselamatan diri saya di rumah nanti. Setelah dia setuju, saya pun beranjak ke BEI.

Sore harinya, saya lihat mobil masih ada dan tak kurang suatu apapun.

Sekarang tinggal cari cara masuk ke dalam mobil. “Pak, boleh pinjam penggaris besi?” kata saya kepada penjaga parkir. Ini cara paling mudah dan klasik yang dilakukan orang ketika kunci mereka ketinggalan di dalam mobil. Yang kita lakukan adalah memasukkan penggaris besi ke sela-sela jendela pintu pengemudi, lalu menekan-nekannya ke bawah sampai tuas kunci secara ajaib terangkat sendiri.

Saya lumayan percaya diri. Bertahun-tahun lalu saya pernah berhasil melakukannya kepada mobil eyang kakung saya. Dia waktu itu senang betul sampai-sampai saya dikasih duit lalu dibolehkan membawa mobilnya jalan-jalan.

Tapi sepertinya dulu saya sekadar beruntung. Sebab saat ini sudah 20 menit lebih saya sogrok-sogrok pinggiran pintu mobil ayah saya, tuas kunci tetap saja anteng.

“Dipanggilkan tukang kunci saja ya dek,” kata penjaga parkir. Saya mengangguk lemah. Dengan ojek dia pergi menjemput tukang parkir dari daerah Santa.

Beberapa lama kemudian (dua batang rokok lah) mereka pun kembali.

Si tukang kunci bertanya kepada saya, “Ini mobil apa?” lalu saya jawab “Proton”.

“Biayanya agak mahal ini.”

“Berapa duit?”

“75 ribu.”

Alangkah mahalnya. Saya cuma punya duit Rp 20-an ribu di tangan. Saya berusaha menawar, tapi tentu saja tak berhasil. Posisi saya seperti Indonesia yang berhadapan dengan Amerika Serikat. Orang awam juga bisa lihat posisi siapa yang lebih kuat.

Buru-buru saya telefon teman saya yang kantornya di BEI tadi. Mau pinjam duit. Sementara itu, saya memberi aba-aba kepada tukang kunci untuk menunaikan tugasnya.

“Halo Chit? Gua pinjem duit dong buat bayar tukang kunci mobil gua kuncinya ketinggalan di dalam!”

Melalui ekor mata, saya masih bisa melihat si tukang kunci bersiap-siap. Ia mengeluarkan seutas kawat besi dari kotak peralatannya, membengkokkan ujungnya menjadi semacam kait.

“Ini tukang kuncinya lagi kerja. Kira-kira lima menit lagi beres deh.”

Si tukang kunci memasukkan kawatnya ke sela-sela jendela, lalu mengangkatnya kembali. CREK. Seketika tuas kunci pun terangkat.

“Eeeh Chit ni tukang kuncinya udah kelar cepet banget. Ntar gua telefon lagi.”

Seolah tak mempercayai penglihatan sendiri, saya bertanya kepada tukang kunci apakah tugasnya benar-benar sudah selesai. Bukannya menjawab, dia malah membukakan pintu mobil seraya memandang ke arah saya. Kemudian dia menggulung kawat besi dan memasukkannya kembali ke kotak peralatan.

Gila. Nggak sampai 10 detik.

Saya membayangkan kalau saya punya keahlian seperti dia sejak dulu, mungkin eyang saya saking senangnya malah akan membolehkan mobilnya dibawa jalan-jalan selamanya oleh saya. Alias dihibahkan.

Akhirnya karena tak punya uang, saya minta dia masuk mobil lalu kami bersama-sama pergi menemui teman saya untuk meminta pinjaman. Kasihan juga si tukang kunci. Waktunya lebih banyak dihabiskan di jalan ketimbang bekerja.

PS. Tolong jangan bilang-bilang ayah saya kalau kunci mobilnya pernah ketinggalan di dalam. Kamu tahu kenapa...

13 Komentar:

Anonymous sawung »
22 October, 2010 22:41  

jadi chit itu siapa kram? :D

Anonymous Anonymous »
22 October, 2010 23:53  

Artikel ini menunjukkan dua hal keren:
1. Mobil ayahnya Ikram berjenis Proton
2. Ikram gaulnya sama temen-temen di BEI
:DDD

Blogger ikram »
23 October, 2010 18:47  

@Sawung: Panggilannya Chikita Meidy..

@Anonymous: Kerennya dari mana? :)

Blogger turabul-aqdam »
01 November, 2010 15:08  

mungkin, karena temen-temen kamu di BEI keren-keren, Kram. *very.. very.. positive thinking!* :p ;p

Anonymous Anonymous »
10 November, 2010 15:42  

waw, beneran chikita meidy? *amazed* *percaya*

Blogger ikramsagai »
12 December, 2010 00:46  

thank ya gan,,,!!! aqu sekarang dah punya template baru,,,:)

Anonymous Anonymous »
12 December, 2010 00:48  

gan,, nama kita sama ya,, heheheee

Anonymous Ahli Kunci Madina Keys »
01 July, 2014 14:31  

Waah rame di sinih salam superrrr.... mampir bos barang kali perlu

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:05  

gucci outlet, nike air max, tory burch outlet, oakley sunglasses, prada handbags, ugg boots, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, louis vuitton, kate spade outlet, prada outlet, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, louis vuitton outlet, oakley sunglasses, ray ban sunglasses, tiffany jewelry, replica watches, michael kors outlet, longchamp outlet, louboutin, burberry, burberry outlet online, michael kors, christian louboutin outlet, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, replica watches, oakley sunglasses, tiffany and co, nike free, michael kors outlet, ugg boots, louboutin shoes, ugg boots, uggs on sale, longchamp outlet, nike outlet, louis vuitton, polo ralph lauren outlet, longchamp, michael kors outlet, michael kors outlet, louboutin outlet, nike air max, ugg boots, michael kors outlet

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:15  

herve leger, soccer jerseys, hollister, new balance, p90x workout, soccer shoes, reebok shoes, ferragamo shoes, valentino shoes, chi flat iron, beats by dre, converse, asics running shoes, jimmy choo shoes, ray ban, instyler, north face outlet, north face outlet, mac cosmetics, ralph lauren, ghd, abercrombie and fitch, nike trainers, longchamp, iphone 6 cases, timberland boots, louboutin, gucci, nike air max, bottega veneta, oakley, birkin bag, wedding dresses, converse outlet, celine handbags, lululemon, mont blanc, babyliss, insanity workout, mcm handbags, nike roshe, nfl jerseys, nike huarache, hollister, nike air max, vans, hollister, giuseppe zanotti, baseball bats, vans shoes

Blogger oakleyses »
17 October, 2015 10:19  

louis vuitton, toms shoes, moncler outlet, canada goose outlet, ugg,uggs,uggs canada, hollister, coach outlet, canada goose, moncler, doudoune canada goose, juicy couture outlet, michael kors handbags, sac louis vuitton pas cher, pandora charms, canada goose, swarovski, louis vuitton, louis vuitton, doke gabbana outlet, wedding dresses, pandora jewelry, ugg boots uk, moncler, juicy couture outlet, swarovski crystal, moncler, lancel, moncler, supra shoes, michael kors outlet, replica watches, louis vuitton, pandora jewelry, ugg,ugg australia,ugg italia, moncler, canada goose uk, thomas sabo, pandora charms, michael kors outlet online, ugg pas cher, marc jacobs, canada goose, moncler, montre pas cher, barbour, canada goose outlet, links of london, barbour jackets, karen millen, canada goose, moncler, bottes ugg

Blogger Unknown »
04 December, 2015 09:56  

oakley sunglasses
coach outlet store
coach outlet online
black friday 2015
ralph lauren polo
coach factory outlet
cheap oakley sunglasses
lebron shoes
oakley sunglasses wholesale
kobe bryants shoes
cheap football shirts
michael kors outlet online
rolex watches outlet
air jordan 13
tory burch outlet online
north face outlet
swarovski crystal
rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex

Blogger Unknown »
21 July, 2017 08:59  

adidas outlet
nike polo shirts
chrome hearts online
nmd
hogan outlet online
michael kors factory outlet
kobe 11
reebok shoes
true religion outlet
curry shoes

Leave a reply Back to home

tentang saya

tulisan sebelumnya

arsip

IkramPutra©2010 | thanks for stopping by